Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Gum Contouring Atau Kontur Gusi, Fungsi, Biaya, serta Kemampuannya untuk Atasi Masalah "Gummy Smile"

Seorang ahli menjawab semua pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda.

Mengenal Gum Contouring Atau Kontur Gusi, Fungsi, Biaya, serta Kemampuannya untuk Atasi Masalah

Gum contouring atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia sebagai kontur gusi mungkin memerlukan komitmen yang lebih sedikit tinggi ketimbang perawatan gigi populer lainnya seperti veneer atau composite bonding, tetapi percayalah apapun pilihan Anda, hasilnya sama-sama transformatif. Untuk gun contouring sendiri, prosesnya melibatkan pembentukan gusi melalui penggunaan teknologi laser untuk menampilkan gigi asli Anda dengan sebaik-baiknya, mengurangi tampilan gummy smile, dan memberikan simetri yang lebih presisi dalam prosesnya.

Di bawah ini, Dr. Mital Shah seorang spesialis periodontik di Chelsea Dental Clinic, menjawab setiap pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda mengenai prosedur gum contouring.

Apa itu kontur gusi atau gum contouring?

Kontur gusi atau yang juga dikenal sebagai "pengangkatan gusi", adalah perawatan yang dirancang untuk meningkatkan proporsi gigi Anda dan mengurangi jumlah jaringan gusi yang terlihat saat tersenyum, berbicara, atau tertawa. Ini melibatkan pengangkatan kelebihan gusi secara tepat dan, jika perlu, jaringan tulang di sekitar area gigi menggunakan teknologi  laser dan instrumen bedah mikro. Hasilnya dapat dilihat langsung dan mampu mengubah senyum Anda sepenuhnya.”

Siapa yang (mungkin) cocok untuk melakukan prosedur kontur gusi?

“Semua pasien dapat merasakan manfaat dari kontur gusi, baik sendiri atau sebagai bagian dari perubahan kosmetik yang lebih luas. Pasien yang datang dengan proporsi gigi yang kecil, gigi yang aus atau dengan masalah "gummy smile" akan sangat diuntungkan dari prosedur ini.”

Bisakah kontur gusi dilakukan sendiri atau perlu dikombinasikan dengan perawatan lain?

“Jika Anda cukup puas dengan hasil akhir dan bentuk gigi secara keseluruhan, maka kontur gusi dapat dilakukana secara mandiri sebagai sentuhan akhir untuk memberikan proporsi dan simetri gigi dan gusi yang sempurna saat tersenyum. Namun lebih lanjut, kontur gusi sering dilakukan dengan kombinasi perawatan lain seperti penyelarasan ortodontik, pemutihan gigi, composite bonding atau penempatan veneer bahan porselen untuk memberikan senyum yang lebih alami yang menyatu secara harmonis dengan wajah Anda. Jika alasan utama Anda melakukan perawatan gum contouring adalah untuk mengatasi masalah "gummy smile", maka aplikasi Botox, filler bibir, dan bahkan prosedur reposisi bibir mungkin juga direkomendasikan untuk mentransformasi senyum Anda.”

Berapa biaya kontur gusi?

“Harga tipikal mulai dari 2.500 pound sterling (atau sekitar 50 juta rupiah). Namun harga akan bervariasi tergantung pada jumlah gigi serta kompleksitas perawatan secara keseluruhan. Konsultasi untuk menilai kesesuaian Anda untuk kontur gusi akan diperlukan, dan mencakup x-ray dan simulasi digital yang dilakukan terlebih dahulu untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Apakah hasilnya permanen?

"Perawatan yang tepat akan ditentukan untuk setiap masalah individu agar memastikan hasil seumur hidup yang dapat bertahan dalam ujian waktu."

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)