Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Gaun Bridesmaid Pilihan untuk Hari Besar Anda

Saatnya untuk mengubah kode gaun pengantin tradisional.

8 Gaun Bridesmaid Pilihan untuk Hari Besar Anda
Courtesy of BAZAAR UK

Bisa dikatakan pada tahun 2022 bahwa gaun pengiring pengantin putih tidak lagi tabu.

Pandemi dan gangguan-gangguan selanjutnya pada aturan berpakaian dan daftar tamu telah membuat calon pengantin memikirkan kembali pernikahan tradisional. Maupun itu menukar gaun meringue dengan setelan celana panjang atau slip dress, atau memikirkan cara untuk memakai penampilan pengantin lagi setelah upacara.

Ada gagasan kuno yang mengatakan bahwa warna tertentu menandakan kemurnian telah lama diabaikan, jadi mengapa gagasan bahwa warna lain tidak akan diunggulkan? Ada ruang untuk lebih dari satu wanita di sebuah ruangan – bahkan jika itu adalah 'hari besar' Anda – dan bahkan ada rasa solidaritas dalam mencocokkan dengan orang-orang terpenting lainnya dalam hidup Anda.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Jika perlu sedikit diyakinkan, lihat semua wanita bergaya yang telah memilih gaun pengiring pengantin putih dalam dekade terakhir. Kate Moss menempatkan gadis bunganya di tempat teduh ini saat memilih warna off-white dirinya pada tahun 2011, dan Duchess of Cambridge tampak cantik bersama saudara perempuan Pippa Middleton - juga berpakaian putih - selama pernikahan kerajaannya dengan Pangeran William di tahun yang sama.

Kim Kardashian terlihat serasi dengan saudara perempuan, teman, dan ibunya Kris Jenner untuk pernikahannya dengan Kris Humphries dan Kanye West. Namun, perintis Solange Knowles mengambil satu langkah lebih jauh di hari besarnya; mendorong seluruh pesta pernikahannya, termasuk saudara perempuannya Beyonce dan saudara iparnya, Jay Z, untuk mengenakan pakaian putih untuk dampak yang maksimal.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Pertanyaannya, gaun pengiring pengantin putih mana yang terbaik? Itu benar-benar tergantung pada formalitas pernikahan. Jika Anda menginginkan kemewahan, apa pun yang dipotong dari renda, sutra, satin, tulle, organza, dan sifon sudah cukup. Namun, untuk membuat semuanya terasa kontemporer, hindari rok berlapis, hooping dan boning untuk pengiring pengantin Anda.

Pilihan paling berkelanjutan untuk pesta pengantin Anda adalah sesuatu yang akan mereka kenakan lagi. Pilihan broderie anglaise dan sifon manik-manik Kate Moss, bersama dengan siluet sederhana (pikirkan maxis pinggang yang turun dan midis garis kerajaan) dan mahkota bunga mencontohkan vibe indie yang mudah selama waktu itu. Sekarang, versi 2022 ini adalah Scandi keren yang sederhana – pikirkan midi katun tebal dengan lengan mengembang yang akan berfungsi ganda sebagai gaun malam setelah pernikahan, atau apa pun oleh Cecilie Bahnsen.

Untuk melihat pilihan pengiring pengantin kulit putih terbaik yang diedit Bazaar untuk berbelanja pada tahun 2022, simak di bawah ini.

Courtesy of Instagram @noviaconbotones
Courtesy of Instagram @noviaconbotones

Gaun pengiring pengantin sutra putih adalah yang pertama dalam daftar karena suatu alasan: gaun itu mencapai keseimbangan sempurna antara mewah dan sederhana. Ketika stylist Alex Carl menikah di rumah orangtuanya di Kopenhagen 2018, dia mendandani satu pengiring pengantin dan saudara perempuannya dengan slip Halston bertali yang melengkapi gaun Self-Portrait kustomnya sendiri dengan indah.

