Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sekarang Anda Disarankan Pakai Masker Rangkap Saat Bepergian, Ini Tips Penting yang Harus Disimak Menurut Sang Ahli

Mari memperkuat pertahanan diri dengan menerapkan metode masker ganda.

Sekarang Anda Disarankan Pakai Masker Rangkap Saat Bepergian, Ini Tips Penting yang Harus Disimak Menurut Sang Ahli
(Hadi Cahyono for Harper's Bazaar Indonesia)

Setelah di artikel sebelumnya Bazaar membahas secara terperinci mengenai cara menggunakan masker yang benar, kini kami kembali ingin membahas lebih dalam panduan terbaru mengenai tata cara memakai masker rangkap dan mengapa ini menjadi langkah  yang penting untuk diterapkan terutama di tengah kasus Covid yang kembali melonjak drastis dalam beberapa pekan ini. 

Dikutip dari situs Healthline, ada dua manfaat utama jika Anda menerapkan metode double masking yaitu:

  • Lebih pas melindungi

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)

Karena dibuat secara masal mengikuti standar wajah secara global, maka tak heran jika kita tentu akan kesulitan menemukan jenis masker yang pas (seperti hasil buatan khusus) di wajah Anda. Faktanya, jika Anda dapat merasakan udara keluar melalui sisi masker saat menarik dan menghembuskan napas, maka itu sudah dapat menjadi pertanda bahwa masker yang Anda kenakan tidak dapat melindungi wajah dengan pas. 

Untuk itu, agar dapat meminimalisir kemungkinan virus masuk ke masker, teknik memakai masker ganda menjadi krusial untuk membantu mencegah hal ini terjadi.

Saat Anda mengenakan dua masker, masker luar dapat memberikan tekanan lembut ke tepi masker dalam. Dan ketika menggunakan masker ganda, masker bagian dalam akan menjadi lebih pas dan “melekat” dengan kulit Anda dan menciptakan “segel” yang lebih baik.

  • Meningkatkan filtrasi

Dengan menambahkan penggunaan masker menjadi dua rangkap, hal ini dapat lebih meningkatkan filtrasi. Ini terjadi karena penggunaan dua masker secara efektif akan menggandakan lapisan bahan yang harus dilalui oleh tetesan air liur (yang bisa keluar ketika orang berbicara, batuk, serta bersin) yang mengandung virus sebelum akhirnya mencapai wajah dan mulut Anda.

Lalu, bagaimana cara menerapkan metode masker ganda atau masker rangkap?

Setelah mengetahui pentingnya menggunakan masker ganda, Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara memakai dua masker dengan aman dan efektif. Untuk itu, mari kita masuk lebih dalam tentang cara penggunaan (terutama padu padan masker) yang tepat dan tentunya yang dianjurkan oleh Pemerintah dan juga WHO.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketikaa menerapkan penggunaan masker ganda:

1. Gunakan kombinasi masker yang tepat

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC merekomendasikan untuk menggunakan masker medis (sekali pakai) di bawah masker kalin (yang dapat Anda cuci dan digunakan kembali).

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)

Selain itu, penting untuk dicatat adalah untuk menghindari kombinasi masker seperti:

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)
  • Dua masker medis: masker medis di atas masker medis

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)
  • Masker KN95 dengan segala jenis masker lainnya (baik medis maupun kain)

Karena jika kombinasi masker Anda tidak sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah, hal ini dapat membuat Anda mungkin sulit bernafas dan menurunkan tingkat efisiensi dari daya kerja masker itu sendiri.

2. Coba terlebih dahulu di rumah sebelum benar-benar menggunakannya keluar rumah

Cobalah paduan masker ganda Anda di rumah sebelum menggunakannya di tempat umum. Kemudian, ada beberapa poin yang perlu Anda periksa mengenai paduan masker seperti: 

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)
  • Kecocokannya

Pastikan masker bagian luar dapat membantu menekan masker bagian dalam agar sedekat mungkin dengan area wajah. Untuk mengetahuinya, taruh dan tekan tangan Anda di atas masker dan rasakan apakah ada udara yang keluar dari tepi saat Anda bernapas.

  • Pernapasan

Meskipun bernapas mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra saat Anda melakukan metode masker rangkap, namun jika Anda menerpakan langkah yang benar, ini seharusnya tidak akan sampai membuat Anda sulit bernapas.

  • Penglihatan

Pastikan masker ganda Anda tidak menghalangi penglihatan Anda. (baca kembali trik atasi masalah kacamata berembun)

3. Cara mengikat simpul masker 3-ply

(Foto: Courtesy of CDC)
(Foto: Courtesy of CDC)

Seperti yang telah dibahas di bagian atas, jika Anda dapat merasakan udara keluar melalui sisi kanan dan kiri masker saat menarik dan menghembuskan napas, maka itu pertanda bahwa masker yang Anda kenakan tidak dapat melindungi wajah dengan pas, untuk itu salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah memperketat celah dari tali masker Anda dengan cara mengikat tali masker sehingga sedekat mungkin dengan tepi masker, lalu selipkan di lipatan samping untuk meminimalkan celah yang ada.

Seberapa efektifkah melakukan metode masker rangkap?

Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang yang terpapar covid-19 sedang batuk, sang lawan bicara yang menerapkan metode proteksi masker ganda mampu memblokir virus hingga 85,4 persen. Angka ini tergolong sangat tinggi ketimbang dengan orang yang hanya mengenakan masker kain yaitu berada di angka 51,4 persen dan masker medis saja dengan perolehan angka 56,1 persen.

Jadi, setelah mengetahui betapa pentingnya menerapkan masker rangkap, sudah siap melindungi diri dari ancaman paparan virus Covid-19 dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari Anda? Dan jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol 3M: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak di manapun Anda berada ya!

Baca juga:

Ketahui Cara Pakai Masker yang Benar, Diikuti Tips Atasi Masalah Kacamata Berembun

(Foto: Hadi Cahyono for Harper's Bazaar Indonesia; Fashion stylist: Michael Pondaag, CDC)