Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Wajib Tahu! Ini 6 Spot Foto Artistik Penuh Warna di Hong Kong

Menelusuri lebih dalam warisan seni dan budaya Hong Kong lewat karya seni penuh warna.

Wajib Tahu! Ini 6 Spot Foto Artistik Penuh Warna di Hong Kong
(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)

Ketika pertama kali mendengar kota Hong Kong, apa yang terbesit dalam benak Anda?

Gedung-gedung pencakar langit yang ditemani jalanan metropolitan yang tak pernah tidur? Atau mungkin sajian kuliner yang menggugah lidah atau bahkan destinasi berbelanja dengan layanan terbaik? 

Jika Anda refleks mengangguk antusias ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka impresi Anda tentang negara yang dijuluki sebagai Pearl of The Orient atau Mutiara dari Timur ini benar adanya. 

Namun terlepas dari itu, nyatanya Hong Kong juga memiliki warisan lain berupa seni dan budaya yang begitu kuat. Hal ini dapat terlihat hampir di setiap sudut kota dan jalan-jalan yang dihiasi oleh karya para seniman penuh warna yang berbakat.

Berikut Bazaar rangkumkan spot artistik yang patut masuk dalam bucket list sebagai bekal berkunju ke Hong Kong:

1. Distrik Old Town Central

Old Town Central
(Karya grafiti di sekitar area distrik Old Town Cental)

Sebagai distrik tertua, Old Town Central memang layak menjadi destinasi yang dikunjungi ketika berpelesir ke Hong Kong. Tidak hanya disuguhkan dengan bangunan arsitektur penuh sejarah, di kawasan ini Anda juga dapat menemukan deretan galeri seni modern serta lingkungan dengan rona yang atraktif.

Rekomendasi Bazaar, jelajahi area ini dengan berjalan kaki agar dapat menikmati keindahannya serta tak melewatkan detail-detail kecil yang hanya dapat dilihat ketika Anda benar-benar menelusurinya.

2. Yarn Bombing - Sham Shui Po 

Yarn Bombing - Sham Shui Po, Hong Kong
(Potret hewan rajutan yang dapat ditemukan di di persimpangan jalan di luar D2 Place)

Spot ini merupakan buah dari hasil kolaborasi antara Laws Charity Fund Limited dengan berbagai organisasi.

Abadikan momen di depan karya seni yang memanfaatkan medium benang berbentuk hewan yang dibuat dan dirajut langsung dengan tangan oleh seniman lokal LYH by Janet bersama dengan label Hoopla yang diposisikan prima di persimpangan jalan di luar D2 Place, distrik Sham Shui Po. 

3. Artlane - Sai Ying Pun 

Artlane  di Sai Ying Pun, Hong Kong
(Karya seni jalanan yang penuh warna di Artlane, Sai Ying Pun)

Bukan Hong Kong namanya bila setiap sudut kota tidak dipenuhi dengan karya seni jalanan yang memanjakan mata.

Bagi Anda yang suka akan estetika seni yang menjadikan tembok serta jalan kota sebagai kanvas untuk berkarya, atau konten di laman media sosial, maka Anda wajib mengunjungi Artlane di Sai Ying Pun. Di mana Anda dapat melihat langsung para seniman lokal ataupun ternama dunia mentransformasi dinding bangunan Ki Ling Lane dan Chung Ching Street dengan guratan seni yang ekspresif.

4. Resonance-In-Sight - Art Square at Salisbury Garden

Resonance-In-Sight - Art Square at Salisbury Garden
(Resonance-In-Sight, karya seniman lokal Kristof Crolla dan Garvin Goepel)

Merupakan salah satu instalasi seni publik berskala besar terbaru, karya seni bertajuk Resonance-In-Sight ini dibuat oleh seniman lokal Kristof Crolla dan Garvin Goepel untuk memudarkan batas antara realitas virtual dengan realitas fisik. Selain dapat berfoto di depan karya seni berbentuk linier HKMoA yang menarik, Anda juga dapat berinteraksi dengan koleksi khusus lewat aplikasi AR.

5. Journey to West Kowloon Exhibition - Distrik West Kowloon Cultural

‘Journey to West Kowloon’ Exhibition at the Art Pavilion in the West Kowloon Cultural District
(Pameran Journey to West Kowloon inisiasi para seniman dan generasi muda dari distrik Kowloon Barat untuk menggambarkan lingkungan tempat tinggal mereka)

Sebuah inisiatif seni komunitas kolaboratif antara Dewan Pariwisata Hong Kong dan Universitas Pendidikan Hong Kong menelurkan pameran yang mengundang seniman muda, siswa sekolah dasar dan menengah, hingga mahasiswa dari The Education University of Hong Kong untuk memamerkan karya mereka tentang distrik Kowloon Barat dari sudut pandang mereka.

6.  [email protected] - Tsim Sha Tsui dan Hung Hom

Art@Harbour - Tsim Sha Tsui dan Hung Hom, Hong Kong
(Instalasi seni berukuran ekstra yang dapat ditemukan di sepanjang ruas pejalan kaki daerah Tsim Sha Tsui dan Hung Hom)

Dalam rangka merayakan 25 tahun berdirinya HKSAR, Departemen Layanan Kenyamanan dan Kebudayaan bekerja sama dengan sektor swasta dengan bangga mempresentasikan proyek '[email protected]'. Sebuah proyek seni luar ruang berskala besar yang bertujuan untuk menghidupkan kembali tepi pelabuhan dan memamerkan beragam instalasi seni karya seniman lokal dan luar negeri oleh Victoria Harbour Hong Kong. Dalam pameran yang akan hadir hingga 18 Desember 2022 mendatang ini, Anda dapat menikmati karya instalasi seni di area Taman Tamar dan di sepanjang kawasan pejalan kaki Tsim Sha Tsui dan Hung Hom.

Dan itulah enam spot seni penuh warna rekomendasi Bazaar yang layak untuk masuk dalam rencana agenda perjalanan selama menikmati waktu berpelesir di Hong Kong. Klik di sini untuk mencari tahu lebih jauh tentang turisme Hong Kong dan tonton video di bawah ini untuk menemukan inspirasi destinasi lain:

Created by Harper's Bazaar Indonesia for Hong Kong Tourism Board 

(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)