Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hitung Asupan Kalori Lewat 5 Aplikasi Ini

Selain rutin berolahraga, bobot tubuh ideal dapat tercapai berkat asupan kalori yang terjaga dengan baik. Bagaimana cara menghitungnya?

Hitung Asupan Kalori Lewat 5 Aplikasi Ini

Dalam genggaman smartphone ataupun tablet mungil Anda, sejumlah aplikasi berikut akan mempermudah perhitungan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

1. LoseIt!
Cara menggunakan LoseIt! sangat mudah, yakni dengan mengetik target berat badan agar aplikasi ini otomatis menghitung kalori yang Anda butuhkan untuk mencapai bentuk tubuh yang diidamkan. Tak hanya itu, LoseIt! juga terhubung dengan komunitas aktif di mana Anda bisa berdiskusi dan bergabung dalam tantangan sehat yang seru untuk dilakukan.

2. MyFitnessPal
Berdasarkan bobot tubuh Anda, MyFitnessPal mampu merekomendasikan jumlah kalori yang sebaiknya dikonsumsi per hari. Keistimewaan App ini terletak pada daftar makanan yang lengkap serta kemampuannya untuk mengunduh resep dari internet sekaligus mengkalkulasi kadar gula dan protein.

3. Fooducate
Berapakah jumlah kalori dari sekotak sereal yang baru saja Anda beli dari toko? Scan saja barcode-nya lewat aplikasi ini agar Anda lebih bijak dalam memilih makanan untuk ke depannya. 

4. My Diet Diary
Bagaikan kawan sejati, My Diet Diary senantiasa mengingatkan Anda soal berapa sisa karbohidrat dan lemak yang boleh dimakan sampai penghujung hari, termasuk reminder untuk berolahraga dan juga meminum air secara cukup.

5. Cron-o-meter
Lewat tampilan grafik simpel, aplikasi ini menjabarkan jumlah kalori per porsi sesuai jenis makanan yang Anda lahap. Selain itu, Cron-o-meter juga memperhitungkan diet yang sedang Anda anut seperti contohnya paleo demi menyesuaikan standar nutrisi yang harus diasup.

 

(Foto: Odua Images/ShutterStock/Click Photos)