Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pelatih Ini Ungkap Cara Scarlett Johansson Terlihat Fit di Film Action

Dari nutrisi hingga rutinitas olahraga harian.

Pelatih Ini Ungkap Cara Scarlett Johansson Terlihat Fit di Film Action
Courtesy of Bazaar UK

Latihan rutin Scarlett Johansson sangat mengesankan. Dipelopori oleh pelatih lamanya ,Eric Johnson, salah satu pendiri Homage Fitness, duo ini telah bekerja sama sejak 2016 ketika mereka bertemu di lokasi syuting Ghost in the Shell.

Tidak heran bahwa Scarlett sekuat pikiran briliannya, tentu saja ia merupakan Black Widow milik Marvel. Tapi, bagaimana ia selalu tetap bugar? Dan apa sebenarnya yang dilakukan Scarlett agar ia tetap siap bermain dalam film action.

Sang pelatih berbagi secara eksklusif dengan Women's Health bagaimana ia melatihnya untuk menjadi kuat, tidak stres dan siap untuk adegan besar itu.

1. Scarlett melakukan berbagai macam latihan

Menurut Eric, ia suka mencampurkan berbagai pilihan latihan, memilih apa yang paling ia sukai dari masing-masing latihan. Dalam kata-katanya, pendekatannya adalah "perpaduan kinerja atletik, latihan kekuatan dasar, hipertrofi fungsional, dan latihan metabolik."

Untuk memperjelas, hipertrofi adalah berolahraga dengan cara menumbuhkan jaringan otot baru, sementara latihan metabolik mencakup latihan pengondisian yang menantang yang mendorong tubuh menjadi sangat cepat lelah.

"Saya suka mengintegrasikan berbagai kualitas dari insipirasi beban olimpiade, powerlifting, kettlebell, binaraga, berat badan, yoga, dan latihan pengondisian," tambahnya.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

2. Sasaran kebugarannya lebih berbasis kepada kinerja dari pada estetika

Melangkah menuju tujuan adalah bagian dari alasan mengapa perjalanan kebugaran sangat bermanfaat. Tetapi agar tujuan menjadi pencapaian yang menyenangkan untuk dikerjakan, itu harus fleksibel dan sesuai dengan gaya hidup Anda.

Menurut Eric, dirinya dan Scarlett telah menemukan kinerja menjadi kunci kemenangan yang berulang.

"Pendekatan pelatihan kami dinamis dan benar-benar selaras dengan keadaannya," katanya. "Apakah itu untuk aksi mendatang yang harus ia lakukan atau pencarian khusus latihan gym seperti pistol squat, kami telah menemukan lebih banyak kesuksesan mengejar tujuan yang dapat dicapai dengan berbasis kinerja di atas angka sebuah timbangan."

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

3. Scarlett hampir setiap hari memulai hari di gym, bahkan ketika ia sedang syuting

Kami menyukai seorang pekerja keras dan Scarlett berkerja keras, menghabiskan hampir seluruh hari liburnya di lantai gym.

"Ketika kami syuting, kami pada dasarnya berada di gym setiap pagi untuk memulai hari, tetapi itu tidak berarti kami akan 100 persen selama latihan itu. Bisa dibilang kami mengikuti program periode bergelombang setiap hari, di mana intensitasnya berfluktuasi."

Setiap rencana kebugaran yang baik akan mencakup berbagai intensitas, termasuk istirahat dan pemulihan. Berusaha untuk maksimal setiap hari bisa saja berlawanan dengan intuisi, meningkatkan tingkat stres Anda dan benar-benar mendorong Anda lebih jauh dari tujuan Anda.

4. Latihannya berubah tergantung perannya

Bukan rahasia lagi bahwa Scarlett mengambil beberapa pekerjaan akting fisik. Bagian dari kebiasaan Eric harus memastikan tubuh Scarlett dapat berfungsi, berkembang, dan tetap bebas cedera di bawah tekanan.

