Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jakarta International BNI Java Jazz Festival Ke-17 Kembali Hadir di Tahun Ini

Diberi tajuk "Rising Through Music", Java Jazz Festival 2022 ini akan berlangsung selama 3 hari dengan 10 panggung outdoor dan indoor.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival Ke-17 Kembali Hadir di Tahun Ini
Courtesy of Instagram @javajazzfest

Jakarta International BNI Java Jazz Festival edisi ke-17 akhirnya kembali digelar dan tepatnya akan berlangsung pada tanggal 27, 28, dan 29 Mei 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Indonesia. Para pencinta dan penikmat musik kini dapat kembali bersenang-senang melihat penampilan beragam musisi di satu acara secara offline.

Setelah absen satu tahun lamanya, program pertunjukan ini akan membuat para penyuka musik Jazz dan turunannya mendapatkan pengalaman tak terlupakan dalam wujud 3 hari festival di 10 panggung outdoor dan indoor. "Kami berusaha sebaik mungkin untuk bangkit dan mempersiapkan segala hal demi kenyamanan dan keamanan pengunjung festival mulai dari protokol kesehatan yang sesuai dengan regulasi pemerintah, keunikan booth exhibitor dan instalasi seni yang hadir, serta area food court dan food truck yang variatif untuk dinikmati," ujar Dewi Gontha, Direktur Utama Java Festival Production.

Tentunya, akan ada banyak hal istimewa diupayakan di festival ini mulai dari kolaborasi antara musisi muda, maestro, dengan musisi legendaris. Penampilan daur ulang lagu hits sepanjang masa dengan aransemen yang baru, hingga kolaborasi musisi mancanegara dengan musisi lokal yang tentunya spesial. Festival akan dibuka di hari Jumat 27 Mei 2022, dengan special show dari JOJO yang akan tampil di BNI Hall D2. Lalu, ada proyek spesial The Bakuucakar yang akan menampilkan lagu-lagu hits dari mendiang Glenn Fredly dengan tamu kejutan di panggung seperti Maestro Erwin Gutawa yang berkolaborasi dengan Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak dan Andmesh, serta penyanyi Jazz Adikara Fardy yang berkolaborasi dengan Ron King Big Band.

Sementara itu, Sabtu 28 Mei menjadi hari penuh kolaborasi dimulai dari MLDJAZZ PROJECT yang berkolaborasi dengan Kaleb J, Budi Doremi dan Basboi, kolaborasi spesial antara komposer legendaris Candra Darusman dengan penyanyi tanah air yang penuh talenta Dira, Sandhy Sondoro, Rifan Kalbuadi dan Natasya Elvira, kolaborasi spesial antara Ahmad Dhani dan Ron King Big Band yang tentunya akan memberi warna spesial, ARTI ( Arsy Widianto dan Tiara Andini), PJ Morton seorang pemenang Grammy Awards yang akan bermain di BNI Hall D2 dan menjadi Special Show, Yamaha Music Project “It’s Time!” yang akan menyuguhkan penampilan special dari Andmesh Kamaleng, Rendy Pandugo, dan Ziva Magnoly, dan masih banyak lagi.

Untuk hari Minggu 29 Mei, The Temptations Rev feat Glenn Leonard akan menampilkan special show. Ada juga Kenny Gabriel "The Playground Live Session" yang merupakan kolaborasi beberapa vokalis dengan genre yang berbeda dan akan menggunakan special wardrobe dari Percaya Projex - Grab. Barry Likumahuwa & The Rhytm Service merupakan ekperimental bermusik dari BLP yang ditampilkan dengan konsep kekinian ditambah dengan guest star special. Terakhir, ada kolaborasi musik dari sang legendaris Fariz RM yang akan menunjukkan penampilan terbaiknya bersama dengan Oslo Ibrahim dan Faye Risakota. 

Selain pertunjukan musik, nantinya ada beragam pengalaman yang ditawarkan oleh BNI yang mengajak komunitas e-Sport hingga adanya Metaverse Experience di Booth Digital Experience milik BNI. Selain itu, BonCabe turut memeriahkan helatan ini dengan menghadirkan BonCabe stage di JJF 2022 yang akan menghadirkan musisi ternama lokal maupun mancanegara.

Askrindo pun turut terlibat dengan memberikan perlindungan terhadap gelaran Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2022. PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo menjadi mitra resmi Asuransi Kecelakaan Diri pada gelaran akbar ini dan sebelumnya telah berpengalaman dalam memberikan perlindungan serupa untuk Prambanan Jazz Festival, Yogyakarta. Direktur Operasional Askrino, Erwan Djoko Hermawan menjelaskan, "Pemegang tiket java jazz nantinya harus melakukan download aplikasi digiask by Askrindo dan memilih produk Java Jazz Festival dan secara otomatis terproteksi oleh Asuransi Kecelakaan Diri Askrindo. Begitu juga dengan semua artis beserta crew. Ini menjadi ajang yang baik untuk memperkenalkan Askrindo lebih dekat dengan masyarakat."

(FOTO: Courtesy of Java Jazz Festival)