Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Selain Waterpark, Ini Destinasi ke Bali yang Direkomendasikan Buat Keluarga

Rencana ke Bali bersama keluarga, termasuk anak-anak, selain atraksi air, berdiam di sejumlah resor berikut bisa lebih terasa spesial dan penuh intimasi.

Selain Waterpark, Ini Destinasi ke Bali yang Direkomendasikan Buat Keluarga

Menuju akhir tahun, Anda tentu sudah menyiapkan agenda berlibur bersama dengan keluarga, dan Bali biasa menjadi salah satu opsi utama di dalamnya. Jika Anda ingin mencari tempat menginap yang mampu memfasilitasi keseruan dan intimasi bersama keluarga, termasuk anak-anak, berikut beberapa pilihan resor atau hotel, dan juga tempat hiburan lain yang bisa Anda coba, dan direkomendasi oleh beberapa narasumber Bazaar.

BERDIAM DI RESOR

Bisa dikatakan masih dalam masa berdampingan dengan pandemi, beberapa dari Anda justru dengan mantap hanya ingin menghabiskan waktu di dalam resor atau tempat menginap yang menyediakan beragam fasilitas lengkap dan kid’s friendly. Apa saja?

Four Seasons Bali

Four Seasons Resort Bali
Courtesy of Four Seasons Resort Bali

Resor di Four Seasons Bali telah beradaptasi dengan era baru berpelesir yang digagas dari imbauan dalam menjaga protokol kesehatan, di antaranya lebih banyak di alam terbuka, “terasing”, dan keamanan. Konsep kedua resor tersebut memang secara alami sudah memungkinkan adanya physical distancing dan membaur bersama alam. Four Seasons Resort Bali di Teluk Jimbaran memiliki 156 vila dengan kolam renang yang persis menghadap laut, sementara Four Seasons Resort Bali di Sayan memiliki 42 vila dan 18 suite yang berada di lahan rimbun dekat hutan belantara dan tepi sungai. 

Setiap vila pun dirancang dengan desain udara terbuka khas Bali, kolam renang kecil, dan ruang tamu outdoor yang dilengkapi interior kontemporer. Buat keluarga, tersedia 9 Residence Villas di Teluk Jimbaran yang merupakan tempat peristirahatan luas dengan dua lantai, dilengkapi beberapa pilihan mulai dari dua hingga empat kamar tidur, kolam renang sepanjang 20 meter, dan akses langsung ke pantai sejauh 5 km. Salah satu kamarnya juga ada yang sengaja didesain buat anak-anak, sehingga mereka juga seolah dapat memiliki privasi.

Four Seasons Resort Bali
Courtesy of Four Seasons Resort Bali

Sedangkan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan juga bisa dinikmati bersama anak-anak Anda, misalnya Umah Rare Kids Club yang secara spesial diberikan tamu in-house agar anak-anak dapat langsung terhubung dengan alam sembari merayakan warisan seni dan budaya Bali lewat beragam kegiatan seperti menenun daun palem, bermain mangkuk kelapa, sampai menerbangkan layang-layang. Ada juga experience menikmati api unggun sambul menyantap barbeku, kelas memasak hidangan khas Bali di Jala Cooking Academy, sewa selancar dan pesiar ke pantai populer, gulat lumpur, main ke sawah, atau trekking ke gunung berapi, dan yang lainnya.

Kunjungi situs Four Seasons Resort Jimbaran Bay Bali atau Four Seasons Resort Sayan Ubud untuk info lebih lanjut.

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve
Courtesy of Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve

Tempat ini direkomendasikan oleh Astrid Bestari, Fashion Writer Harper’s Bazaar Indonesia. Posisinya yang berada di tengah Ubud, berdampingan dengan Sungai Ayung dan perkebunan yang indah diikuti tradisi serta budaya yang siap dieksplorasi, Mandapa, Ritz-Carlton Reserve mengundang para penjelajah cilik untuk berpetualang di Mandapa Camp. Fasilitas ini telah disesuaikan untuk dinikmati anak-anak dan seluruh keluarga. Anda akan mempelajari ketrampilan baru, mencari teman baru, dan berkegiatan yang mengutamakan kreativitas sambil mempelajari budaya Bali melalui seni, musik, dan beragam permainan.

