Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alasan Anda Perlu Mengganti Kain Seprai Katun Dengan Kain Silk atau Sutra

Meski bahan sutra merupakan salah satu material luxury, namun tidak ada salahnya berinvestasi dengan ini.

Alasan Anda Perlu Mengganti Kain Seprai Katun Dengan Kain Silk atau Sutra
Courtesy of [email protected]

Salah satu cara tubuh untuk beregenerasi dan mengembalikan tenaga yang telah keluar selama aktivitas keseharian adalah dengan tidur di malam hari.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidur malam yang nyenyak dan berkualitas itu sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat itulah seluruh tubuh Anda memiliki kesempatan untuk rileks dan melakukan yang terbaik untuk dapat berfungsi di keesokan harinya.

Oleh karena itu, banyak faktor eksternal di sekitar Anda yang tentunya juga harus dapat mendukung tubuh untuk bisa tidur dengan nyenyak. Seperti minimnya cahaya, suhu ruangan, busana tidur, dan salah satunya juga alas tempat tidur atau yang biasa disebut seprai.

Menurut Caren Campbell, MD, salah satu pilihan bahan seprai yang dapat digunakan untuk mendapat kualitas tidur yang baik serta sehat untuk kulit Anda adalah bahan silk atau sutra. “Seprai yang membuat Anda sejuk dan nyaman adalah yang terbaik,” kata dokter kulit bersertifikat yang berbasis di San Fransisco ini. Tak hanya itu, bahan sutra ini juga telah terbukti mengurangi iritasi kulit untuk Anda yang memiliki eksim dan tentunya masih banyak manfaat lainnya. Namun, sebelum mengetahui manfaat dari seprai sutra ini, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu asal usul dari sutra itu sendiri.

Courtesy of bluemoon1981@123RF.com
Courtesy of [email protected]

APA ITU SILK?

Silk atau sutra adalah bahan dasar yang berasal dari kepompong ulat sutra. Ulat sutra mengeluarkan helai sutra tunggal dari kelenjar sutra mereka untuk mengelilingi tubuhnya menjadi kepompong. Memanaskannya dengan air atau merebusnya, akan mengurai helaian sutra yang tadinya berbentuk kepompong menjadi gulungan benang sutra yang akan dijadikan kain. Dibutuhkan kerja lebih dan pengorbanan waktu dalam prosesnya, kurang lebih dari 3.000 ulat sutra hanya untuk membuat satu yard sutra. Tidak heran seprai yang menggunakan bahan dasar sutra akan dianggap sebagai barang mewah.

Meskipun ada berbagai jenis sutra yang dapat digunakan, namun faktanya hingga 90% produksi sutra di dunia berasal dari sutra murbei. Sutra murbei ini, berasal dari ulat sutra murbei Bombyx mori. Sifat-sifat yang dimiliki oleh sutra, membuatnya menjadi bahan yang dicari. Berikut sifat-sifatnya:

  • Ringan namun kuat, tidak disangka dengan lapisan benang yang tipis dapat berfungsi dengan baik dan kuat jika terjadi regangan.
  • Berkilau alami, dengan helaian yang tipis membuat sutra memiliki kilaunya sendiri yang menjadi ciri khas kain berbahan sutra.
  • Konduksi panas rendah, artinya kain berbahan sutra akan tetap dingin di cuaca panas dan hangat di cuaca dingin.
  • Tidak melekat, benang tipis yang dihasilkan membuatnya menjadi halus dan tidak gampang menempel atau merekat apapun.
  • Membentuk tirai dengan baik, halus dan ringan sudah menjadi bukti bahwa kain berbahan dasar sutra akan memiliki tampilan flowy.

