Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Chanel Memberikan Cuplikan Koleksi Adibusana Musim Gugur 2023 Melalui Visual Bertema Surealisme

Virginie Viard berkolaborasi dengan seniman kontemporer Xavier Veilham menggarap film pendek untuk koleksi adibusana terbaru Chanel.

Chanel Memberikan Cuplikan Koleksi Adibusana Musim Gugur 2023 Melalui Visual Bertema Surealisme
(Foto: Courtesy of Chanel)

Hubungan antara dunia mode dan teknologi semakin erat di era digital. Unsur audiovisual bukan lagi sebatas elemen presentasi runway melainkan komponen esensial untuk penyampaian nuansa sebuah koleksi dan bahkan brand secara keseluruhan. Virginie Viard selaku Direktur Kreatif Chanel menggandeng seniman kontemporer Xavier Veilham untuk menggarap film pendek yang menjadi bagian presskit digital untuk koleksi adibusana musim gugur 2023 mendatang. Kolaborasi ini juga membuahkan serangkai visual statik yang terlihat lazim terpampang di tembok sebuah museum.

Chanel Couture Fall 22
(Foto: Courtesy of Chanel)

Musisi Sébastien Tellier ditunjuk menjadi komposer musik, sedangkan Charlotte Casiraghi menyumbangkan suaranya untuk lagu yang bertajuk “Mademoiselle.” Keduanya membintangi film pendek ini disertai model Vivienne Rohner dan sang direktur Xavier sendiri. Mereka juga ditemani dua anjing kecil yang memancarkan nuansa jenaka dan santai.  Ansambel para model mengusung salah satu ciri khas rumah mode yaitu tweed, kancing emas, dan aksesori mutiara. Ada juga padu padan setelan jaket dan rok panjang hijau dengan sepatu boots kulit hitam yang menekankan ciri khas wanita Chanel modern.

Chanel Couture Fall 22
(Foto: Courtesy of Chanel)

Unsur surealisme menjadi pendekatan kreatif film ini melalui permainan ilusi optik dan kejanggalan skala dan dimensi. Ada Alat instrumen petik terbuat dari kayu berukuran raksasa. Kemudian visual ikan hiu yang ditunggangi layaknya sedang berkuda, dan anjing raksasa yang menjadi latar belakang menggemakan unsur kontemporer dan playful. Sisi kolaboratif dari Virginie menghembuskan napas muda dan penuh gairah bagi rumah mode Prancis yang sudah lawas ini. Simak film berdurasi satu menit yang menggabungkan seniman dari berbagai latar belakang untuk koleksi adibusana terbaru Chanel berikut.

(Penulis: Hans Hambali; Foto dan video: Courtesy of Chanel)