Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tips yang Perlu Anda Ketahui & Terapkan Sebelum Berolahraga di Cuaca yang Panas

Jangan dihiraukan, pastikan Anda mengikuti panduan ini

5 Tips yang Perlu Anda Ketahui & Terapkan Sebelum Berolahraga di Cuaca yang Panas

Cuaca musim panas memang membawa banyak kelebihan, tetapi ketika berbicara tentang  berolahraga, sulit untuk merasa senang dengan suhu panas yang "menyiksa" saat latihan terutama jika Anda adalah orang yang mudah (dan sangat banyak) berkeringat.

Tapi, kita semua tahu bahwa olahraga merupakan aktivitas yang layak untuk ditekuni, meskipun suhu dapat membawa tantangan tersendiri. Untuk itu, Bazar berbincang dengan pelatih pribadi terkemuka, Bianca Errigo untuk memberi kami beberpa saran untuk berolahraga dengan aman di cuaca panas.

TAHAP PERSIAPAN

Jika Anda akan berolahraga di luar ruangan, maka penting untuk rencanakan rute atau lokasi Anda dan pastikan akan ada tempat-tempat berlindung di beberapa titik-titik. Selain itu, penting untuk menghindari mengonsumsi kafein sebelumnya, karena ketika berada dalam cuaca alam yang panas, kita perlu menahan diri meminum air dan kafein. Kemudian, pilih pakaian Anda dengan bijak. Bahan ringan dan breathable sangat cocok untuk sesi latihan di musim panas, dan jangan lupakan topi serta tabir surya!

MANDI AIR DINGIN SEBELUM OLAHRAGA

Bahkan sebelum latihan Anda dimulai, Anda mungkin perlu mandi air dingin. Setelah Anda selesai mandi, tinggalkan alat pengering rambut dan biarkan rambut basah menemani aktivitas olahraga di luar ruangan untuk  membantu Anda tetap segar selama berolahraga.

HIDRASI

Bawa sebotol penuh air (setidaknya 750ml untuk sesi olahraga satu jam) dan jika Anda berencana untuk durasi olahraga yang lebih lama (lebih dari 45 menit) pikirkan minuman olahraga dan minuman rehidrasi.

Pastikan juga Anda selalu terhidrasi dengan baik sebelumnya, dengan cara  minum air secara teratur menjelang latihan Anda, dan pastikan Anda terus minum sepanjang hari sesudahnya juga.

TETAPKAN WAKTU OLAHRAGA

Waktu paling tepat (dan yang dianjurkan) ketika berolahraga adalah saat fajar. Meskipun malam hari lebih baik daripada sesi latihan di waktu makan siang terutama dalam cuaca panas yang ekstrem, untuk mendapatkan udara yang paling tidak lembap, Anda harus bangun lebih pagi dan menyelesaikan olahraga Anda terlebih dahulu. Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dari semua endorfin yang mendukung aktivitas Anda sepanjang hari.

TAHU KAPAN HARUS BERHENTI

Dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa terlalu memaksakan diri, jangan takut untuk berhenti.

Pikirkan tentang menyediakan waktu istirahat yang lebih lama di antara set atau latihan untuk memberikan waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh Anda selama masa olahraga, dan pastikan Anda melakukan peregangan yang tepat dan benar setelah latihan untuk membantu tubuh dan otot rileks secara perlahan.

(Penulis: Anya Meyerowitz; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)