Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tren Rambut Ekstra Panjang yang Lebih Populer dari Sebelumnya

Ini adalah sebuah 'quiet luxury' versi panjang rambut.

Tren Rambut Ekstra Panjang yang Lebih Populer dari Sebelumnya
Courtesy of Bazaar UK

Meskipun tampaknya seorang A-lister melakukan debut potongan rambut bob pendek setiap hari, wajah terkenal lainnya akan tampil dengan rambut ultra panjang.

Meghan Markle, Gigi Hadid, Priyanka Chopra, Margot Robbie, dan Victoria Beckham semuanya baru-baru ini memilih gaya rambut dengan panjang yang signifikan, meningkatkan estetika sederhana ke status of-the-moment, atau terkini.

BACA LAGI: 10 Potongan Terbaru untuk Rambut Ikal di 2023

Kenapa sekarang?

"Panjang rambut yang ekstrim adalah jenis sinyal kekayaan," ungkap Tom Smith, penata rambut dan peramal tren, kepada Harper's Bazaar. “Biasanya kita melihat rambut yang sangat panjang dengan gelombang yang mudah dan santai, dan warna multi-tonal yang halus, dan ini semua mencerminkan gaya hidup 'quiet luxury'”, yaitu membisikkan kekayaan melalui kode busana yang bersahaja.

"Rambut ekstra panjang memberikan kesan keren yang effortless, berlawanan dengan potongan pendek dan terstruktur yang dapat dianggap sebagai perawatan yang lebih tinggi."

Cara mendapatkan rambut ekstra panjang

Salah satu alasan mengapa rambut ekstra panjang semakin populer adalah karena mencapai panjang yang "mungkin lebih panjang dari sebelumnya," tambah Tom, terutama "berkat kemajuan dalam ilmu perbaikan rambut". Ia adalah pendukung besar penggunaan No.3 Hair Perfector dari Olaplex, "setidaknya setiap tiga kali keramas, untuk meminimalkan kerusakan mikro yang dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan rambut Anda".

Perawatan dan produk perbaikan ‘ikatan’ rambut, dari merek seperti Olaplex dan K18, sekarang menjadi bahan pokok di salon dan di rumah.

Penata rambut Sharon Landmann, pendiri salon Lulu Blonde, menjelaskan bahwa mereka "memulihkan ikatan rambut yang rusak dan kehilangan elastisitas yang disebabkan oleh pewarnaan dan penataan panas termal, serta memperkuat rambut yang rapuh secara alami".

Untuk pencegahan, ia juga merekomendasikan perawatan kelembapan lemak lipid seperti Elasticizer dari Phillip Kingsley "untuk penggunaan rutin yang penting agar menjaga kelembutan dan kilau dengan menyegel kutikula dan mempertahankan kelembapan pada rambut".

Priyanka Chopra
Courtesy of Bazaar UK

Tentu saja, tidak semua gaya rambut ultra panjang 'ditanam' secara natural di rumah. Sering kali, extension rambut digunakan. "Meskipun banyak selebritas bergantung pada penggunaan extension, rambut panjang yang kita lihat sekarang ditata dengan gelombang yang santai dan memanjang. Ini memberikan kesan tampilan mudah dan tidak selesai, dibandingkan tampilan uber-glam," catat Tom.

"Ini sebenarnya lebih sulit dicapai dengan extension, karena Anda ingin menghindari ketebalan buatan, sehingga extension apa pun harus dipotong dengan cerdik dengan cara yang lebih lembut dan lebih cair sehingga tidak ada garis tumpul yang terlihat."

Menggunakan extension rambut untuk panjang

“Extension bukanlah opsi ‘pemeliharaan rendah’, atau low maintenance, dan harus disesuaikan setiap enam hingga 14 minggu, tergantung pada metode yang digunakan,” jelas Tom.

“Penata extension rambut yang berpengalaman sangat penting, dan mereka harus dirawat dengan baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih lembut dan halus untuk menghilangkan kusut dan penataan, serta tidak pernah mengikat rambut atau tidur saat rambut dalam keadaan masih basah.”