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve
Courtesy of Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve

Fasilitas di Mandapa Camp meliputi taman organik, gubuk bambu yang megah dengan seluncuran dari lantai dua menuju lantau satu, ada pula mini zoo di mana anak-anak bisa mengamati hewan seperti sapi, ayam, bebek, dan lain-lain.

Resor premium yang juga mengutamakan ketenangan ini memilih dua tipe kamar di antaranya Villa dan Suite. Pada Villa tersedia opsi satu, dua, atau tiga kamar dengan besar kamar yang bisa dibilang luas. Tersedia area outdoor yang privat, kolam renang luas, dan pemandangan menghadap ke Sungai Ayung atau sawah. Sedangkan tipe Suite, luas kamarnya dimulai dari 100-145 meter persegi dengan patio private. Satu lagi, seluruh kamar di tempat ini bebas dari asap rokok.

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve
Courtesy of Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve

Kunjungi situs Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve untuk info lebih lanjut.

 

COMO Uma Canggu

Sesuai namanya, COMO Uma Canggu berada di area laid back Canggu yang menjadi salah satu destinasi populer di Bali. COMO Penthouse adalah salah satu faktor yang membuat penginapan ini ikonis. Sebabnya, tiap penthouse memiliki desain atap setengah lingkaran terbuka sehingga memungkinkan Anda untuk memandang luasnya cakrawala pesisir selatan Pulau Dewata. 

COMO Uma Canggu
Courtesy of Instagram @comoumacanggu

Balkon pribadinya sudah dilengkapi dengan kolam renang pribadi sepanjang 10 meter dan terkoneksi langsung dengan master bedroom berdesain elegan. Tempat tidur yang diletakkan mengarah ke langit rasanya memberikan pengalaman istirahat yang memanjakan. Total terdapat 12 COMO Penthouse, masing-masing terdiri dari area dua lantai dengan tiga kamar tidur serta living room dan dapur yang lapang. Sehingga di sini Anda bisa berlibur bersama keluarga termasuk juga anak-anak. 

COMO Uma Canggu
Courtesy of Instagram @comoumacanggu

Di sini ada area yang memang didedikasikan untuk si kecil. Ialah Play by COMO yang ditujukan untuk mengajak anak-anak berusia empat hingga 12 tahun untuk bermain secara kreatif dan terarah. Setiap buku, mainan, dan materi seni dikurasi untuk mendorong perkembangan sensoris dan imajinasi. 

Kunjungi situs COMO Uma Canggu untuk info lebih lanjut.

 

Hotel Indigo Bali Seminyak Beach

Hotel Indigo Bali Seminyak Beach
Courtesy of Hotel Indigo Bali Seminyak Beach

Buat Anda yang lebih senang dengan ingar bingar Seminyak, namun ingin tetap menikmati liburan bersama anak-anak dan keluarga, hotel ini bisa menjadi salah satu opsi. Hotel Indigo Bali Seminyak Beach menawarkan vila dengan satu kamar dengan luas 270 meter dan dua kamar tidur seluas 800 meter persegi yang dirancang penuh intimasi dan secluded.

Hotel Indigo Bali Seminyak Beach
Courtesy of Hotel Indigo Bali Seminyak Beach

Vila-vila itu diatur layaknya resor dengan konsep seperti desa tradisional Bali atau Banjar dan dinaungi di bawah pohon palem sehingga nuansa tropis begitu terasa. Tiap vila dilengkapi dengan kolam renang outdoor pribadi dan whirlpools, kamar mandi dengan lantai marmer serta vanity buat dua orang, lantai kayu, ruang tamu dan ruang makan terbuka, ruangan pantry, dan pintu masuk tamu terpisah yang dijaga oleh Patih selama 24 jam. Patih (atau biasa butler) bisa Anda pesan untuk melayani dan memastikan Anda selalu nyaman selama berada di vila.

