Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Terungkap, Ini Kisah Di balik Setelan Pink Ikonis yang Dikenakan oleh Putri Diana saat Pergi Berbulan Madu

Setelan berwarna pink yang dikenakan oleh Putri Diana rupanya dibuat hasil 'percampuran" yang tak terduga.

Terungkap, Ini Kisah Di balik Setelan Pink Ikonis yang Dikenakan oleh Putri Diana saat Pergi Berbulan Madu

Menjadi salah satu pakaian ikonis yang pernah dikenakan oleh Putri Diana, rupanya ada kisah menarik di baliknya yang menarik untuk Anda simak lebih lanjut. Setelah menikah di St Paul's Cathedral, Diana terlihat mengenakan setelan jas dengan detail ruffle saat pergi berbulan madu dengan Pangeran Charles. Ansambel berwarna pink yang dibuat oleh para desainer di Bellville Sassoon rupanya hampir tidak mengizinkan Putri Diana masuk ke dalam toko mereka.

Seperti ceritanya, saat itu Diana Spencer mengunjungi toko Bellville Sassoon di London tak lama setelah ia bertunangan dengan Pangeran Charles. Wanita berusia 19 tahun itu sedang mencari pakaian untuk foto pertunangannya. Saat itu toko hampir tutup dan, tanpa mengenali Diana, para staf mengatakan kepadanya bahwa department store Harrod "sudah dekat." Di sanalah Diana memilih setelan Corjana biru yang sekarang menjadi ikon.

"Anda dapat membayangkan bagaimana perasaan Belinda [Bellville] dan David [Sassoon] ketika mereka menyadari 'kesalahan' stafnya," ungkap Kurator Matthew Storey. Saat ini, Matthew sedang menyelenggarakan pameran mode bertajuk Royal Style in the Making, yang menampilkan sejumlah pakaian ikonis milik Diana, termasuk gaun pengantinnya.


Tak lama setelah pernikahannya, Putri Diana tampak mengganti pakaiannya dengan mengenakan ansambel berwarna pink dan melambaikan tangan kepada para penonton.

Karena Diana ditolak, Matthew mengungkapkan bahwa kolaborasi antara Diana dan Belville Sassoon "hampir tidak terjadi." Namun, sang Putri memberanikan diri untuk kembali ke toko, kemudian disambut dengan tangan terbuka, dan memulai hubungan yang lama dengan merek tersebut. Belville Sasson adalah label yang menciptakan setelan bulan madu berwarna pink hanya untuknya—dan pakaian itu sekarang juga sedang dipajang di pameran Royal Style. Rupanya, ada dua versi untuk pakaian tersebut: satu dengan lengan pendek dan satu dengan lengan lebih panjang, yang dapat dikenakan tergantung pada cuaca. Sketsa yang dirancang oleh David Sassoon muncul di pameran, tepatnya di samping setelan yang dipajang tersebut.

Sang Putri jelas puas dengan pakaian bulan madu dan terus mengenakannya pada beberapa kesempatan lain, termasuk pada turnya di tahun 1983 ketika bertolak ke Australia. Setelan pink, bersama dengan gaun pengantin Diana, akan dipajang di Istana Kensington hingga Januari 2022. Untuk informasi lebih lanjut dan untuk memesan tiket, kunjungi hrp.org.uk.


Putri Diana terlihat mengenakan setelan pink versi lengan panjang saat mengunjungi Australia pada tahun 1983.

(Penulis: Annie Goldsmith; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)