Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sejumlah Aktivitas yang Dapat Anda Nikmati di Pameran Seni Kontemporer Agus Suwage Bertajuk The Theater of Me

Seperti namanya, The Theater of Me menampilkan karya-karya yang menceritakan perjalanan dari seniman itu selama ia berkarier di dunia kesenian sekitar kurang lebih 30 tahun.

Sejumlah Aktivitas yang Dapat Anda Nikmati di Pameran Seni Kontemporer Agus Suwage Bertajuk The Theater of Me

Berbagai macam cara dapat Anda lakukan untuk menghabiskan waktu bersama kerabat terdekat, salah satunya dengan berkunjung ke museum seperti Museum MACAN yang menawarkan pengalaman berbeda. Di sini, Anda dapt berinteraksi dengan berbagai macam karya seni modern dan kontemporer yang menarik dari sederet seniman lokal serta internasional.

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara juga merupakan institusi pertama yang memiliki fokus utama untuk mengedukasi masyarakat melalui pendidikan seni.

Museum MACAN baru saja meresmikan pembukaan pameran seni bertajuk ‘The Theater of Me’. Sebuah ekshibisi yang menampilkan 80 karya dari Agus Suwage, yang meliputi sejumlah instalasi, patung, lukisan, dan gambar miliknya dari tahun 90-an hingga kini. Karya dari seniman terkemuka Indonesia itu mencakup beberapa tema mengenai budaya dan politik secara luas melalui narasi yang bersifat intim serta personal.

Seniman kelahiran tahun 1959 di Purworejo ini merupakan seorang pelukis autodidak, hingga akhirnya menjadi seorang desainer grafis, setelah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Ia menetap di Jakarta sampai tahun 1999, satu tahun setelah berlangsungnya kerusuhan Mei 1998, yang berarti pada saat itu ia melihat dan mengalami secara langsung bagaimana pergolakan sosial serta politik yang terjadi di Tanah Air.

Dalam pameran ini, Anda akan menemui karya Daughter of Democracy. Ini merupakan sebuah karya yang ia buat setelah putrinya lahir pada tahun 1996, ketika negara Indonesi sedang terombang-ambing. Agus membuat dan mendedikasikan karya tersebut untuk memberikan penghormatan secara khusus kepada para mahasiswa yang telah berjuang dan membantu masyarakat luas dalam memperbaiki sistem pemerintahan Indonesia kala itu. 

Tidak perlu khawatir, Anda dapat mengunjungi pameran ini bersama dengan anak-anak Anda. Pameran ini memiliki serangkaian program menarik dan edukasi luas yang terintegrasi dalam agenda khusus diciptakan untuk buah hati Anda.  

Salah satu programnya adalah aktivitas Melirik Lirik Orkes Tunggal. Melalui kegiatan ini si kecil dapat mengembangkan kreativitas yang mereka miliki dengan cara mengajak mereka untuk menulis lirik lagu buatan seorang penyanyi. Lirik yang terpilih nantinya akan ditampilkan setiap bulannya di museum. 

Adapun kegiatan lainnya adalah menginstruksikan anak-anak untuk membuat dan menghias mainan dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Panduan ini terinspirasi dari rangkaian seri utama karya Agus Suwade, yakni ‘ToysS, US’.

Sebagai wadah untuk menyalurkan karya-karya terbaik, Museum MACAN telah berupaya untuk memastikan agar para seniman terkemuka di Indonesia berkesempatan mempresentasikan karya mereka kepada masyarakat luas, terutama generasi baru, yang mungkin masih belum mengetahui siapa saja para veteran di industri kreatif Indonesia.

Pameran karya seni dari Agus Suwage: The Theater of Me akan berlangsung mulai tanggal 4 Juni 2022 hingga 15 Oktober 2022.

(Penulis: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Museum MACAN)