Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sejarah di Balik Tas Hermès Kelly

Tas Ikonis ini diluncurkan pada tahun 1930-an. Namun, tidak ada yang bisa menandingi status investasinya lebih dari hari ini

Sejarah di Balik Tas Hermès Kelly
Courtesy of Bazaar UK

Ketika seseorang memikirkan tas Hermès Kelly, beberapa kata terkait muncul di dalam pikirannya. Ikonis, mahal (dan akan semakin mahal, menjadikannya salah satu barang fashion langka yang dapat menjadi investasi yang baik), dan tentu saja klasik (meskipun tas Kelly tidak selalu dianggap menjadi simbol keabadian. Ketika diluncurkan, Kelly dianggap radikal) 

BACA JUGA: Mengenal Perbedaan Tas Kelly dan Tas Birkin dari Hermès

Saat itu, tahun 1930-an, Robert Dumas telah bergabung dengan ayah mertuanya, Émile Hermès, dalam bisnis keluarga. Émile berada di belakang beberapa kreasi yang kemudian menjadi ikon Hermès, termasuk syal sutra ikonis dari rumah Hermès, gelang Chaîne d'Ancre, dan tas yang dianggap game-changing ini, yaitu Kelly, atau Petit Sac à Courroies yaitu nama original awal sang Kelly. Ukuran tas tersebut lebih besar dari tas lain pada zaman itu, memberi wanita yang membawanya kebebasan yang leluasa serta melambangkan perubahan sosial yang signifikan.

Courtesy of Bazaar UK

Bentuknya juga sedikit lebih tajam, ramping, dan lebih geometris dari apa pun yang pernah ada sebelumnya. Tas ini pun juga dirancang dengan bentuk trapesium, dan dengan penutup flap yang ditutup oleh dua tali samping dan pengait putar yang rapi. Model tas ini menjadi pola dasar dari begitu banyak tas Hermès ikonis yang akan datang, termasuk Birkin, yang ditambahkan kemudian tetapi tidak kalah legendarisnya pada tahun 1983. 

Tidak seperti Birkin, yang secara bersamaan dibuat dan dinamai untuk menghormati seorang aktor, model, dan inspirasi bernama Jane Birkin, tas Kelly membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk ditemukan namanya (sekitar 20 tahun atau lebih setelah rilis awalnya). Ceritanya berlanjut pada tahun 1950-an. Desainer kostum, Edith Head, memilih aksesoris Hermès untuk merias pemeran film miliknya berjudul To Catch a Thief, yaitu Grace Kelly. Grace sangat mencintai Petit Sac à Courroies sehingga ia terus memakainya diluar set film. Ia bahkan menggunakannya untuk menyembunyikan kehamilan awalnya pada tahun 1956. Foto-foto itu menyebar ke seluruh dunia dan membuat tas Kelly (yang saat itu relatif tidak dikenal), menjadi terkenal, meskipun tas tersebut membutuhkan waktu sampai dua dekade untuk secara resmi dinamakan Kelly by Hermès di tahun 1977. 

Courtesy of Bazaar UK

Hermès Kelly Sellier 20 1995 (pre-owned available at Farfetch.com); Hermès Kelly 28 Leather Handbag (available at Vestiaire Collective.com); Hermès Kelly 25 Sellier Orange Epsom Leather Handbag with Gold Hardware (available at 1stdibs.com) 

Courtesy of Bazaar UK

Hermès Kelly 32 Black Box Palladium Hardware (available at 1stdibs.com); Hermès Kelly Doll Quelle Idole Picto Mauve, Chai, with Lime Palladium Hardware (available at 1stdibs.com); Hermès Kelly 28 1959 Tote Bag (pre-owned available at Farfetch.com) 

Courtesy of Bazaar UK


Hermès Kelly Mini Leather Handbag (available at Vestiaire Collective.com); Hermès Picnic Handbag (available at Vestiaire Collective.com); Hermès Kelly 20 Sellier Mini Kelly II Gold Epsom Gold Hardware (available at 1stdibs.com)

Putri Grace mungkin telah menukar nama belakangnya dengan ‘dari Monako’ tetapi, ia terus membawa tas Kelly kesayangannya. Pemakaiannya yang setia terpampang nyata pada genggam dan goresan yang terlihat dalam display; yang terpajang di Museum Victoria and Albert untuk tahun pameran ‘Grace Kelly: Style Icon’ di tahun 2010.