Siluet sederhana dan bersahaja adalah paduan yang dibuat di surga dengan sutra berkilau, gading, atau putih – merek seperti Rixo, Michael Le Sordo, The Row, dan Retrofête sedang memakukannya saat ini. Namun, favorit kami untuk tahun 2022 adalah gaun halterneck asimetris Galvan:

Galvan
Galvan

Galvan

Harga sekitar Rp 30,647,460

Gaun Bridesmaid Renda Putih Terbaik

Sementara gaun pengantin renda adalah pilihan untuk pengantin mana pun, kain ini sedikit lebih rumit dalam hal pilihan pengiring pengantin. Cara termudah untuk menghindari kerewelan, dan memastikan foto Anda tidak lekang oleh waktu, adalah dengan nuansa yang lebih bohemian. Sixties Ossie Clark membawa pakaian pengantin - renda geometris, leher corong, lingkar pinggang kerajaan - ke arah yang akan selamanya chic.

Mencari gaun vintage yang serasi untuk pengiring pengantin Anda adalah tugas yang hampir mustahil, jadi kami akan merekomendasikan apa pun dengan opsi terjangkau Rixo atau Reiss di bawah ini. Dengan renda katun bergigi, rok beralur, lengan lonceng dan potongan tanpa punggung, yang satu ini dapat berfungsi ganda sebagai pakaian resor atau bahkan tampilan festival (jika Anda tidak terlalu berharga). Pengiring pengantin Anda dan planet ini akan berterima kasih kepada Anda karena telah membeli sesuatu yang dapat dikenakan lama setelah pernikahan selesai.

Reiss
Reiss

Reiss

Harga sekitar Rp 6,985,565

Jika Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih formal untuk pernikahan Anda, ada cara klasik namun kontemporer lainnya untuk memasukkan renda ke dalam penampilan pengantin. Ambil inspirasi dari Emma Roberts dan rekan pengiring pengantinnya, yang mengenakan gaun duchesse-satin dengan renda bulu mata ke pernikahan teman mereka pada tahun 2015.

Courtesy of Instagram @emmaroberts
Courtesy of Instagram @emmaroberts

Slip tinggi dari Reformation akan sempurna untuk pengiring pengantin atau pengantin yang lebih modern (pada kenyataannya, merek tersebut memiliki departemen khusus untuk gaun pengantin 'kawin lari'). Gaun elegan ini dipotong pada bias dari pesona sutra dan dipangkas dengan renda untuk memamerkan potongan kulit.

Reformation
Reformation

Reformation

Harga sekitar Rp 8,035,994

Dress Bridesmaid Terbaik Untuk Musim Panas

Gaun pengiring pengantin putih benar-benar dibuat untuk pernikahan musim panas. Dan kami tidak hanya berbicara tentang tujuan atau pernikahan pantai: hanya google upacara Caroline Brasch di kanal Kopenhagen jika Anda tidak mempercayai kita.

Courtesy of Instagram @veronikaheilbrunner
Courtesy of Instagram @veronikaheilbrunner

Iklim yang lebih hangat membutuhkan katun segar, linen louche, dan broderie anglaise romantis – kain yang tidak langsung dikaitkan dengan pakaian formal. Kuncinya di sini adalah untuk meningkatkan kain sederhana dengan detail yang rumit, sama seperti kami akan merekomendasikan potongan tipis untuk sutra dan crepes yang mewah.

Katun dapat memperoleh kualitas pra-Raphaelite yang halus saat dilapisi dengan bordir atau renda; sedangkan linen, jika dilipit atau disampirkan ala Jacquemus, dapat merasakan semua jenis kesejukan neo-klasik. Dan broderie anglaise memiliki nuansa Victoriana yang murni saat dipadukan dengan bahu yang mengembang atau kerah pernyataan – Simone Rocha adalah ahli dalam membuat tampilan ini benar-benar modern.

