Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Kota di Dunia dengan Udara Terbersih!

Tarik napas dalam, lalu hembuskan.

10 Kota di Dunia dengan Udara Terbersih!

Belakangan Jakarta sedang hangat diperbincangkan karena tingkat kebersihan udara yang mengkhawatirkan. Hal ini banyak beredar di unggahan sosial media.

Aplikasi khusus untuk mengukur tingkat sehatnya kadar udara menunjukkan angka yang begitu rendah. Udara di Jakarta diprediksikan sedang mencapai kondisi terburuknya. Sebagian besar mulai mengeluhkan kondisi ini. Bagaimanapun juga, kondisi tidak menguntungkan ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

Positifnya, kita masih dapat memperbaiki hal tersebut. Ucapkan terima kasih pada kecanggihan teknologi berwujud aplikasi yang membuat kita menyadari hal tersebut sebelum kondisi menjadi semakin buruk.

Mari kita belajar bersama dari 10 destinasi kota di dunia dengan tingkat polusi terendah.


1. Stockholm, Swedia



Dikenal sebagai pusat desain dunia, ternyata Stockholm menyuguhkan pesona lain. Ibu kota Swedia ini termasuk di kategori kota dengan polusi terendah di dunia.

2. Helsinki, Finlandia



Belakangan nama Helsinki kerap dicantumkan oleh para pelancong sebagai destinasi teratas. Dikenal sebagai kota dengan warga paling bahagia di dunia, Helsinki juga menjadi salah satu kota dengan udara paling bersih.

3. Zurich, Swiss



Keindahan alam Swiss memang memukau. Membahas kota dengan tingkat polusi terendah di dunia, Swiss memiliki kota Zurich. Selain dikenal dengan tata kota yang teratur, Zurich ternyata juga bebas polusi.

4. Honolulu, Hawaii




Dari benua Eropa, mari kita beranjak ke eksotisnya kawasan pantai di Hawaii. Ibu kotanya juga termasuk salah satu kota dengan udara paling bersih yang ada di dunia. Benar sekali, kita tengah membahas kota Honolulu, yang tidak lain merupakan ibu kota Hawaii.

5. Auckland, New Zealand



New Zealand memang dikenal dunia berkat keindahan alamnya. Tidak seperti kota-kota besar di dunia, Auckland di New Zealand menjadi destinasi favorit karena pesona alam dan kebersihan udaranya.

6. Bangor, Maine



Mungkin ini kali pertama Anda mendengar nama kota Bangor di Maine. Kota dengan populasi penduduk sekitar 30 ribu jiwa ini ternyata memiliki udara yang amat bersih. Bagi Anda yang tidak menyukai destinasi mainstream, dapat mencoba berkunjung ke kota ini.

7. San Fransisco, Amerika Serikat



San Fransisco menempati urutan selanjutnya. Kota di Amerika Serikat ini juga digolongkan sebagai kota di dunia dengan tingkat polusi terendah. Udara bersih dan suasana kotanya menjadi daya tarik dari San Fransisco.

8. Oslo, Norwegia



Selanjutnya, mari menuju Oslo bersama Bazaar. Kota berkarisma di Norwegia ini memang luar biasa memukau, ditambah lagi fakta bahwa Oslo merupakan salah satu kota paling bersih yang ada di dunia.

9. Nagoya, Jepang



Jika berbicara seputar kota dengan udara paling bersih di dunia, Asia juga tidak ketinggalan. Menikmati udara bersih sembari berjalan-jalan di Jepang tepatnya kota Nagoya dapat menjadi opsi Anda.

10. Taipei, Taiwan



Kita tutup perjalanan menikmati bersihnya udara di sejumlah kota ternama dunia di Taiwan. Kota Taipei adalah salah satu kota di Asia dengan tingkat udara paling bersih. Tentu Anda yang pernah mengunjunginya pasti setuju.


(Foto: Courtesy of Instagram @cxliao_1021, @visitstockholm, @myhelsinki, @visitzurich, @davegrutman, @downtownbangormaine, @onlyinsf, @visitoslo, @megtakara, @brendanbikerlin_1209)