Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Setiap Kediaman Milik Keluarga Kerajaan Inggris

Istana Buckingham hanyalah sebuah permulaan.

Setiap Kediaman Milik Keluarga Kerajaan Inggris
Courtesy of Bazaar US

Istana Buckingham identik sebagai simbol keluarga kerajaan Inggris, tetapi ada sejumlah tempat tinggal yang kurang diketahui yang juga dimiliki oleh para bangsawan.

Sederet tempat tinggal ini berkisar dari rumah pribadi hingga properti milik kerajaan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Tempat-tempat seperti Istana Buckingham dan Kastil Windsor dimiliki oleh raja saat itu karena posisinya sebagai raja atau ratu, sedangkan properti lainnya, seperti Rumah Balmoral dan Sandringham, dimiliki secara pribadi dan tidak didanai publik.

BACA LAGI: Semua Aturan Mengenai Budi Bahasa dan Tata Cara Hormat untuk Keluarga Kerajaan Inggris

Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui segalanya tentang tempat tinggal bangsawan favorit Anda.

Istana Buckingham 

Istana Buckingham 
Courtesy of Bazaar US

Pastinya yang paling terkenal dari semua properti kerajaan, Istana Buckingham telah menjadi kediaman resmi raja Inggris di London sejak 1837.

Istana Buckingham juga merupakan pusat administrasi Ratu Elizabeth II, dan bangunan yang mengesankan ini sering menjadi tempat untuk banyak acara, resepsi, dan upacara.

Istana tersebut memiliki 775 kamar yang menakjubkan, 92 kantor, dan 78 kamar mandi, serta sekitar 800 anggota staf tinggal di sana.

Istana saat ini sedang menjalani renovasi besar senilai $500 juta yang akan selesai pada tahun 2027.

Kastil Balmoral

Kastil Balmoral
Courtesy of Bazaar US

Balmoral adalah properti pribadi yang berlokasi di Royal Deeside, Aberdeenshire, Skotlandia.

Ratu Victoria dan Pangeran Albert membelinya pada tahun 1852. Selama bertahun-tahun, tempat itu berfungsi sebagai rumah musim panas Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Rumah Clarence

Rumah Clarence
Courtesy of Bazaar US

Rumah Clarence adalah kediaman resmi Raja Charles III dan Camilla, Ratu Permaisuri, di London yang dimiliki oleh keluarga kerajaan.

Raja baru tersebut, yang naik takhta pada September 2022, masih tinggal di Rumah Clarence dan menggunakan Istana Buckingham untuk bekerja.

Rumah Clarence adalah rumah Queen Mother di London dari tahun 1953 hingga 2002, dan juga rumah Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip setelah mereka menikah pada tahun 1947. Putri Anne lahir di Rumah Clarence pada tahun 1950.

Jika ingin berkunjung, Rumah Clarence biasanya dibuka untuk umum pada bulan Agustus setiap tahunnya. Para tamu dapat melihat koleksi seni Queen Mother dan Garden Room, yang menghadap ke taman Rumah Clarence.

Anmer Hall

Anmer Hall
Courtesy of Bazaar US

Anmer Hall adalah rumah pedesaan dengan 10 kamar tidur di perkebunan Sandringham milik pribadi raja di Norfolk, Inggris.

Rumah itu adalah hadiah pernikahan untuk Pangeran William dan Putri Kate dari Ratu Elizabeth ketika mereka menikah, dan pasangan itu tinggal di sana hingga 2017, ketika mereka pindah ke Istana Kensington di London.

Bagshot Park

Taman Bagshot
Courtesy of Bazaar US

Bagshot Park adalah kediaman milik kerajaan yang terletak di dekat desa Bagshot, Surrey.

Sekarang, tempat ini adalah rumah Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex. Rumah aslinya dibangun pada tahun 1600-an, tetapi dihancurkan sekitar tahun 1875.

Putra ketiga Ratu Victoria, Pangeran Arthur, pernah tinggal di properti itu, dan Raja Stuart seperti Raja James dan Raja Charles, menggunakan Bagshot Lodge yang orisinal sebagai pangkalan untuk perjalanan berburu. Kebun dan pekarangan kediaman terdaftar di Daftar Taman dan Kebun Bersejarah.

