Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perhiasan Kontemporer dan Teknik Tradisional Apik Dipersembahkan John Hardy di Koleksi Teranyarnya

Diberi tajuk Reticulated, Radial, dan Rata, koleksi ini menjadikan unsur rantai John Hardy yang ikonis sebagai fondasi utama.

Perhiasan Kontemporer dan Teknik Tradisional Apik Dipersembahkan John Hardy di Koleksi Teranyarnya

Untuk musim gugur 2021, lini perhiasan John Hardy yang berbasis di Bali serta telah mendulang penggemar setia dari seluruh dunia melansir koleksi yang mengaplikasikan unsur rantai ikonis sebagai fondasi utama. Diberi tajuk Reticulated, Radial, dan Rata, koleksi ini mencerminkan kekuatan kerajinan yang cermat persembahan para pengrajin John Hardy yang keahliannya tak perlu diragukan lagi.

Reticulated

Untuk koleksi Reticulated, John Hardy memperkenalkan delapan perhiasan sekaligus menonjolkan teknik pembuatan logam tradisional sebagai proses untuk melahirkan produk perhiasan yang kontemporer. Aura percampuran elemen tradisional dengan modern langsung terasa pada koleksi perhiasan yang berkarakter kuat ini. Fokus utama koleksi Reticulated terletak pada material utamanya yaitu logam mulia emas dan silver yang dimanipulasi oleh pengerjaan tangan dan proses alkimia yang diturunkan dari generasi ke generasi. Hasil karya pengrajin yang ahli itu kemudian melahirkan tekstur mentah yang apik sekaligus artistik untuk dileburkan bersama beragam karakter gaya.

Reticulated

Reticulated

Produk paling menonjol dari koleksi Reticulated adalah motif Jawan dari Bali yang menggambarkan pita dekoratif dan bola-bola kecil metal yang meleleh. Motif ini adalah wujud keselarasan DNA John Hardy yang berpusat di kombinasi teknik proses alkimia organik serta warisan kerajinan tangan yang luar biasa. Koleksi ini dirancang untuk uniseks serta terdiri dari kalung, gelang, anting dan cincin. Beberapa perhiasan untuk wanita yang menarik atensi di antaranya adalah kalung Box Chain dan gelang model bangle motif Jawan. Untuk pria, pilihan perhiasan dari silver seperti kalung Curb Chain dan cincin berdiameter 10mm dengan garis persegi panjang menciptakan ilusi eksotis pada tampilan. 

Radial

Radial

Bukan John Hardy namanya jika tidak menghubungkan energi antara diri dan bumi serta filosofi kehidupan yang berhubungan dengan elemen kehidupan. Untuk koleksi Radial, motif Mandala yang menenangkan menjadi sumber inspirasi utama. Bentuk simetris dan lingkaran diciptakan untuk menyamakan energi yang dipancarkan Mandala. Setiap motif Mandala di koleksi ini dibuat menggunakan teknik wax carving yang rumit. Proses pembuatan koleksi ini melibatkan lilin hijau untuk perhiasan yang dipahat demi memiliki hasil akhir penuh detail presisi. Setiap pengrajin menghabiskan waktu selama 12 jam untuk menyempurnakan model ini, setelah proses pahatan yang rumit selesai maka perhiasan akan diberikan percikan silver. Koleksi Radial terdiri dari 9 perhiasan untuk uniseks yang tercipta dari hasil kolaborasi antar desainer dan pengrajin serta infusi bebatuan permata hitam yang mengelevasi.

Rata

Rata

Rata

Koleksi Rata adalah wujud literasi terhadap koleksi arsip John Hardy yang menggunakan rantai. Rata sendiri diambil dari kata halus dan pipih, serta wujud teknik tenun pada tekstil yang rumit dengan cara tradisional. Meski mengusung koleksi warisan dari arsip sang label, transformasi desain dilakukan dengan pendekatan ke arah gaya avant garde, serta penggunaan bahan logam yang berkualitas tinggi. Setiap perhiasan di koleksi ini mengambil garis yang bersih dan harmonisasi siluet yang apik menciptakan desain yang seamless dan terintegrasi.

Akibat teknik peleburan yang penuh atensi hingga ke detail terkecil, dipastikan setiap kalung dan gelang di koleksi ini akan melebur dengan sempurna di setiap tubuh sang pemakai. Menciptakan profil streamlined yang tiada dua. Eksotika dari hasil akhir yang raw, kontras, dengan bahan sterling silver yang digubah para pengrajin dengan apik kemudian diterjemahkan menjadi perhiasan dramatis untuk pria dan wanita yang walau mengusung konsep minimal tetapi akan menjadi suatu hal monumental pada tampilan setiap pemakainya.

Temukan koleksi Reticulated dan Radial yang sudah hadir di butik sejak tanggal 1 Agustus 2021, dan tunggu kehadiran koleksi Rata pada tanggal 1 September 2021. Seluruh koleksi memiliki harga dimulai dari IDR 8,000,000 hingga IDR 52,000,000. Kunjungi butik John Hardy Kapal Bamboo atau butik dan galeri John Hardy Seminyak untuk melihat koleksi ini secara langsung. Atau bisa juga melalui website www.johnhardy.com.

Lihat juga cara padu padan koleksi perhiasan Reticulated, Radial, dan Rata keluaran John Hardy berikut ini.

(FOTO: Courtesy of John Hardy)