Hotel ini menyediakan dua restoran berbeda yakni Makase dan SugarSand, yang menawarkan pengalaman berbeda. Anda juga bisa mengakses pantai langsung dari area belakang hotel untuk menikmati matahari terbenam.

Hotel Indigo Bali Seminyak Beach
Courtesy of Hotel Indigo Bali Seminyak Beach

Kunjungi situs Hotel Indigo Bali Seminyak Beach untuk info lebih lanjut.

LIBURAN DI TEMPAT SEJUK DAN TANPA PANTAI

Bagi Ardani Sesotyasari, seorang Co-Founder Kiloalta sekaligus instruktur yoga bersertifikasi yang kini menetap di Bali bersama keluarganya, ia seringkali terlihat menikmati vakansi dengan anak-anak di area yang lebih sejuk dan jauh dari pantai. Jika melihat deretan highlight Instagram Story yang tersimpan di homepage akun @ardanihardy, Anda akan menemukan beberapa rekomendasi tempat liburan atau tempat menginap seru yang bisa dicoba. Di antaranya:


Pulestis Glamping

Pulestis Glamping
Courtesy of Instagram @pulestisglamping

Letaknya di Kintamani, area ini menyuguhkan pemandangan indah yang berada di kawasan Gunung Batur. Konsep glamping di sini adalah bubble camp dengan bentuk tenda yang unik dan estetis. Anda dapat bersantai sembari menikmati langit cantik pada siang hari, bintang-bintang indah di malam hari, dan menanti matahari terbit secara memukau. 

Pulestis Glamping
Courtesy of Instagram @pulestisglamping

Kunjungi situs Pulestis Glamping untuk info lebih lanjut.

Black Lava Camp

Black Lava Camp
Courtesy of Instagram @blacklavacamp

Masih di daerah Kintamani, Black Lava Camp juga menawarkan glamping dengan fasilitas tak hanya sekadar menyediakan tenda mewah saja, namun ada juga kolam renang, lighting, dan sound system, sehingga bisa dibilang glamping ini bertajuk party camp. Selain itu tersedia pula barbeku, bicycle trail, executive lounge, hiking trail, jogging track, dan lain-lain.

Black Lava Camp
Courtesy of Instagram @blacklavacamp

Kunjungi situs Black Lava Camp untuk info lebih lanjut.

Munduk Clove Cabins

Munduk Clove Cabin
Courtesy of Instagram @mundukclove

Kali ini coba menginap di area Banjar, Buleleng, di utara Bali tepatnya di kawasan Munduk yang lokasinya juga bisa dibilang sejuk. Desa Munduk dikenal juga dengan pemandangan apik untuk Anda berjalan dan juga trekking. Area ini di kelilingi hutan hujan tropis, bentangan sawah dan perkebunan. Yang tak kalah seru, Desa Munduk juga dekat dengan tiga titik air terjun yang bisa dikunjungi seperti Air Terjun Laangan Melanting, Air Terjun Red Coral, dan Air Terjun Munduk. Sedangkan untuk tempat menginap, Munduk Clove Cabins menawarkan farmstay dengan fasililitas yang terbilang lengkap. Salah satu yang harus dicoba adalah bonfire di malam hari yang memberi kehangatan.

Munduk Clove Cabin
Courtesy of Instagram @mundukclove

Kunjungi Instagram Munduk Clove untuk info lebih lanjut.

