Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Merawat Kulit Pria ala Idol Korea

Dan serangkaian rekomendasi produk yang Anda butuhkan.

Cara Merawat Kulit Pria ala Idol Korea
Courtesy of Pexels

Tidak hanya wanita saja yang memerlukan perawatan pada kulit, pria pun perlu untuk memerhatikan dan merawat kulit wajah mereka. Pemeliharaan kulit wajah pria tidak hanya untuk mendapatkan glowing yang seringkali menjadi tujuan dari merawat kulit, namun penting untuk menjaga kulit agar lebih segar dan bersih. 

BACA JUGA: Mingyu Seventeen Menjadi Muse Global Terbaru dari Label Kecantikan Innisfree

Kononnya, kini perawatan kulit pria berkiblat dengan para bintang Korea Selatan yang memiliki kulit bersih dan selalu tampil segar, tidak jarang produk-produk perawatan wajah untuk pria akan menggunakan aktor atau idol Korea sebagai model mereka karena in real life, kulit wajah mereka, tanpa pulasan rias, sudah seindah itu. 

Sebenarnya perawatan wajah para idol Korea pun tidak begitu rumit, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu sebelum membeli produk perawatannya, yaitu mengenal jenis kulit. Setiap orang tentu saja memiliki jenis kulit yang berbeda dan beberapa jenis kulit yang seringkali ditemui adalah kulit sensitif, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan terakhir kulit kombinasi. Pastikan Anda tahu kondisi kulit Anda secara berkala untuk memutuskan jenis produk yang dibutuhkan.

Tahap skincare pada pria biasanya lebih sederhana dari wanita, maka dari itu Bazaar rangkum produk rekomendasi yang mungkin dapat Anda masukkan sebagai wish list!

  1. Cuci wajah secara rutin
    Cuci wajah secara rutin dapat Anda lakukan sebelum tidur usai membersihkan wajah dari debu-debu yang menempel dari kegiatan penuh harian. Bazaar merekomendasikan Dermalogical Special Cleansing Gel yang cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau mungkin bagi Anda yang masih baru memulai melakukan perawatan kulit.
    Courtesy of Dermalogica


  2. Gunakan basic skincare
    Apa saja sih perawatan kulit esensial itu? Basic skincare meliputi pencuci wajah, pelembap, dan tabir surya. Lalu bagaimana dengan essence dan toner? Tidak jarang keduanya juga masuk ke dalam basic skincare sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, meski terkadang kebutuhan skincare pria tidak perlu begitu banyak, namun tidak ada salahnya untuk mendapatkan booster untuk tampilan kulit yang lembap dan kenyal, Anda dapat mencoba produk dari SK-II yaitu SK-II Men Pitera Facial Treatment Essence untuk awal mula dari perawatan kulit yang akan membantu peremajaan kulit Anda juga!

  3. Courtesy of SK-II
  4. Pakai pelembap
    Menggunakan pelembap merupakan bagian terpenting. Anda dapat menggunakan Boy De Chanel Anti-Shine Toning Solution untuk membantu merapatkan pori-pori dan tentu saja memberikan kelembapan. Tetapi, bagi Anda yang memiliki kulit normal Anda dapat menggunakan pelembap dari Dior Homme Dermo System yang akan memberikan kelembapan dan hidrasi yang cukup untuk kulit Anda. 
    Courtesy of Chanel

    Courtesy of Dior


  5. Bercukur dengan benar
    Tidak jarang teknik cukur atau pisau cukur yang Anda gunakan dapat melukai kulit dan akan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu. Untuk mengatasi bekas dari pisau cukur yang mengenai kulit, Anda dapat menggunakan shaving balm dari Hermes yang bertajuk Terre d'Hermes After-shave balm. Formulanya yang ringan dan cair mudah diserap dan meredakan luka bakar akibat pisau cukur dan kulit akan ternutrisi dengan teksturnya yang tidak berminyak. 
    Courtesy of Hermes


  6. Pakai tabir surya
    Hal lainnya yang paling penting dalam melakukan perawatan kulit adalah penggunaan tabir surya! Karena nyatanya ini adalah inti yang paling esensial dari rangkaian perawatan kulit, penggunaan tabir surya secara rutin dan konsisten akan memberikan dampak yang baik pada kulit, seperti membantu menghindari kerutan dan penuaan dini akibat paparan sinar matahari atau bahkan, radiasi LED layar smartphone Anda!
    Courtesy of Innisfree

Selain merawat kulit dengan tata cara skincare di atas, Anda juga dapat mencoba gaya makeup natural ala pria Korea Selatan. Penggunaan riasan ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pria-pria Korea Selatan selalu tampil segar dan menawan, karena selain merawat kulit. Nah, Bazaar kurasi beberapa rekomendasi tampilan rias yang juga dapat Anda tiru untuk mendapatkan tampilan wajah yang segar seperti idol Korea di bawah ini:

  • Lip Balm
    Untuk mendapatkan penampilan bibir yang sehat, penggunaan lip balm dapat menjadi pilihan Anda. Selain itu, lip balm juga dapat menjaga kelembapan dan mengurangi kemungkinan pecah-pecah pada tampilan bibir agar seperti Mingyu Seventeen di bawah ini. 
    Courtesy of Instagram @min9yu_k


    Pelembap bibir dari Tom Ford ini juga bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan tampilan bibir sehat loh!
    Courtesy of Tom Ford


  • Eyebrow 
    Banyak idol Korea yang tampak tampan dengan alis yang tertata rapi seperti potret Jaehyun NCT di bawah ini yang menampilkan bingkai alis yang tampak rapi, tentu rahasianya adalah jenis pensil alis yang mereka pilih dan bagaimana cara membingkai bentuk alis sesuai dengan wajah mereka.
    Courtesy of Instagram @_jeongjaehyun

    Bazaar merekomendasikan pensil alis dari Nature Republic untuk membantu Anda mendapatkan tampilan alis rapi seperti Jaehyun. 

    Courtesy of Nature Republic

  • Concealer
    Sudah konon untuk para idol Korea menggunakan concealer untuk menutupi beberapa imperfection pada wajah seperti jerawat, warna noda, atau bawah mata yang menghitam, namun selain itu, concealer juga dapat mengelevasi kualitas kulit yang baik untuk tampak glowing secara optimal, seperti look-nya Joshua Seventeen berikut ini! 
    Courtesy of Instagram @joshu_acoustic


    Tentu untuk mendapatkan look ini ada produk rekomendasi Bazaar dari label kecantikan Korea Selatan yang sudah cukup dikenal dan digunakan di kalangan idol, yaitu concealer dari The Face Shop. 
    Courtesy of The Face Shop

Nah, cukup menarik bukan cara mencapai performa kulit wajah yang paripurna? Jangan lupa untuk screenshot produk-produk rekomendasi di atas dan menyimpannya di ponsel Anda ya! Selamat mencoba!

BACA JUGA:
10 Fakta Johnny Suh, Anggota Pertama NCT yang Hadir di Met Gala
Chanel Rilis Dua Kreasi Body Spray Terbaru dari Koleksi Allure Homme untuk Para Pria

(Penulis: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Instagram @_jeongjaehyun, @min9yu_k, @joshu_acoustic, Pexels, Dermalogica, SK-II, Chanel, Dior, Hermes, Tom Ford, Nature Republic, The Face Shop, dan Innisfree)