Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Fakta Tentang Raihan, Model Pria Asal Indonesia yang Berjalan di Runway Saint Laurent

Sekejap menjadi perbincangan di industri fashion Indonesia, mari mengenal model asal Bandung ini.

12 Fakta Tentang Raihan, Model Pria Asal Indonesia yang Berjalan di Runway Saint Laurent
Courtesy of Instagram @kidehan

Pasti bagi Anda penggemar industri fashion sudah mengenal betul brand ternama di dunia yaitu Saint Laurent. Baru-baru ini Saint Laurent menggelar show mereka yang memperlihatkan koleksi Semi/Panas 2022 untuk pria. Namun, tidak seperti biasanya, ada hal yang mencuri perhatian para penggemar fashion di Indonesia. Lantaran salah satu model yang berjalan di runway yang dirancang oleh Anthony Vaccarello itu bernama Raihan. Dan ia berasal dari Indonesia!

Courtesy of  YouTube Saint Laurent
Courtesy of YouTube Saint Laurent

Dalam peragaan busana yang diselenggarakan di pulau Isola Della Certosa, Venesia ini, Raihan yang melakukan debut pertamanya untuk merek tersebut terlihat mengenakan silk vest bermotif bunga dengan kerah putih bergaris, celana panjang pensil, sepatu pantofel boots ala rockstar (sesuai tema show), kaca mata hitam, serta tatanan rambut slicked back.

Namun, untuk mengetahui profil pribadi dan perjalanan karier modelnya, Bazaar telah mengumpulkan 12 fakta mengenai dirinya di bawah ini:

Courtesy of Instagram @kidehan
Courtesy of Instagram @kidehan

1. Pemiliki nama lengkap Raihan Fahrizal ini, lahir di kota Bandung, Jawa Barat, pada 5 Mei 2001. Sehingga membuat dirinya sekarang menginjak usia 20 tahun bulan Mei lalu.

2. Memiliki tinggi badan 187 cm dan berat badan 60 kg, yang membuatnya terlihat sangat tinggi di foto sekaligus video fashion show yang ia lakukan. Dengan tinggi badan tersebut, cukup untuk Raihan dalam bersaing dengan model luar negeri lainnya.

3. Memulai karier model sejak umur 17 tahun, dengan agensi pertamanya yang berbasis di Indonesia yaitu Who Knows Models.

4. Telah dikontrak oleh Saint Laurent membuat Raihan satu-satunya model asal Indonesia yang memperagakan koleksi pria Semi/Panas 2022 rancangan Anthony Vaccarello.

Courtesy of Instagram @kidehan
Courtesy of Instagram @kidehan

5. Sebelum menjadi model runway Saint Laurent, ia juga sempat melakukan kerja sama sesi foto untuk merek aksesori yaitu Mercii Jewerly.

6. Merupakan salah satu finalis dari Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 Icons 

7. Banyak agensi luar yang telah menawarkan kerja sama, salah satunya The Claw Models of Paris. Agensi tersebut merupakan agensi model yang berbasis di Paris dan Milan, di mana para modelnya telah melakukan kerjasama dengan beragam label ternama seperti Dior, Kenzo, Off-White, dan desainer hebat lainnya.

8. Sempat dirundung karena kurus dan berkulit gelap di Indonesia, menjadi dorongan Raihan untuk lebih semangat lagi dan mencoba berkarier model di luar negeri.  Ia menetap di Paris untuk menjalankan mimpinya sebagai model internasional.

Courtesy of  Instagram @kidehan
Courtesy of Instagram @kidehan

9. Berkesempatan untuk melakukan pemotretan untuk salah satu majalah fashion ternama di dunia, dengan busana yang ia kenakan pada saat runway di panggung Saint Laurent.

10. Raihan juga terjun dalam dunia musik. Selain menjading model, ia juga pernah merilis lagu hip hop  bersama Carvern Grey yang bertajuk Vision dan mengambil bagian rap pada lagu tersebut.

11. Memiliki hobi olahraga ekstrem yaitu BMX atau bicycling motorcross. Pada beberapa unggahan Instagram-nya, Raihan terlihat mahir dan sangat mendalami olahraga tersebut.

12. Mempunyai merek clothing line sendiri. Kegemarannya dalam dunia fashion ternyata tidak hanya disalurkan menjadi seorang model, namun Raihan memiliki merek busana sendiri yaitu @helldye (di Instagram).

(Penulis: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Instagram @kidehan, YouTube Saint Laurent)