"Kami benar-benar ingin memastikan bahwa tubuhnya mampu menangani permintaan yang akan diberikan," katanya. "Sangat jarang untuk mengambil adegan hanya dalam satu kali, pastinya membutuhkan banyak pengambilan gambar. Ia perlu memiliki kekuatan dan pengkondisian prasyarat untuk menangani beban kerja itu tanpa cedera atau kinerjanya tergelincir.

"Jadi, tujuan utama saya adalah mengeluarkan kemampuan fisik dari pekerjaan untuknya. Artinya, saya ingin hal-hal fisik menjadi bagian yang mudah. Dengan begitu ia memiliki kemampuan untuk fokus membawa keahliannya (akting) ke dalam peran. Saat kami semakin dekat dengan waktu pembuatan film yang sebenarnya, kami bertujuan untuk meningkatkan kerja metabolisme melalui lebih banyak set super dan raksasa serta lebih banyak pengkondisian anaerobik."

APA ITU SET SUPER DAN RAKSASA?

Set super dan raksasa adalah ketika latihan dihubungkan bersama, dilakukan satu demi satu. Tidak serumit kedengarannya, jika Anda melakukan push-up yang diikuti dengan lunge, itu adalah set super. Anda biasanya akan melakukan tiga hingga empat putaran set super. Satu set raksasa adalah ketika Anda melakukan tiga latihan atau lebih yang dihubungkan bersama dengan cara ini.

Mengapa melakukannya? Diperlukan dalam latihan kekuatan dan latihan ketahanan, latihan pengelompokan dalam set memungkinkan Anda untuk menyesuaikan lebih banyak ke dalam satu sesi dan menargetkan kelompok otot secara lebih efisien.

APA ITU PENGONDISIAN ANAEROBIK ATAU PENGONDISIAN METABOLIK?

Latihan anaerobik adalah ketika tubuh Anda dipaksa (untuk alasan apa pun) untuk bekerja tanpa oksigen. Pikirkan kelas HIIT yang sangat sulit, latihan tabata, dan penyelesaian yang sangat berkeringat. Berolahraga dengan cara ini mengharuskan tubuh Anda bekerja lebih keras, karena lebih sedikit oksigen yang mengalir ke otot Anda.

Mengapa melakukannya? Ini meningkatkan stamina, daya tahan, dan kemampuan kardiovaskular Anda secara keseluruhan dengan cepat.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

5. Nutrisi adalah landasan program Scarlett

Bagian utama dari pendekatan Eric untuk membuat Scarlett tetap bahagia adalah memastikan ia mengonsumsi cukup protein dan sumber karbohidrat dan lemak berkualitas.

"Nutrisi sangat penting untuk pemulihan. Saya dapat menyusun program yang sempurna, tetapi tidak ada yang lebih penting kecuali Scarlett dapat pulih dari tuntutan yang kami berikan padanya. Ditambah dengan jadwal syuting yang padat dan kehidupan sebagai seorang ibu dan pengusaha, ada banyak 'tekanan' pada sistem secara keseluruhan," katanya. "Nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan ia pulih dari segala sesuatu yang ia usahakan. Jadi, kami ingin memastikan ia makan cukup kalori untuk ini."

6. Kualitas tidur dan tingkat stresnya dipantau

"Mengatur stres benar-benar merupakan faktor-x," kata Johnson. "Jika kami dapat menggabungkan beberapa strategi untuk mengarahkan klien kami ke keadaan yang lebih baik, itu adalah kemenangan besar dan akan sangat membantu.

"Mungkin bisa pergi berjalan-jalan santai, menggabungkan latihan tubuh (pijat), latihan pernapasan, sauna, atau udara dingin. Pentingnya tidur tidak dapat dilebih-lebihkan. Jumlah waktu tidur sebenarnya mungkin merupakan kemewahan bagi sebagian orang, jadi pastikan kualitas tidur yang mereka dapatkan sangat penting.'

(Penulis: Morgan Fargo; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)