Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Aman Menggunakan Contact Lens atau Lensa Kontak di Masa Pandemi?

Bagi Anda para pengguna lensa kontak di tengah masa pandemi ini, ada baiknya untuk mengikuti penjelasan berikut.

Apakah Aman Menggunakan Contact Lens atau Lensa Kontak di Masa Pandemi?
Courtesy of [email protected]

Masa pandemi ini, pastinya membuat Anda harus mengikuti peraturan-peraturan baru yang muncul hampir setiap hari. Seluruh keinginan dan pergerakan kita dibatasi dengan penuh ketakutan akan terpapar virus. Bahkan kebiasaan rutin pun dapat tergantikan, seperti sesederhana menggantikan pemakaian lensa kontak dengan kacamata biasa.

Sejak awal pandemi, hal tersebut menjadi perbincangan para pengguna lensa kontak dan juga ahli spesialis mata. Banyak sekali kabar di luar sana yang mengatakan bahwa penggunaan lensa kontak pada masa pandemi, meningkatkan peluang untuk terpapar Covid-19. Tetapi, menurut penelitian direktur Centre for Ocular Research and Education (CORE) di Waterloo School of Optometry, Profesor Lyndon Jones, mengatakan bahwa belum ada bukti saintifik yang membuktikan bahwa kabar tersebut benar adanya. Menggantikan lensa kontak dengan kacamata juga tidak mengurangi kemungkinan Anda terpapar virus. Juru bicara dari American Academy of Ophthalmology (AAO), Sonal Tuli, M.D., memberikan pendapat agar para pengguna lensa kontak perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya terutama dikarenakan para pengguna lensa kontak cenderung lebih sering menyentuh mata. 

Courtesy of valery_potapova@123RF.com
Courtesy of [email protected]

FAKTA YANG HARUS DIKETAHUI SAAT MENGGUNAKAN CONTACT LENSE ATAU LENSA KONTAK DI MASA PANDEMI

1. Diperbolehkan tetap memakai, namun perlu dipertimbangkan

Bagi Anda yang memang sangat membutuhkan untuk memakai lensa kontak, memang tetap diperbolehkan. Jika hanya bekerja dari rumah atau melakukan kegiatan yang tidak banyak kerumunan orang, itu memungkinkan Anda untuk menggunakan lensa kontak dengan aman. Namun, sangat disarankan untuk mempertimbangkan hal tersebut jika Anda berada di luar zona aman, karena para pengguna lensa kontak cenderung lebih sering menyentuh mata dan virus dapat tersalurkan melaluinya.

2. Meningkatkan kebersihan diri 

Jika Anda tetap bulat dengan keputusan untuk memakai lensa kontak, pastikan Anda harus meningkatkan tingkat kebersihan diri Anda. Pastikan semua bersih, dari mulai tangan hingga lensa kontak yang akan digunakan. Tidak terkecuali juga untuk Anda membersihkan tempat lensa kontak dengan sabun. Lyndon bahkan menyarankan untuk hanya menggunakan lensa kontak sekali pakai jika ingin menggunakannya di tengah pandemi ini.

3. Kacamata biasa tidak menawarkan proteksi lebih

Walau menggantikannya dengan kacamata akan lebih baik, nyatanya pemakaian kacamata bukan berati Anda sudah terlindungi secara keseluruhan. Masih banyak sisi terbuka dari kacamata yang tetap dapat memberi jalan masuk virus melalui mata. Tak hanya itu, jika Anda melakukan kegiatan di luar rumah , tentunya kacamata yang dipakai juga akan menjadi kotor. Jadi, jangan jadikan kacamata Anda sebagai tolak ukur agar tidak terpapar virus.

4. Hindari menyentuh wajah

Hal ini bukan hanya bagi para pengguna lensa kontak, tapi memang kita semua harus menghindari menyentuh bagian wajah dengan tangan kotor. Namun, terlebih bagi Anda para pengguna lensa kontak, peraturan ini harus sangat diperhatikan dan diterapkan secara lebih. Namun, ini juga berlaku kepada para pengguna kacamata, untuk tidak menyentuh kacamata Anda dengan tangan kotor.

5.    Jika sedang sakit, berhentilah sejenak

Para pengguna lensa kontak yang sedang sakit, disarankan untuk berhenti sejenak dan beralih menggunakaan kacamata. Anda dapat kembali menggunakannya saat sudah pulih, pastinya dengan peraturan yang sama dan menggantikan seluruh peralatan serta lensa kontak yang baru.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], [email protected])