Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Banyak Dicari, Ini Deretan Tanaman Hias yang Populer Selama Pandemi!

Mulai dari Janda Bolong, kaktus, hingga Aglaonema.

Banyak Dicari, Ini Deretan Tanaman Hias yang Populer Selama Pandemi!

Selama masa pandemi, banyak orang yang beramai-ramai menggemari tanaman hias - ini seperti hobi baru. Merawat dan memelihara tanaman hias - di teras atau di balkon rumah - dinilai bisa membantu menghilangkan stres dan mengisi waktu luang selama di rumah saja, serta bisa membuat hunian menjadi lebih asri. Dari beragam jenis tanaman hias, terdapat sederet tanaman hias yang populer selama masa pandemi. Apa saja? Intip di bawah ini!

1. Tanaman Monstera adansonii (Janda Bolong)

Nina Pintar on Pexels

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman hias yang satu ini. Tanaman Monstera adansonii, atau dikenal juga dengan sebutan Janda Bolong, adalah tanaman hias yang memiliki daun unik yakni permukaan daunnya yang berlubang secara alami. Jenis tanaman hias ini tergolong toleran terhadap kondisi ruang dengan pencahayaan yang cukup. Inilah mengapa tanaman Monstera menjadi salah satu pilihan tepat untuk tanaman hias indoor yang bisa membuat sudut ruangan di rumah Anda tampak lebih cantik. 

2. Tanaman keladi 

Rui Silvestre on Unsplash

Rui Silvestre on Unsplash

Jenis tanaman hias lainnya yang juga cukup populer selama masa pandemi yaitu tanaman keladi, yang memiliki tampilan memikat. Adapun ciri-ciri tanaman keladi antara lain, berdaun lebar dengan ukuran yang cukup besar dan berbentuk hati, serta memiliki corak warna beragam seperti hijau, putih, merah, dan pink

Ingin memiliki tanaman hias keladi yang memikat ini? Anda perlu memperhatikan cara merawat tanaman hias ini dengan benar. Pertama, pastikan tanaman keladi mendapatkan air yang cukup - jangan terlalu berlebihan hingga air tergenang pada pot - dengan menyiramnya sehari sekali pada musim kemarau dan dua hari sekali pada musim hujan. Mendapatkan terlalu banyak air bisa menyebabkan akar membusuk dan daun yang menguning.

Tanaman hias keladi terdiri dari dua jenis genus, yaitu genus Caladium dan genus Alocasia, yang mana kedua genus ini membutuhkan pencahayaan yang berbeda. Tanaman keladi genus Caladium membutuhkan cahaya yang cukup banyak, sehingga Anda dapat meletakkan tanaman ini di tempat yang terbuka agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan intensitas cahaya matahari yang didapatkan agar tidak terlalu berlebihan. Ini karena cahaya matahari yang terlalu banyak dan terlalu terik dapat membuat tanaman menjadi cepat layu dan mengering. Sebaliknya, tanaman hias keladi genus Alocasia justru tidak membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak. Anda dapat meletakkan tanaman keladi genus Alocasia di tempat yang sejuk dan teduh. 

Selain itu, Anda perlu memperhatikan media tanam yang digunakan tanaman hias ini. Untuk membantu tanaman keladi agar tumbuh dengan baik, gunakan daun bambu yang diiris halus, sekam, atau sekam bakar sebagai media tanam. Satu lagi, beri pupuk secara teratur untuk menjaga nutrisinya.

3. Aglaonema

Severin Candrian on Unsplash

Severin Candrian on Unsplash

Tanaman Aglaonema, atau dikenal dengan nama Sri Rejeki dan Chinese Evergreen, adalah tanaman hias berikutnya yang populer selama masa pandemi. Tanaman hias ini memiliki banyak jenis dengan warna dan corak yang beragam. Umumnya, tanaman Aglaonema memiliki daun dengan bentuk elips memanjang dan memiliki warna corak daun yang beragam, seperti hijau, putih, pink, dan merah. Tanaman Sri Rejeki dapat tumbuh dengan baik di bawah cahaya matahari tidak langsung dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pastikan Anda juga menyiramnya dengan air yang cukup dan beri pupuk secara rutin. 

4. Kaktus

Elle Hughes on Pexels

Elle Hughes on Pexels

Di masa pandemi, ​​kaktus menjadi salah satu tanaman yang cukup populer dan banyak diminati. Bukan tanpa alasan, ini karena tanaman ini tergolong tanaman yang mudah untuk dirawat, yakni dapat hidup dengan baik di lingkungan kering dan tahan di cuaca panas. Meskipun begitu, Anda tetap harus menyirami tanaman kaktus agar tidak mati, satu sampai dua minggu sekali. Letakkan kaktus di tempat yang tidak lembap - seperti di dekat jendela - karena bila merawatnya di tempat yang lembap dan tertutup dapat membuat kaktus tidak bisa berkembang dengan baik. 

Akar tanaman kaktus akan cepat mengalami pembusukan apabila terlalu lama terendam air. Itulah mengapa sebaiknya Anda menggunakan pot tanaman bahan dasar tembikar atau terakota yang memiliki lubang drainase pada bagian bawahnya, guna mencegah terbentuknya genangan air. Pada bagian dasar pot tanaman masukkan beberapa kerikil, kemudian di atasnya masukkan media tanam dengan komposisi tanah, pasir kasar, dan serbuk arang.

5. Tanaman Begonia 

Kulbir on Pexels

Kulbir on Pexels

Tanaman hias berikutnya yang tidak kalah populer selama masa pandemi adalah Begonia. Tanaman Begonia memiliki banyak varietas, dan salah satu yang banyak diincar pencinta tanaman hias adalah varietas Begonia rex dan Begonia maculata. 

Tanaman Begonia rex, atau dikenal juga dengan painted leaf begonia, memiliki daun yang lebar dengan salah satu sisinya meruncing dan tepian daun yang tidak rata. Begonia rex diberkati dengan beragam warna dan corak yang cantik. Ini membuat orang yang melihatnya terkesima. Tak kalah cantik, tanaman hias varietas Begonia maculata memiliki daun berbentuk elips memanjang, berlekuk dan memiliki corak polkadot putih. 

Baca juga: 

Rekomendasi Tanaman bagi Anda yang Mulai Bercocok Tanam

Tanaman Hias di Meja Kerja Dapat Tingkatkan Produktivitas

10 Rekomendasi Tempat Beli Pot Tanaman Unik Buatan Lokal

(Photo by belchonock / 123rf)