Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

26 Fakta Menakjubkan Mengenai Acara TV Tahun '90-an Favorit Anda

'Friends' awalnya disebut sesuatu yang berbeda.

26 Fakta Menakjubkan Mengenai Acara TV Tahun '90-an Favorit Anda
Courtesy of Bazaar US

Anda telah menontonnya berkali-kali. Lagu utamanya mungkin masih terngiang di dalam hati Anda secara terus menerus. Dan Anda mungkin masih menggunakan slogannya dalam percakapan sehari-hari. Tapi inilah beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang acara favorit tahun 90-an, sampai sekarang.

1. 'Fraiser'

Courtesy of Bazaar US

Jika apartemen Frasier Crane di Seattle tampak mahal, itu karena memang begitu faktanya. Perancang set acara TV tersebut menghabiskan hampir setengah juta dolar US untuk menghidupkan konsep mewah pada tokoh pembawa acara radio itu. Sebesar 15.000 dolar US khusus dihabiskan untuk replika sofa Coco Chanel. Meskipun angka pastinya sulit didapatkan, tetapi cukup aman untuk mengatakan bahwa kursi Martin itu, tidak semahal seharusnya.

2. 'Boy Meets World'

Courtesy of Bazaar US

Para pemeran anak-anak acara ini tidak hanya bermain sebagai teman sekelas, mereka belajar bersama di kehidupan nyata. Meskipun itu bukan ruang kelas yang Anda lihat di televisi, ada ruang kelas atau hubungan yang cukup dekat bagi Ben Savage, Danielle Fishel, Rider Strong, dan Will Friedle saat kamera tidak berputar.

3. 'Everybody Loves Raymond'

Courtesy of Bazaar US

Acara yang telah diadaptasi ke Rusia dengan judul, The Voronins, menjadi komedi Rusia yang paling banyak ditonton dan melampaui film asli Amerika sendiri, dalam jumlah episode yang ditayangkan. Versi lokal dari pertunjukan tersebut juga berkembang di Mesir, Israel, Polandia, Republik Ceko, dan Belanda.

4. 'Home Improvement'

Courtesy of Bazaar US

Tim "The Tool Man" Taylor sahabat karib terpercaya Al Borland seharusnya telah dimainkan oleh orang lain, Richard Karn tidak dikirim ke sekolah lalu lintas untuk melanggar peraturan terus menerus. Richard, yang gagal berhenti di tanda berhenti setelah gladi bersih drama tersebut, mengetahui pertunjukan itu dari seorang agen yang dahulu juga sekelas dengannya.

5. 'Twin Peaks'

Courtesy of Bazaar US

Rekan pencipta David Lynch senang bekerja dengan Sheryl Lee, yang memerankan ratu homecoming terbunuh, Laura Palmer, sehingga ia menulis bagian lain (sepupu Laura, Maddy Ferguson) untuk membuatnya tetap ada. Bahkan ada pembicaraan untuk membuatnya memainkan karakter ketiga!

6. 'NYPD Blue'

Courtesy of Bazaar US

Saat polisi menampilkan beberapa cuplikan lokasi New York yang sebenarnya, sebagian besar selama urutan kredit pembukaan acara itu, diambil pada set yang dibuat untuk film 1969 Hello, Dolly! di Los Angeles.

7. 'All-That'

Courtesy of Bazaar US

Pertunjukan sketsa Nickelodeon untuk anak-anak menampilkan banyak talenta muda, termasuk Keenan Thompson dari Saturday Night Live, tetapi satu bintang komedi masa depan yang gagal. Bintang Easy A, Zombieland, dan Superbad, Emma Stone, mengikuti audisi ketika ia berusia 12 tahun dan tidak mendapatkan peran.

8. 'Wings'

Courtesy of Bazaar US

Ketika John Ritter tampil sebagai tamu di sitcom tentang kejadian di dalam bandara kecil Nantucket, ia memerankan mantan suami Amy Yasbeck, yang ternyata akan ia nikahi tiga tahun kemudian. Mereka memiliki seorang anak bersama dan tetap dalam pernikahan sampai kematian mendadak John pada tahun 2003.