Birkhall

Birkhall
Courtesy of Bazaar US

Birkhall adalah bagian dari perkebunan Balmoral dan berfungsi sebagai kediaman pribadi Raja Charles dan Camilla saat mereka sedang liburan musim panas. Tempat ini juga merupakan bekas rumah Ratu Elizabeth, Queen Mother. Ia pernah menggambarkannya sebagai "rumah kecil yang besar".

Gatcombe Park

Taman Gatcombe
Courtesy of Bazaar US

Taman Gatcombe atau Gatcombe Park adalah kediaman pedesaan Putri Anne di Gloucestershire, Inggris. Rumah dan pertanian milik pribadi tersebut dibeli oleh Ratu Elizabeth pada tahun 1976 untuk Anne dan suaminya saat itu, Kapten Mark Phillips.

Zara Tindall, putri dari Putri Anne, juga tinggal di Gatcombe bersama suaminya, Mike Tindall, dan kedua anak mereka.

Rumah Highgrove

Rumah Highgrove
Courtesy of Bazaar US

Rumah Highgrove atau Highgrove House terletak di dekat Tetbury di wilayah Gloucestershire, Inggris, dan merupakan rumah keluarga Raja Charles dan Camilla. Duchy of Cornwall (tanah pribadi Raja Charles) membeli Highgrove pada tahun 1980, dan Charles dan Putri Diana awalnya menggunakannya sebagai rumah akhir pekan setelah pernikahan mereka pada tahun 1981.

Seperti catatan situs resminya, Charles memilih lokasi di Gloucestershire karena aksesnya yang mudah ke London, Wales, dan bagian Inggris lainnya. Rumah ini paling dikenal dengan tamannya yang indah.

Kastil Hillsborough

Kastil Hillsborough
Courtesy of Bazaar US

Kastil Hillsborough milik kerajaan adalah kediaman Sekretaris Negara untuk Irlandia Utara yang dimiliki Mahkota, dan juga merupakan kediaman resmi anggota keluarga kerajaan Inggris ketika mereka mengunjungi Irlandia Utara.

Pada tahun 2005, Ratu Elizabeth bertemu dengan Mary McAleese, yang saat itu menjabat sebagai presiden Irlandia, di Hillsborough. Menurut Historical Royal Palaces (sebuah badan amal independen yang menjaga bangunan bersejarah seperti Menara London dan Istana Kensington), pertemuan ini menandai pertama kalinya raja Inggris bertemu dengan kepala Irlandia merdeka di pulau Irlandia yang sebenarnya.

Istana Kensington

Istana Kensington
Courtesy of Bazaar US

Istana Kensington milik kerajaan adalah tempat kelahiran dan rumah masa kecil Ratu Victoria, dan sejak itu telah menjadi tuan rumah bagi banyak bangsawan. Raja Charles dan Putri Diana, tinggal di Istana Kensington bersama anak-anak mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry, dan tetap menjadi kediaman resmi Diana setelah perceraian mereka, sampai kematiannya pada tahun 1997.

Kensington sekarang paling dikenal sebagai kediaman Pangeran William dan Putri Kate di London. Pasangan itu tinggal di Apartemen 1A dengan 20 kamar, yang dulunya adalah kediaman Putri Margaret.

Ivy Cottage, Wren House, dan Nottingham Cottage

Ivy Cottage, Wren House, dan Nottingham Cottage
Courtesy of Bazaar US

Ivy Cottage, Wren House, dan Nottingham Cottage adalah properti yang lebih kecil di lahan Istana Kensington. Ivy Cottage saat ini menjadi rumah Putri Eugenie dan suaminya Jack Brooksbank, dan menandai bersama mereka yang pertama.

Nottingham Cottage pernah menjadi rumah bagi Pangeran Harry dan Duchess Meghan, dan juga memiliki penghuni terkenal lainnya. Robert Fellowes dan istrinya, Lady Jane Fellowes, saudara perempuan Putri Diana, pernah tinggal di sana, sementara Pangeran William dan Putri Kate tinggal di pondok sebelum pindah ke Apartemen 1A di Istana Kensington pada 2013.