Untuk mencapai panjang ekstra panjang, Tom menggunakan “kombinasi extension pita ekstra kecil dengan tape membrane tak terlihat yang tersembunyi jauh di bawah tubuh rambut, dengan extension kecil yang diikat di sekitar garis rambut dan lebih tinggi sehingga perpaduannya sempurna dan extension sebagian besar tidak terdeteksi.”

Namun, extension rambut harus dipilih dan didapatkan berdasarkan kasus masing-masing. Seperti yang dikatakan Sharon, "setiap jenis rambut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi penting untuk memilih jenis yang paling cocok untuk jenis rambut Anda, panjang rambut saat ini, dan gaya hidup".

Margot Robbie
Courtesy of Bazaar UK

Cara menata rambut ekstra panjang

Mengesampingkan panjangnya rambut, untuk gaya rambut terbaru saat ini, less is more dalam hal penataan, menurut Tom.

“Hindari menata dengan rol atau melakukan blow-dry besar, yang bisa membuat rambut yang sangat panjang terasa sedikit kuno,” sarannya. Ya, glamour bombshell juga sedang tren sekarang, "tapi ini biasanya terlihat paling terkini pada rambut yang berada tepat di bawah bahu," tambahnya. Sebaliknya, ia menyarankan tekstur pada rambut panjang dengan “memutar atau mengepangnya secara longgar semalaman untuk mengaturnya dalam gelombang yang santai, atau ketika Anda ingin melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan, putar bagian acak dengan catokan pelurus rambut dan kemudian sisir saat masih hangat untuk mendapatkan sedikit volume”.

Jika Anda memiliki rambut kasar, frizzy, atau keriting alami, perawatan keratin adalah pilihan yang bagus untuk menghaluskan rambut dalam jangka panjang, tambah Sharon.

“Keratin adalah protein struktural yang dikombinasikan dengan protein sutera alami yang menghaluskan setiap helai rambut, membuat rambut terlihat dan terasa lebih halus sekaligus secara dramatis mengurangi waktu pengeringan. Perawatan keratin juga mengusir kelembapan lingkungan yang menyebabkan rambut kusut.”

Perawatan keratin berlangsung antara tiga dan lima bulan dan secara bertahap hilang, meninggalkan rambut dalam keadaan alami setelahnya tanpa pertumbuhan kembali.

Cara menjaga kesehatan rambut ekstra panjang

Regimen perawatan rambut di rumah yang tertata dengan baik sangat penting untuk mempertahankan panjang rambut yang lebih panjang jika Anda menginginkan penampilan yang sehat dan kaya seperti yang diinginkan para A-listers, terutama karena rambut panjang artinya lebih panjang di antara potongan rambut salon.

Tom merasa dasar dari setiap rutinitas untuk rambut panjang harus dimulai dengan perawatan Olaplex mingguan dan masker kelembapan mingguan, favoritnya adalah The Great Hydrator dari Evo. "Ini membuat rambut halus, lembut dan menghindari ujung kusut atau bercabang dengan menjaga kutikula terkondisi dan lentur."

Secara alami, menghindari penataan panas yang berlebihan juga disarankan, karena dapat merusak rambut alami dan extension, tambah Sharon. “Terutama bagi yang memiliki rambut panjang, rajin melakukan perawatan setelah extension itu penting dan perhatian ekstra diperlukan saat menyikat, menyisir, dan mencuci.”

Olaplex N°3 Hair Perfector

Olaplex N°3 Hair Perfector;
 
Courtesy of Bazaar UK

K18 Leave-in Molecular Repair Hair Mask

K18 Leave-in Molecular Repair Hair Mask;
Courtesy of Bazaar UK

Evo The Great Hydrator Moisture Mask

Evo The Great Hydrator Moisture Mask; Courtesy of Bazaar UK

BACA LAGI:

Tata Cara Mewarnai Rambut Peek A Boo
Tren Gaya Rambut Belah Samping Kembali Merajalela di Tahun 2023

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)