9. 'Dawson's Creek'

Courtesy of Bazaar US

Lagu hit Paula Cole yang berjudul I Don't Want to Wait bukanlah pilihan pertama untuk lagu utama acara tersebut. Mereka awalnya ingin menggunakan Hand in My Pocket milik Alanis Morrisette, tetapi tidak mendapatkan izin hak ciptanya.

10. 'Family Matters'

Courtesy of Bazaar US

Urkel-mania bukanlah lelucon. Jaleel White mengklaim bahwa begitu pertunjukan itu lebih fokus pada karakternya, itu menyebabkan kecanggungan dengan aktor lain di acara, yang secara tiba-tiba memiliki waktu penampilan yang lebih sedikit. Namun, Reginald Veljohnson (Carl Winslow) adalah satu-satunya aktor di acara itu yang muncul di semua 215 episode.

11. 'Full House'

Courtesy of Bazaar US

Mary-Kate dan Ashley Olsen mendapatkan peran Michelle karena mereka lolos audisi tanpa menangis. Tetapi, John Stamos mengungkapkan dalam film dokumenter Lifetime's Unauthorized Full House Story bahwa sebenarnya mereka benar-benar sering menangis, sehingga John menggantinya saat merekam uji coba. Tapi ketika itu tidak berhasil dengan aktor cilik lainnya, Ashley dibawa kembali.

12. 'Buffy the Vampire Slayer'

Courtesy of Bazaar US

Katie Holmes dan Selma Blair keduanya dipertimbangkan untuk peran Buffy sebelum Sarah Michelle Gellar mendapatkan perannya. Bahkan Charisma Carpenter (yang akhirnya memerankan Cordelia) juga mengikuti audisi. Fakta bonus, Ryan Reynolds menolak kesempatan bermain Xander.

13. 'Friends'

Courtesy of Bazaar US

Rupanya ini adalah perjalanan yang cukup untuk mengakhiri Friends. Rangkaian awal pertunjukan, diberi judul Insomnia Café. Setelah NBC terlibat, judul itu diubah menjadi Friends Like Us, Kemudian Across the Hall, Kemudian Six of One. Jaringan acara TV itu, akhirnya menetap Friends, tak lama sebelum ditayangkan perdana pada September 1994.

14. 'Beverly Hills 90210'

Courtesy of Bazaar US

Karakter Luke Perry, Dylan McKay, tidak seharusnya menjadi bagian dari pemeran inti. Mendiang aktor pernah mengungkapkan kepada The Hollywood Reporter bahwa ia hanya akan muncul dalam beberapa episode, tetapi sanga pencipta, Aaron Spelling, berargumen dengan pihak studio untuk mempertahankannya. Luke juga awalnya mengikuti audisi untuk memerankan Steve Sanders (yang berakhir pada Ian Ziering.)

15. 'Ally McBeal'

Courtesy of Bazaar US

Ally awalnya diharapkan untuk menikahi karakter Robert Downey Jr., Larry Paul, di akhir musim keempat acara tersebut. Tapi masalah Robert dengan hukum, memaksa penulis untuk mempersingkat waktunya di acara itu dan episode pernikahan berakhir menceritakan tentang seorang siswa sekolah menengah (Josh Groban) yang menggugat seorang gadis yang mencampakkannya, tepat sebelum prom.

16. 'The Fresh Prince of Bel-Air'

Courtesy of Bazaar US

Tarian Carlton (Alfonso Ribeiro) yang terkenal adalah lelucon di sitcom tersebut dan hal itu didasarkan pada gerakan bintang sitcom 90-an populer lainnya. Gerakan Courteney Cox (Friends) dalam video "Dancing in the Dark" Bruce Springsteen, juga terinspirasi oleh "tarian pria kulit putih" Eddie Murphy dari komedi khusus Delirious-nya.