Llwynywermod

Llwynywermod
Courtesy of Bazaar US

Llwynywermod adalah rumah Welsh dari Raja Charles dan Camilla. Duchy Cornwall membelinya pada tahun 2007 dan para pengrajin serta kontraktor lokal Welsh memperbarui rumah pertanian tersebut. Situs web Charles mencatat bahwa bahan lokal Welsh dipakai untuk proyek tersebut, serta tekstil Welsh digunakan untuk mendekorasi interior.

Keduanya tinggal di properti itu selama tur musim panas tahunan mereka di Wales ketika Charles masih menjadi Pangeran Wales.

Istana Hollyroodhouse

Istana Hollyroodhouse
Courtesy of Bazaar US

Istana Holyroodhouse adalah kediaman resmi Ratu Elizabeth milik kerajaan ketika ia berada di Skotlandia; setelah kematiannya, kediaman itu milik Raja Charles.

Rumah Sandringham

Rumah Sandringham
Courtesy of Bazaar US

Terletak di Norfolk, Inggris, Rumah Sandringham adalah kediaman pribadi keluarga kerajaan lainnya. Rumah Sandringham adalah kediaman pedesaan untuk Raja Edward VII pada tahun 1862. Ratu Elizabeth mewarisinya dari ayahnya pada tahun 1952, dan Pangeran Philip bertanggung jawab atas pengelolaannya.

Sang almarhum ratu biasanya merayakan Natal di Sandringham bersama anggota keluarga kerajaan lainnya, dan mereka mengunjungi Gereja St. Mary Magdalene, yang terletak di perkebunan, untuk kebaktian.

Istana St. James

Istana St. James
Courtesy of Bazaar US

Istana St. James adalah kediaman raja dan ratu Inggris selama lebih dari 300 tahun hingga masa pemerintahan Ratu Victoria. Hari ini, tempat itu menjadi kediaman Putri Anne dan Putri Alexandra di London (sepupu pertama Ratu), dan istana tersebut juga menjadi tuan rumah resepsi untuk acara amal yang terkait dengan anggota keluarga kerajaan, serta para pengunjung selama kunjungan kenegaraan.

Putri Beatrice pernah tinggal di kediaman tersebut, tetapi sejak itu pindah ke rumah pertanian Cotswolds bersama suaminya Edoardo Mapelli Mozzi.

Seperti yang dijelaskan situs web keluarga kerajaan, Istana St. James juga memiliki kegunaan lain yang sangat penting. Setelah kematian seorang raja, Accession Council bertemu di Istana St. James. Di sana, para Garter King of Arms secara resmi mengumumkan kenaikan raja atau ratu baru dari Galeri Proklamasi istana.

Thatched House Lodge

Thatched House Lodge
Courtesy of Bazaar US

Thatched House Lodge telah menjadi kediaman kerajaan sejak 1963, ketika Putri Alexandra pindah ke sana setelah menikah dengan tuan Angus Ogilvy, yang secara pribadi membeli tanah itu. Properti ini berada di London barat daya, dan berisi rumah utama, rumah musim panas, pondok tukang kebun, kandang kuda, dan bangunan lainnya.

Royal Lodge

Royal Lodge
Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 1931, Raja George V memberikan Royal Lodge kepada Duke dan Duchess of York, yang kemudian menjadi Raja George VI dan Ratu Elizabeth, Queen Mother, sebagai rumah pedesaan.

Mendiang Queen Mother terus menggunakan rumah itu sebagai salah satu retret pedesaannya sampai kematiannya di pondok tersebut pada tahun 2002. Pada Agustus 2003, Pangeran Andrew, yang juga memiliki apartemen di Istana Buckingham, meminta perjanjian sewa Royal Lodge dari Crown Estate.

Kastil Windsor

Kastil Windsor
Courtesy of Bazaar US

Kastil Windsor telah menjadi rumah dan benteng kerajaan selama lebih dari 900 tahun, dan saat ini merupakan kastil terbesar yang ditempati di dunia.

BACA LAGI:
Simak Urutan dan Detail Para Pemimpin Kerajaan Inggris
Pangeran Louis Bikin Banyak Ekspresi Wajah yang Menggemaskan Selama Acara Paskah Kerajaan

(Penulis: Temi Adebowale dan Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR US)