Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Selebriti Dengan Busana Terbaik di Met Gala 2024

Dari Zendaya mengenakan Margiela hingga Greta Lee mengenakan Loewe.

10 Selebriti Dengan Busana Terbaik di Met Gala 2024
Courtesy of Bazaar US

Pada pratinjau pameran musim semi Met Costume Institute pagi ini, “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion,” kurator Andrew Bolton mengatakan tujuan dari lebih dari 250 karya yang dipamerkan adalah untuk melibatkan semua indra. Jadi, meskipun selalu ada potongan arsip yang dapat dilihat dalam koleksi, ada juga kreasi yang dapat dicium, disentuh, dan bahkan didengar. Untungnya, red carpet Met Gala 2024 menghadirkan tontonan sensorik yang sama menariknya, dengan penampilan yang terasa seperti diambil dari busana halus “Garden of Time” (yang merupakan dress code tahun ini).

BACA JUGA: Bagaimana Agar Anda Dapat Diundang ke Met Gala?

Berikut adalah 10 penampilan terbaik malam itu, mulai dari gaun Galliano milik Zendaya hingga penampilan Loewe milik Greta Lee.

1. Zendaya mengenakan Margiela

Courtesy of Bazaar US

Zendaya adalah salah satu orang pertama yang berjalan di karpet merah malam ini, dalam balutan gaun Margiela khusus karya John Galliano—referensi yang jelas pada koleksi busana musim semi 1999 sang desainer untuk Dior. Dengan riasan dari Pat McGrath dan topi baja dari Philip Treacy, bintang Challengers itu menampilkan tampilan yang menurut internet tidak ada catatannya.

Namun karena ini adalah Zendaya, ia memberi kita semua hal lain untuk ditulis ketika ia muncul dalam tampilan lain untuk menutup karpet: Givenchy Spring 1996 couture gown dari Givenchy, dengan hiasan kepala karangan bunga dari koleksi Alexander McQueen Spring 2007, oleh Philip Treacy.

2. Gigi Hadid mengenakan Thom Browne

Courtesy of Bazaar US

Bahkan sebelum malam dimulai, ada lebih banyak lagi “Bunga untuk musim semi? Lelucon inovatif dibuat di Twitter mode lebih dari biasanya. Namun gaun Thom Brown Gigi Hadid terasa seperti cara paling segar untuk menampilkan tema taman. Tampilannya disulam dengan lebih dari 2,8 juta manik-manik dan membutuhkan waktu pembuatan 5.000 jam, dengan lebih dari 70 orang yang bekerja di atasnya.

3. Rosalía mengenakan Dior

Courtesy of Bazaar US

Ketika Rosalía mendengar tema pameran Costume Institute adalah “Sleeping Beauties,” penyanyi Spanyol itu langsung membayangkan penampilannya di pesta tersebut. “Saya memikirkan tentang kecantikan tidur,” katanya kepada pewawancara, “dan tentang bagaimana ketika Anda tertidur, Anda hanya melihat semuanya berwarna hitam.” Gaun Dior yang ia kenakan merupakan kreasi ulang dari gaun Ciseaux yang dibuat pada tahun 1949, dan menurutnya gaun tersebut membuatnya merasa seperti “tulip hitam”.

4. Greta Lee mengenakan Loewe

Courtesy of Bazaar US

Greta Lee mengatakan kepada pewawancara karpet merah bahwa kekhawatiran utamanya tentang gaun Loewe-nya adalah ia tidak yakin bagaimana ia mengenakan gaun itu. Tapi satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh bintang Past Lives adalah melayaninya, seperti yang selalu ia lakukan di Loewe, merek yang menurutnya Bazaar membuatnya merasa "emo" karena betapa emosionalnya ia saat memakai dan melihatnya. (Sama.)

5. Kendall Jenner dalam arsip Alexander McQueen 1999 untuk Givenchy Couture

Courtesy of Bazaar US

Kendall Jenner memiliki tarikan arsip paling gila yang pernah kita lihat…mungkin pernah? Gaun haute couture ini dirancang oleh Alexander McQueen untuk koleksinya di Givenchy tahun 1999, dan hanya ditampilkan pada manekin sebelum dikembalikan ke arsip desainer. Itu belum pernah dipakai oleh siapa pun sampai hari ini, ketika Kendall memakainya.

6. Jennie mengenakan Alaïa

Courtesy of Bazaar US

Gaun potongan Alaïa milik Jennie Kim terinspirasi oleh penampilan yang terlihat selama pertunjukan Summer/Fall 2024 dan membutuhkan lebih dari 200 jam kerja dan pembuatan kain sepanjang 13 meter. Menurut catatan acara, koleksinya adalah tentang mereduksi keintiman menjadi sebuah esensi. Dan penampilan penyanyi Blackpink ini tentu terasa seperti inti dari Met Gala: glamor, menyenangkan, dan tampilan kulit yang pas.

7. Kaia Gerber mengenakan Prada

Courtesy of Bazaar US

Salah satu bagian dari pameran Costume Institute didedikasikan untuk mengetahui pengaruh mitos putri duyung terhadap mode. Dan meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa tampilan serba putih Kaia Gerber yang lebih halus bukanlah temanya, hal itu tentu saja terasa seperti anggukan pada makhluk akuatik, dengan sulaman berkilau seperti sisik di seluruh bagiannya. Jadi ya, menurut Metropolitan Museum of Art, ada putri duyung di taman mode abadi.

8. Venus Williams dalam Marc Jacobs

Courtesy of Bazaar US

Senada dengan itu, Venus Williams tidak memilih motif bunga dan malah mengenakan gaun bustier berbahan satin dan payet cermin karya Marc Jacobs, yang terinspirasi dari runway terbaru.

9. Michelle Williams mengenakan Chanel

Courtesy of Bazaar US

Ketika kita berpikir tentang kecantikan tidur, kita berpikir tentang dongeng—dan tidak ada seorang pun yang membuat buku cerita halus terlihat seperti Michelle Williams, yang mungkin juga seorang peri yang menyamar sebagai seorang aktor. Tampilan Chanel putihnya yang mengalir menyelimuti dirinya seperti awan yang indah, dengan lengan yang menggembung yang menonjol dari sisi tubuhnya seperti sayap yang terbang.

10. Nicole Kidman mengenakan Balenciaga

Courtesy of Bazaar US

Sementara sebagian besar peserta memilih interpretasi yang lebih literal dari “The Garden of Time” dengan potongan bunga, Demna dari Balenciaga lebih tertarik untuk mengeksplorasi aspek waktu. Setiap tamu yang mengenakan Balenciaga mengenakan tampilan yang merujuk pada tampilan lain yang sudah ada jauh sebelumnya—seperti gaun Nicole Kidman, yang terinspirasi oleh karya Cristóbal Balenciaga Haute Couture dari tahun 1951, dengan detail tingkatan bulu.

BACA JUGA:

25 Riasan dan Tatanan Rambut Terbaik dari Met Gala 2022

14 Momen Fashion Tak Terlupakan di Tahun 2021

(Penulis: Tara Gonzalez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)