Ted Baker
Ted Baker

Ted Baker

Harga sekitar Rp 5,077,253

Jika Anda lebih suka menjaga segala sesuatunya tetap bersih dan kontemporer untuk pernikahan musim panas Anda, tidak terlihat lagi selain Cecilie Bahnsen. Gaun bahan matelassé dan jacquard dari desainer Denmark terasa formal dan simpel berkat lengan yang tebal, rok berjenjang, dan hemline yang lebih pendek. Tidak heran jika Caroline Brasch memutuskan merek untuk gaun pengiring pengantin dan gaunnya sendiri di hari besarnya.

Cecilie Bahnsen
Cecilie Bahnsen

Gaun Bridesmaid Terbaik Untuk Musim Dingin

Gaun pengiring pengantin putih bisa terlihat lebih mencolok di musim dingin, tetapi bisa jadi sulit untuk menemukan sesuatu yang sesuai untuk iklim yang lebih dingin. Hindari kain ringan seperti katun dan linen dan tempelkan pada sifon, crepes, atau satin yang berat. Desain Emilia Wickstead sebenarnya terbuat dari wol-crepe, yang menciptakan tirai dan struktur paling indah – belum lagi, itu akan membuat pengiring pengantin Anda tetap hangat.

Ketika datang ke kode gaun pengantin musim dingin, tidak perlu dibatasi untuk lengan panjang. Gaun slip, garis leher Bardot atau apa pun dengan spaghetti strap dapat berlapis di siang hari (tambahkan tekstur kontras dengan stola bulu palsu, atau ambil inspirasi dari tampilan pengantin kedua Kate Middleton dengan kardigan mohair yang dipotong) dan dikenakan solo untuk menari di malam hari.

Courtesy of Instagram @__holybell
Courtesy of Instagram @__holybell

Emilia Wickstead
Emilia Wickstead

Emilia Wickstead

Harga sekitar Rp 47,873,271

Gaun Bridesmaid Putih yang Terjangkau dan Menarik

Courtesy of Instagram @khloekardashian
Courtesy of Instagram @khloekardashian

Hal terbaik tentang memilih gaun pengiring pengantin putih adalah bahwa Anda telah memecahkan masalah orisinalitas sebelum Anda mulai menjelajah. Untuk perencanaan pernikahan dengan anggaran terbatas, ini bisa menjadi salah satu hambatan tersulit untuk diatasi – karena, kecuali Anda ingin gaun vintage, hanya ada beberapa toko kelas atas dengan koleksi pakaian pengantin berkualitas.

Meskipun Amy Lynn, Ghost Fashion dan Phase Eight dan selalu layak untuk dijelajahi, Whistles adalah yang teratas dalam daftar kami dalam hal penampilan pengantin yang terjangkau. Merek ini menjatuhkan gaya pengiring pengantin inti setiap musim, tersedia dalam ukuran Inggris 4-18 dan warna-warna berselera tinggi seperti mustard, hijau-kacang dan teal, di samping pastel standar Anda. Midaxi yang terinspirasi tahun 90-an ini, menampilkan belahan samping dan bagian belakang yang dipotong, juga tersedia dalam warna gading – dan berharga kurang dari Rp 3,600,000.

Whistles
Whistles

Whistles

Harga sekitar 3,500,000

Namun, dengan pesta pengantin besar, barang-barang dengan harga lebih rendah pun bisa mulai bertambah. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih terjangkau untuk pengiring pengantin Anda yang masih terasa elegan, atau Anda menginginkan faktor keberlanjutan dan 'dapat dipakai kembali', pilih gaun slip putih.

H&M
H&M

Gaun H&M terbuat dari satin gading (berasal dari serat daur ulang) yang terlihat berkilau daripada 'mengkilap', yang selalu berisiko dengan kain sintetis. Bentuk potongan bias yang sederhana dan tali spaghetti satu bahu membuat maxi ini terlihat jauh lebih mahal daripada yang sebenarnya.


Baca juga:
Inspirasi Gaun Pernikahan dari Panggung Adibusana

Panduan Estetika Populer untuk Anda Si Calon Pengantin

Penulis: Abigail Southan; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK & Instagram