Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Aksi Kolaborasi Kelly Tandiono Bersama Bai Soemarlono Mendukung Pengrajin Lurik Lewat Koleksi Bertajuk Heritage

Cover Me Not bekerja sama dengan Ohmmybybai untuk membuat koleksi yang terinspirasi oleh kain lurik untuk membantu para pengrajin lurik tradisional.

Aksi Kolaborasi Kelly Tandiono Bersama Bai Soemarlono Mendukung Pengrajin Lurik Lewat Koleksi Bertajuk Heritage

Bersama lininya, Cover Me Not, Kelly Tandiono, kembali meluncurkan koleksi terbaru bertajuk Heritage, yang berarti 'warisan'. Cover Me Not menggandeng OhmmbyBai untuk kedua kalinya untuk membuat sebuah koleksi yang terinspirasi dari lurik, kain bermotif garis-garis kecil yang secara tradisional dikenakan sebagai pakaian khas di pedesaan hingga di lingkungan keraton.

cover me not

"Senang sekali bisa terus bekerja sama dengan Kelly dan Cover Me Not yang selalu memberi ide menarik, bertalenta, dan mewakili generasinya. Kelly juga juga selalu peduli dan tertarik dengan tradisi Indonesia, khususnya kain tradisional,” ungkap Bai Soemarlono, desainer sekaligus pemilik OhmmbyBai.

Pada awal tahun 2021 silam, keduanya, Kelly dan Bai meluncurkan koleksi bertajuk Tomorrow, yang berarti besok. Dari situ, keduanya sadar akan visi, misi, dan gagasan ide mereka yang sama tentang melestarikan kain tradisional warisan budaya Indonesia. 

Kali ini, dengan koleksi Heritage, kain lurik di desain secara modern sehingga dapat dilestarikan dan dipakai oleh seluruh kalangan, tidak memandang usia. Lurik yang cenderung lebih berwarna gelap didesain agar lebih berwarna. Warna biru, hijau, dan merah muda mendominasi koleksi pakaian renang dan ready-to-wear Heritage

cover me not

Cover me not

Selain mengangkat lurik, Kelly ingin lebih memperkenalkan Cover Me Not sebagai label yang ramah lingkungan. Berbeda dari koleksi sebelumnya, semua proses produksi lebih sustainable dan minim limbah. Di mana sisa bahan pembuatan pakaian digunakan ulang untuk membuat produk lain seperti tas kecil atau masker. 

Cover me not

Tidak terlupakan, Cover Me Not juga menggandeng Yayasan Santa Maria Boro, sebuah yayasan yang mewadahi pembuat tenun tradisional yang menggunakan alat tenun bukan mesin di Boro, Kalibawang, Yogyakarta. Kolaborasi ketiga pihak merupakan bentuk kepedulian untuk membantu para pengrajin lurik tradisional. 

Terakhir dan tidak penting, setiap hasil dari pembelian koleksi Heritage akan didonasikan sebesar Rp50.000 untuk mendukung kegiatan pengrajin lurik. Anda tidak hanya akan mendapatkan karya yang indah dari koleksi terbaru ini namun juga membantu para pengrajin Indonesia. 

(Penulis: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of Cover Me Not X OhmmbyBai)