Batukaru Coffee Estate & Retreat

Batukaru Coffee Estate & Retreat
Courtesy of Instagram @batukarucoffeeestate

Anda akan menemukan pengalaman berbeda menginap di tempat yang mengambil konsep ruang terbuka namun tetap nyaman, di lereng tenggara Gunung Batukaru. Setiap kamar didesain unik dan hanya mampu menampung hingga 23 tamu saja. Sedangkan dalam merancang tempatnya, tempat ini tetap menjaga medan alami dan menggunakan bahan-bahan natural serta daur ulang demi menjaga lingkungan sekitarnya.

Batukaru Coffee Estate & Retreat
Courtesy of Instagram @batukarucoffeeestate

Lokasinya berada di area Bedugul, dan dikelilingi oleh hutan lindung. Ada pula platform yoga tertutup, dan lounge yang nyaman dan menghadap ke lembah Jatiluwih dan laut selatan, fasilitasnya cocok untuk retret bersama keluarga, maupun pelancong individu.

Kunjungi situs Batukaru Coffee Estate & Retreat untuk info lebih lanjut.

MELIHAT HEWAN


Bagi Yudith Kindangen, yang merupakan Fashion Editor dari Harper’s Bazaar Indonesia, ia lebih senang mengajak anak-anak mengunjungi kebun binatang untuk berinteraksi dan bermain bersama hewan. Beberapa lokasi yang bisa dikunjungi antara lain:

Bali Zoo

Bali Zoo
Courtesy of Instagram @balizoo

Kebun binatang yang terletak di desa Singapadu, Gianyar, tersebut menyediakan atraksi yang membuat anak-anak dapat langsung berinteraksi lebih dekat dan intim bersama hewan-hewan di bawah pengawasan ahlinya. Secara garis besar, Bali Zoo tidak begitu luas, namun fasilitas yang ditawarkan tidak kalah menarik. Misalnya bisa bermain bersama gajah, memberi makan hewan-hewan, sarapan bersama Orang Utan, dan yang lainnya. Bagi Anda yang mempunyai anak-anak di bawah 5 tahun, seperti Yudith, menyukai tempat ini karena dirasa lebih aman dan nyaman.

Kunjungi situs Bali Zoo untuk info lebih lanjut.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park
Courtesy of Instagram @balisafari

Juga berlokasi di Gianyar, kebun binatang yang lebih luas ini memiliki sekitar 600 hewan dan 60 spesies endemik dan eksotis dari dalam negeri dan mancanegara. Seperti halnya Safari Jouney, Anda dapat melihat hewan dari zona satu ke zona lainnya menggunakan mobil tram. Tersedia juga layanan Night Safari yang menawarkan pengalaman lebih mendebarkan untuk menyaksikan langsung prilaku hewan di malam hari. Selain melihat hewan, tempat ini juga punya funzone dan waterpark sehingga anak-anak akan dipenuhi dengan kesenangan sepanjang hari.

Bali Safari and Marine Park
Courtesy of Instagram @balisafari

Kunjungi situs Bali Safari and Marine Park untuk info lebih lanjut.

 

Bali Bird Park

Bali Bird Park
Courtesy of Instagram @balibirdparkofficial

Lokasinya bisa dikatakan dekat dari Bali Zoo, tempat ini secara khusus menaungi beragam jenis burung yakni sekitar 1000 burung dari 250 jenis berbeda, ada yang dari Indonesia, juga dari Afrika dan Amerika Selatan. Di sana anak-anak dapat mempelajari dan mengenal lebih dekat burung-burung  yang ada di alam liar. Tak lupa, beragam jadwal show di Bali Bird Park seperti Papua Rainforest Feeding, Pelican Feeding sampai Bali Rainforest Free Flight Show.

Kunjungi situs Bali Bird Park untuk info lebih lanjut.

 

(Penulis: Erica Arifianda dan Erlissa Florensia; Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Bali Zoo, Bali Safari and Marine Park, Bali Bird Park, Four Seasons Bali, Mandapa a Ritz-Carlton Reserve, COMO Uma Canggu, Hotel Indigo Bali Seminyak Beach, Pulestis Glamping, Black Lava Camp, Munduk Clove, Batukaru Coffee Estate & Retreat)