17. 'Party of Five'

Courtesy of Bazaar US

Semua orang tahu bahwa acara ini membangun rumah tangga dari nama Scott Wolf, Matthew Fox, Neve Campbell, Lacey Chabert, dan Jennifer Love Hewitt. Acara itu juga merupakan landasan awal bagi aktris yang saat itu tidak dikenal, bernama Kate Hudson. Bintang Almost Famous, mendapatkan pertunjukan akting pertamanya pada tahun 1996 memainkan karakter bernama Cory dalam episode musim kedua.

18. 'Saved By the Bell'

Courtesy of Bazaar US

Set acara Bayside High tidak mati dengan berhentinya pertunjukan itu. Sejak itu, set tersebut telah diubah dan digunakan sebagai latar sekolah untuk banyak pertunjukan, termasuk That's So Raven (yang juga disebut Bayside!) dan iCarly.

19. 'Sister, Sister'

Courtesy of Bazaar US

Bintang Tia dan Tamera Mowry ditemukan saat menghadiri rekaman Full House. Seorang produser melihat mereka di lokasi dan mendekati mereka untuk mengembangkan pertunjukan untuk mereka sendiri.

20. 'Mad About You'

Courtesy of Bazaar US

Ada dorongan besar dari tim Paul Reiser agar pertunjukan tersebut dikenal sebagai Reiser atau The Paul Reiser Show, tetapi eksekutif jaringan acara tersebut tidak menyukainya karena pertunjukan itu menceritakan tentang pasangan. Anggota pemeran Richard Kind yang muncul dengan ide nama Mad About You di musim panas sebelum pertunjukan perdana.

21. 'Seinfeld'

Courtesy of Bazaar US

Konsep pertunjukan, datang saat Jerry Seinfeld dan Larry David sedang mengobrol tentang barang-barang di toko kebutuhan sehari-hari. Mereka menyadari bahwa gurauan mereka tidak seperti yang mereka lihat di TV mana pun atau di film dan mereka memulainya dari sana.

22. 'ER'

Courtesy of Bazaar US

Konsep ER, awalnya ditulis oleh Michael Crichton (Jurassic Park) sebagai film fitur yang akan disutradarai oleh Steven Spielberg. Tak satu pun dari pihak studio tertarik dengan proyek tersebut sampai NBC merilisnya untuk acara TV 20 tahun kemudian.

23. 'The Nanny'

Courtesy of Bazaar US

Beberapa pemirsa acara mengeluh bahwa aksen Inggris Charles Shaughnessy yang memerankan Mr. Sheffield tidak dapat natural seperti yang digunakan Daniel Davis untuk memerankan Niles. Tapi, nyatanya Charles lahir di London, sedangkan Daniel dari Arkansas.

24. 'Melrose Place'

Courtesy of Bazaar US

Produser memutuskan untuk menghentikan pertunjukan, ketika acara menjadi terlalu tidak realistis, di mana para karakter masih akan tinggal di kompleks apartemen. Beberapa karakter keluar masuk gedung, tetapi karakter Thomas Calabro dari Dr. Michael Mancini adalah satu-satunya yang bertahan sepanjang seri.

25. 'The X-Files'

Courtesy of Bazaar US

Karakter Gillian Anderson, Dana Scully, terinspirasi oleh Clarice Starling (Jodie Foster) dalam film Silence of the Lambs. Pencipta Chris Carter bahkan membuat rambut Dana berwarna merah, untuk menghormati karakter tersebut. Jodie berakhir ada dalam acara itu, memberikan suaranya untuk memainkan sosok gambar tato berbicara selama musim keempat.

26. 'Blossom'

Courtesy of Bazaar US

Pilot asli untuk acara tersebut memiliki karakter Mayim Bialik, Blossom, sebagai karakter sampingan adik perempuan dengan fokus utama pada kakak laki-lakinya. Tetapi seorang eksekutif NBC wanita menyarankan kepada pencipta acara,Don Reo, agar ia mengubahnya dan lebih fokus pada saudari perempuan itu.

(Penulis: Adam Schubak; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)