Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Gaya Busana Pria yang Jadi Tren di Tahun 2023

Mari telusuri tampilan modis dari panggung runway pria tahun ini.

5 Gaya Busana Pria yang Jadi Tren di Tahun 2023

Dari gaya preppy yang kontemporer hingga grunge style, tren gaya busana pria kali ini kerap menganut nuansa nostalgia namun dengan elevasi elemen kala kini. Berikut pilihan tampilan favorit yang diperhatikan Bazaar sejauh ini dan tentunya, wajib Anda coba.

1. Lowkey Luxury

Siluet yang rileks namun sophisticated menjadi sorotan musim ini. Busana bersiluet loose seperti wool coat Wooyoungmi, wide fit trousers, hingga vest yang seluruhnya tak lekang waktu dan subtil. Kemudian dominasi palet warna netral dengan sentuhan warna dusty blue, sage, dan olive untuk mendapatkan tampilan yang effortless.

Tren busana ini memberi definisi baru kemewahan yang modern dan wearable. Rowoon, sang aktor Korea, terlihat mengenakan loose trousers dengan knit jumper dan coat yang senada dan tentunya charming.

ami paris
COURTESY OF AMI PARIS
lowkey luxury
rowoon
COURTESY OF INSTAGRAM @ANDZ_OFFICIAL

2. Dark Nights

Tampilan edgy ini ditampilkan dengan nuansa bebatuan seperti merah rubi, hijau emerald, ungu amethyst, dan hitam onyx.

Desain maximalist yang diekspresikan dengan cara layering lewat mantel fur, oversized hoodies, dan sepatu bot chunky  sekejap memberi aura gaya sang Batman. Lalu detail zipper pada celana dan hoodie, menyempurnakan impresi street style yang dilengkapi dengan topi Courrèges dan payung bergagang tengkorak dari Alexander McQueen.

Rapper Zico mengusung tema Dark Nights dengan mengenakan full black outfit, yang dilayer dengan outer hijau dan mantel fur merah rubi. Tampilan Zico semakin dielevasi dengan aksesori seperti topi, tinted sunglasses, kalung layer, dan cincin statement.

iceberg
COURTESY OF ICEBER
aged appeal
 
zico
COURTESY OF INSTAGRAM @WOOZICO0914

3. Redefining Masculinity

Tidak selalu wanita yang mengadopsi fashion pria untuk menambah kesan maskulinitas, pada catwalk Men's Fall-Winter 2023 ada transformasi tren feminin pakaian pria.

Redefining Masculinity menunjukkan sekilas fashion pria futuristic urban yang lebih mengusung aura feminin lewat palet warna pink. Kemudian, floral print juga menjadi kata kunci di tren gaya ini yang mana hadir dalam format jaket bomber, aksesori scarf, dan rok layer di atas celana.

Meski gunakan pink feminin, aura tangguh Jay Park tetap terpancarkan lewat siluet oversized hoodie dengan aksen graffiti floral print dan denim jeans yang dihiasi oleh swarovski variasi warna yang kemudian dipasangkan dengan sneakers dan topi pink.

dries van noten
COURTESY OF DRIES VAN NOTEN
redefining masculinity
COURTESY OF INSTAGRAM @MORESOJUPLEASE

4. Modern Preppy

Tidak heran jika fashion preppy menjadi lebih populer untuk pria di tahun 2023. Dari kemeja plaid klasik, trench coat hingga blazer dan dasi warna-warni yang kontemporer, preppy style dapat dilihat hampir pada setiap fashion scene. Pilih plaid berwarna vibran dan aksesori unik yang menyenangkan untuk menyajikan ansambel playful.

Dikenal dengan drama Korea Hotel del Luna, Pyo Ji-hoon, atau P.O, mengenakan plaid on plaid. Blazer timeless di match dengan kemeja, dasi, dan coat yang bernuansa preppy.

kenzo
COURTESY OF KENZO
modern preppy
po
COURTESY OF INSTAGRAM @PYOJIHOON_OFFICIAL

5. Aged Appeal

Dengan sentuhan ala punk, ​​trimmings paling populer yang terlihat pada street style adalah sentuhan detail raw dan undone finish.

Gaya distressed-vintage ini terlihat di catwalk maupun tampilan sehari-hari. Ini menunjukkan kembalinya estetika tahun 1980-an yang ripped dan stained dengan atasan fishnet, balaclava, ripped denim jeans, dan jaket kulit.

Hingga kini, nyatanya jaket kulit masih menjadi busana yang fashionable dan uniseks. Look distressed ini pun terlihat di J - Hope BTS untuk music video Arson.

givenchy
COURTESY OF GIVENCHY
aged appeal
jhope
COURTESY OF INSTAGRAM @UARMYHOPE

(Penulis: Shinbi Jeon; Foto: Courtesy of Ami Paris, GIvenchy, Kenzo, Iceberg, Dries Van Noten, Farfetch, Instagram @moresojuplease, @uarmyhope, @pyojihoon_official, @woozico0914, @andz_official)