Courtesy of Bazaar UK

Berbeda dengan tas ikonis lainnya, desain klasik tas Kelly secara sebagian besar tidak berubah. Perubahan yang paling menonjol hanyalah penambahan cincin ganda pada pegangan atas tas (agar lebih muda memasang tali panjang) pada tahun 2000. Namun, Hermès memperluas koleksinya menjadi delapan ukuran. Dari bijou 15 cm (seperti yang dipakai wanita keren seperti Leia Sfez dan Lori Harvey), sampai yang berukuran 50 cm (beberapa menganggap ini sangat besar). Tas Kelly Sellier memiliki struktur yang elegan, sedangkan model Retourné lebih luwes dan sedikit lebih sporty.

Seperti saudara Kelly, Birkin, yang dirilis pada tahun 1980-an, tas-tas ini memiliki banyak sekali edisi khusus. Kelangkaannya dari versi edisi khusus itulah yang membuatnya jauh lebih berharga dari model-model lainnya. Harga Kelly ‘biasa’ adalah antara 166,5 juta Rupiah (9,000 pound sterling) dan 185 juta Rupiah (10,000 pound sterling) di dalam butik, dan hampir dua kali lipatnya saat dijual dengan secara resale. Tas Kellywood, yang dibuat dari kayu ek dan kulit, saat ini dijual dengan harga lebih dari seperempat juta pound sterling di Mighty Chic, reseller spesialis yang berbasis di Miami, AS. Sementara Kellydole (tas Kelly antropomorfis yang menampilkan wajah, lengan, dan kaki luncuran tahun 2000) yang terawat dengan baik mulai dari sekitar 1,3 milyar Rupiah (70,000 pound sterling)

Courtesy of Bazaar UK

Ada juga Kelly Picnic, tas keranjang yang mungkin tidak ingin Anda tinggalkan di rerumputan, dan Kellygraphie, di mana banyak kulit disatukan untuk membentuk huruf alfabet. Tas Kelly juga telah memperluas pilihan model tasnya seperti tas punggung (Kellyado),  tas pinggang yang sangat apik bernama Kelly Danse (dibuat oleh Jean Paul Gaultier dan dinamai demikian karena membuat tangan pemakainya bebas untuk menari), dengan ritsleting (Kellylakis) dan model bentuk asimetris (Kelly Sellier en Desordre). Bahkan ada pesona tas (bag charm) mungil berbentuk tas Kelly, untuk miniaturis pencinta Hermès.

Selain edisi khusus, tas Kelly klasik adalah sebuah investasi yang sama baiknya dengan Birkin (dan emas), dengan harga Hermès yang naik hampir 10 persen setiap tahun dan reseller yang bahkan terus menaikkan harga mereka. Seperti tas Birkin, tas-tas ini sulit sekali untuk dibeli kecuali Anda adalah pelanggan setia label Hermès. 

Jika Anda mendapatkan tas Kelly, bersiaplah untuk mengaguminya. Ini, seperti yang Anda harapkan dari Hermès, dibuat tanpa cela. "Para pengrajin memasukkan sedikit dari diri mereka sendiri ke setiap bagian," kata Hermès. Konon para ahli pembuat kulit di atelier dapat mengenali tas Kelly yang mereka buat pada pandangan pertama”. Tas ini terbuat dari 36 komponen kulit dan logam, yang membutuhkan waktu antara 15 dan 20 jam bagi seorang pengrajin untuk menjahit, merekatkan, dan merakitnya. Mereka berpendapat bahwa setiap orang akan mengharapkan tas yang rama untuk seorang putri. 

Courtesy of Bazaar UK

Kabarnya Ini Adalah 12 Tas Termahal di Dunia
Tipe Tas Hermès Terbaik untuk Dijadikan Sebagai Investasi

(Penulis: Natalie Hughes; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Vala Makki; Foto: Courtesy of Bazaar UK)