Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Menurut Ahli, Ini Biasanya Lama Hangover Bertahan, Serta Cara Meringakan Gejalanya

Durasi hangover bisa bervariasi, tetapi biasanya hangover paling lama bertahan selama 24 jam.

Menurut Ahli, Ini Biasanya Lama Hangover Bertahan, Serta Cara Meringakan Gejalanya

Setelah menghabiskan malam yang berat sekaligus menyenangkan dengan minum alkohol, Anda mungkin akan terbangun di pagi hari dengan rasa lelah, sakit kepala, dan mual. Itu dikenal sebagai hangover. Biasanya, hangover hanya bertahan sementara, dan paling lama bertahan selama 24 jam. Tetapi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan efek hangover


Apa itu hangover?

Setelah minum terlalu banyak alkohol, Anda mungkin mengalami mabuk atau hangover. Menurut Anne Boris, R.D., L.D.N., dari Northwestern Medicine Huntley Hospital, "Setelah minum alkohol, hati Anda harus memecah alkohol menjadi acetaldehyde, kemudian acetaldehyde harus dipecah lagi menjadi asetat.” Jika seseorang minum terlalu banyak alkohol, dan jika hati di dalam tubuh tidak dapat mengubah acetaldehyde menjadi asetat, itulah saat di mana hangover mulai terjadi.

Hangover biasanya ditandai dengan munculnya gejala-gejala tertentu. Gejala-gejala hangover ini dapat bervariasi pada setiap orang, tetapi yang paling umum seringkali termasuk sakit kepala, kelelahan, mual, lemas, dan dehidrasi. 

Berapa lama efek hangover berlangsung? 

Biasanya, hangover hanya bertahan selama beberapa jam, dan paling lama bertahan selama 24 jam. Tapi, terkadang, ada beberapa orang yang mungkin mengalami hangover hingga 72 jam. 


Menurut Fred Goggans, M.D., direktur medis McLean Borden Cottage McLean Hospital di Camden, Maine, “Tingkat keparahan dan durasi hangover ini dapat bergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah alkohol yang Anda konsumsi, jenis alkohol yang dikonsumsi, dan toleransi Anda terhadap alkohol.”

Cara meringankan efek hangover

Ada beberapa cara untuk meringankan efek hangover, antara lain:


1. Tetap terhidrasi

Alkohol memiliki efek diuretik, artinya dapat meningkatkan produksi urin. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit yang bisa mengarah ke dehidrasi. Dan, dehidrasi dapat memperparah gejala hangover. 

Dengan minum banyak air, itu dapat membantu mengisi kembali cairan dan meringankan efek hangover. Simpan segelas air di samping tempat tidur Anda untuk diminum jika Anda terbangun di malam hari. Dan keesokan paginya, jaga tubuh Anda tetap terhidrasi. 

2. Makan makanan bergizi

Menurut studi tahun 2019 dalam Journal of Clinical Medicine, makan makanan bergizi, makanan tinggi vitamin B3 dan zinc, misalnya, telah terbukti dapat membantu mengurangi keparahan efek hangover. Itu juga dapat mengisi kembali vitamin dan mineral penting yang mungkin hilang setelah asupan alkohol yang berlebihan. Serta, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah rendah telah dikaitkan dengan keparahan efek hangover. 

Jika Anda merasakan mual saat terbangun di pagi hari setelah minum alkohol, Anda disarankan makan makanan hambar penuh nutrisi, seperti sup kaldu encer dengan sayuran di dalamnya. 

3. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup dan membiarkan tubuh Anda beristirahat dapat membantu meringankan efek hangover yang Anda rasakan. Kurang tidur justru dapat memperparah efek hangover

4. Konsumsi suplemen

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen tertentu dapat meringankan efek hangover, seperti suplemen dengan kandungan ginseng merah dan jahe. Satu studi tahun 2014 dalam jurnal Food & Function menemukan bahwa, minum suplemen dengan kandungan ginseng merah dapat mengurangi kadar alkohol dalam darah dan meringankan efek hangover

Di sisi lain, sebuah penelitian tahun 2010 dalam Journal of Natural Medicines menemukan bahwa, ekstrak jahe, gula merah, dan jeruk mandarin dapat membantu meringankan efek hangover.

Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar dapat menghilangkan efek hangover dengan cepat, tapi cara-cara di atas diyakini bisa membantu meringankan efek hangover yang Anda alami. Durasi hangover ini dapat bervariasi pada tiap-tiap orang yang bergantung pada beberapa faktor, termasuk jumlah alkohol yang dikonsumsi, jenis alkohol yang dikonsumsi, dan tingkat toleransi terhadap alkohol. Tapi, kebanyakan efek hangover akan bertahan paling lama 24 jam. 

(Photo teaser by cottonbro studio on Pexels)