Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Johnny Depp Kalah di Pengadilan Atas Klaim Tindak Kekerasan Kepada Mantan Istrinya

Sang aktor tidak akan mendapatkan kompensasi atas kerusakan yang terjadi pada reputasinya.

Johnny Depp Kalah di Pengadilan Atas Klaim Tindak Kekerasan Kepada Mantan Istrinya

Johnny Depp kalah atas kasus pencemaran baik dengan media, The Sun terkait artikel pada 2018 yang menggambarkan dirinya sebagai pemukul istri. Ia tidak akan mendapatkan kompensasi terkait kerusakan yang terjadi pada reputasinya. Hakim Nicol mengatakan, “Penuntut [Johnny] tidak dapat melanjutkan tuntutannya … Terdakwa [The Sun dan News Group Newspapers] menunjukkan apa yang mereka terbitkan secara substansi benar. Saya mencapai kesimpulan untuk meneliti secara detail terkait 14 insiden yang menjadi sumber terdakwa serta tuntutan penuntut yang saya jadikan pertimbangan. Dalam situasi tersebut, parlemen menyatakan bahwa terdakwa mendapat pembuktian yang kuat dan lengkap.”

Kasus tersebut digambarkan sebagai proses pengadilan atas pencemaran nama baik terbesar di Inggris sepanjang abad 21, dan didokumentasi oleh berbagai media selama tiga minggu pada Juli silam. Baik Johnny maupun Amber Heard menghadiri proses pengadilan, terkait detail hubungan mereka yang penuh kekerasan kemudian ditutup.

Kasus tersebut direncanakan akan dimulai pada Maret, tetapi tertunda akibat pandemi. Tim kuasa hukum Johnny terus mengatakan bahwa tuduhan media tersebut salah dan dapat berdampak sebagai kekerasan serius yang tertulis pada Defamation Act 2013, menuntut penerbit tabloid tersebut, News Group Newspapers, beserta redaktur pelaksana, Dan Wootton.

Keputusan hari ini belum menjadi akhir dari pertarungan hukum ini (Johnny dikabarkan akan mengajukan banding). Kuasa hukum Amber Heard, Elaine Charlson Bredehoft, yang juga mewakili sang aktris terkait isu serupa di Amerika Serikat mengatakan, “Bagi kami yang hadir di proses pengadilan di London, keputusan ini bukanlah sebuah kejutan. Dalam waktu dekat, kami akan memberikan lebih banyak bukti di Amerika Serikat. Kami berkomitmen untuk mendapatkan keadilan bagi Amber Heard di pengadilan Amerika Serikat dan membela kebebasan Ibu Heard untuk berpendapat.”

NGN juga memberikan pernyataan terkait keputusan tersebut, “The Sun telah mengkampanyekan dan membela korban kekerasan rumah tangga lebih dari 20 tahun. Korban kekerasan rumah tangga tidak seharusnya dibungkam dan kami berterima kasih kepada hakim atas pertimbangannya dan berterima kasih kepada Amber Heard atas keberaniannya memberikan bukti-bukti ke pengadilan.”

Johnny dan Amber bertemu pada 2011 dalam proses syuting The Rum Diaries, lalu melangsungkan pernikahan pada 2015. Pada 2016, Amber melayangkan restraining order sementara atas Johnny dengan tuduhan kekerasan, yang kemudian dibantah sang aktor. Mantan pasangan suami istri resmi bercerai pada 2017 dan ia mendonasikan 7 juta Dolar Amerika Serikat (setara dengan 102 miliar rupiah) kepada organisasi yang memberikan bantuan dan dukungan kepada korban kekerasan rumah tangga serta rumah sakit anak.

(Penulis: BAZAAR UK; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)