Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Amber Heard Menanggapi Putusan dari Kasus Pencemaran Nama Baik Johnny Depp

"Saya patah hati karena sejumlah bukti masih belum cukup untuk melawan, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya," ucapnya.

Amber Heard Menanggapi Putusan dari Kasus Pencemaran Nama Baik Johnny Depp

Amber Heard kalah dalam kasus pencemaran nama baik terhadap mantan suaminya, Johnny Depp pada hari ini, setelah bertahun-tahun terjadi sebuah pertempuran hukum atas klaim bahwa ia secara fisik melakukan pelecehan terhadap Amber.

Baca juga: Kasus Johnny Depp & Amber Heard Resmi Dimulai di Pengadilan

Selama beberapa minggu terakhir, Amber dan Johnny mengambil sikap bersama dengan banyak saksi untuk kedua belah pihak. Selama tiga hari terakhir, juri memperdebatkan apakah aktris tersebut melakukan pencemaran nama baik dari Johnny dalam op-ed pada tahun 2018 untuk The Washington Post, di mana ia menyebut dirinya sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga. Pada saat awal gugatan pencemaran nama baik terhadapnya, aktor dari Pirates of The Caribbean, yang telah membantah semua kekerasan dalam rumah tangga, mengatakan bahwa kata-kata Amber merusak reputasi dan kariernya.

Hari ini, sang juri memutuskan dengan suara bulat bahwa Amber bersalah atas tindak pencemaran nama baik. Johnny menerima 10 juta Dolar AS sebagai bentuk kompensasi dan 5 juta Dolar AS untuk ganti rugi, sedangkan Amber menerima 2 juta Dolar AS untuk ganti rugi terkait dengan gugatan baliknya, yang ia ajukan setelah pengacara dari Johnny menyebut klaim pelecehannya sebagai suatu tipuan.

Amber hadir di ruang sidang untuk sidang putusan, sementara Johnny mendengarkan dari Inggris.

Setelah keputusan, Amber merilis sebuah pernyataan. "Kekecewaan yang saya rasakan hari ini tidak dapat saya ungkapkan melalui kata-kata. Saya patah hati karena sejumlah bukti masih belum cukup untuk melawan kekuatan, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya," merujuk pada ketenaran dan popularitas dari Johnny, bersama dengan para penggemarnya, yang sangat mendukungnya dalam kasus ini.

"Saya bahkan lebih kecewa dengan apa arti vonis ini bagi wanita lain. Ini mengembalikan waktu ke suatu masa ketika seorang wanita yang berbicara dan mengatakan kata-kata yang dapat membuatnya malu di depan umum. Ini mengembalikan gagasan itu bahwa penangan terkait kasus kekerasan terhadap perempuan harus lebih serius," ia menambahkan.

Menunjukkan bahwa ia memenangkan kasus di Inggris, Amber mengatakan bahwa ia kecewa karena ia "kehilangan hak yang saya pikir saya miliki sebagai orang Amerika, untuk berbicara secara bebas dan terbuka."

Sementara itu, Johnny, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia merasa "benar-benar rendah hati" dengan putusan itu, dan bahwa juri "mengembalikan hidup saya."

"Sejak awal, tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkapkan kebenaran, terlepas dari hasilnya. Berbicara tentang kebenaran merupakan sesuatu hal di mana saya berutang kepada anak-anak saya dan kepada semua orang yang tetap teguh untuk mendukung saya," ucapnya.

Baca juga:

Johnny Depp Kalah di Pengadilan Atas Klaim Tindak Kekerasan Kepada Mantan Istrinya

Fakta Seputar Produksi Film Fantastic Beasts 3, Termasuk Digantinya Johnny Depp

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Bazaar US)