Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Natalie Portman Mengatakan Wanita "Diharapkan Berperilaku" Berbeda dari Pria di Festival Film Cannes

"Anda pastinya ditentukan oleh struktur sosial yang mengelilingi diri Anda.”

Natalie Portman Mengatakan Wanita
Courtesy of Bazaar US

Natalie Portman berbicara untuk para wanita saat ia bergabung dengan sesama aktor dan aktris Hollywood di Festival Film Cannes.

BACA LAGI: Rahasia Natalie Portman Mendapatkan Tubuhnya Seperti Dewa untuk Perannya Sebagai Thor

Dalam sebuah konferensi pers untuk film barunya, May December, pada hari Minggu, ia berbicara tentang penggambaran femininity performatif dalam film tersebut. Ia berkata, "Film tersebut seluruhnya berkisah tentang kinerja dan peran berbeda yang kami mainkan di lingkungan yang berbeda, untuk orang yang berbeda, bahkan untuk diri kami sendiri."

Di film tersebut, Natalie berperan sebagai seorang aktor yang sedang meneliti seorang wanita (diperankan oleh Julianne Moore) untuk proyek film yang akan datang.

Natalie mengungkapkan bahwa sebagai manusia, kita mengambil dan diharapkan memainkan peran yang berbeda, tidak hanya di layar, tetapi juga di banyak bagian kehidupan nyata kita. “Aspek ini, bahkan di sini, kami sebagai perempuan diharapkan berperilaku secara berbeda dibandingkan dengan laki-laki,” lanjutnya. "Bagaimana kita seharusnya terlihat, bagaimana kita seharusnya membawa diri kita sendiri."

Natalie Portman
Courtesy of Bazaar US

“Ekspektasi yang diharapkan pada Anda akan selalu berbeda sepanjang waktu dan itu memengaruhi bagaimana Anda berperilaku. Ini berlaku mau Anda memercayainya atau menolaknya, atau Anda melakukan sesuatu di antaranya,” tambah Natalie. "Anda pasti ditentukan oleh struktur sosial yang mengelilingi diri Anda."

Aktris itu tidak membahas lebih dalam mengenai double standard yang ia singgung, tetapi ia pernah melakukannya di masa lalu.

Pada tahun 2019, saat mempromosikan drama fiksi ilmiahnya Lucy in the Sky (berdasarkan kisah nyata tentang astronot wanita yang mengalami kesulitan untuk beralih kembali ke kehidupan normal di Bumi setelah misinya), Natalie mencatat bahwa wanita dan pria tidak sering dirayakan untuk kualitas yang sama.

"Perilaku yang sama dapat dikategorikan sangat berbeda antara pria dan wanita, dan itulah yang terjadi di film tersebut," ungkap Natalie dalam sebuah wawancara untuk Build Series. “Orang-orang pertama yang pergi ke luar angkasa, mereka setuju untuk mengikatkan diri pada sebuah bom… Mereka semua sangat brilian, ilmuwan, pilot, dan insinyur, tetapi mereka juga pemberani. Kemudian ketika [karakter Natalie] melakukan sesuatu yang berani … ia ditegur karena itu sembrono. Jadi Anda lihat bahwa … kualitas yang sama yang mungkin dirayakan pada satu orang mungkin tidak dibanggakan pada jenis kelamin lain.”

BACA LAGI:

Natalie Portman Memadukan Setelan Rok Berwarna Petal-Pink dengan Bra Crochet Saat di Roma

Natalie Portman Tampil Seperti Frida Kahlo dengan Gaun Mini Berwarna Merah dan Headpiece Floral

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR US)