Courtesy of annebel146@123RF.com
Courtesy of [email protected]

MANFAAT YANG DIDAPATKAN DARI SEPRAI SILK

1. Menghilangkan alergi dan iritasi kulit

“Orang sangat jarang sekali alergi terhadap sutra,” kata Neal B. Schultz, MD, seorang dokter kulit berbasis di New York City. Ini karena sutra bebas dari bahan kimia tambahan yang berpotensi mengiritasi dan mengandung zat alami yang menangkal berbagai alergen lingkungan (dan kondisi kulit yang diakibatkannya), termasuk tungau debu, jamur, dan jamur, jelasnya. Orang juga dapat memilih sutra dengan warna terang atau pewarna alami untuk mengurangi risiko reaksi bahan kimia pada kain. Selain itu, sutra membantu mengurangi hilangnya kelembapan kulit dan lebih dapat ditoleransi dari pada kain lain oleh orang-orang dengan kulit sensitif. Sebuah studi tahun 2019 mengenai Influence of Silk Clothing Therapy in Patients with Atopic Dermatitis, menemukan bahwa mengenakan pakaian sutra murni mengurangi dermatitis atopik pada 30 pasien dengan kondisi tersebut.

2. Mencegah kerutan

Serat sutra halus yang ditenun rapat membantu menjaga kelembapan dekat dengan kulit, kata Jennifer Peterson, MD, dokter kulit di Pusat Bedah Dermatologi & Laser di Houston. Ketika Anda bangun setelah tidur di atas sarung bantal sutra, wajah Anda akan terhidrasi lebih baik dari pada jika Anda tidur di atas kapas. Ini adalah tips kecantikan yang bagus untuk mereka yang memiliki kulit kering dan bersisik. Sebagai bonus, sel-sel kulit yang terhidrasi dan plump, menunjukkan lebih sedikit garis-garis halus (kerutan) dan lebih berkilau dari pada sel-sel kulit yang dehidrasi. Ini artinya seprai sutra tidak akan menyebabkan bekas lipatan atau bergaris pada tubuh Anda seperti bahan katun. 

3. Membuat rambut sehat dan berkilau

Pakar kecantikan mengklaim bahwa kain mewah dapat membantu menjaga rambut Anda tetap lembut, lembap, dan bebas dari kusut yang mengganggu. “Tidur di atas sarung bantal katun akan menyebabkan rambut kusut, keriting, dan menjadi statis,” kata pemilik salon John Corbett di New York City, yang baru-baru ini mendirikan organisasi nirlaba Hair2Help untuk pasien kanker dan perawat mereka. "Pada sarung bantal sutra lembut, bagaimanapun, rambut akan meluncur, yang jauh lebih tidak merusak."

Sutra juga dapat membantu mempertahankan tatanan rambut Anda saat Anda tidur, tambahnya. "Salah satu tips kecantikan favorit saya untuk wanita adalah membungkus syal sutra di kepala Anda saat Anda tidur," kata John. “Minyaknya tidak akan bertambah banyak di rambut dan Anda akan bisa menahan rambut fresh Anda selama satu atau dua hari ekstra.”

4. Meningkatkan kulitas tidur

Menurut American Sleep Association, menggunakan seprai berkualitas baik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sutra adalah bahan berkualitas tinggi yang dapat memberikan kenyamanan ekstra. Orang mengukur berat dan kualitas sutra menggunakan unit pengukuran yang disebut momme. Nilai momme yang lebih tinggi umumnya menunjukkan kualitas yang lebih tinggi. American Sleep Association merekomendasikan untuk memilih kain sutra dengan berat 15 momme atau lebih. Tak hanya itu, sutra juga adalah kain yang dapat membantu tubuh bernapas untuk mengatur suhu. Tidur pada suhu yang nyaman membantu orang mempertahankan siklus tidur yang sehat, yang penting untuk fungsi kognitif dan kesehatan secara keseluruhan. 

5. Memiliki jangka waktu tahan lama

Dengan penyimpanan seprai yang tepat dan dirawat sesuai dengan pedoman produsen, seprai tempat tidur berbahan sutra dapat bertahan 10 tahun atau lebih. Sebagian besar tempat tidur sutra saat ini dapat dicuci dengan mesin. Jadi, walaupun memiliki harga yang lebih sedikit mahal dari seprai berbahan katun, ini dapat dijadikan sebuah investasi yang cukup menarik dan pastinya tidak merugikan Anda untuk mencobanya.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], [email protected], [email protected])