Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mulai dari Fashion hingga Kuliner, Ini Rahasia Ivan Gunawan Sukses Mengelola Berbagai Macam Usaha yang Ia Miliki

'Igun' mengungkapkan segalanya kepada Dave Hendirk.

Mulai dari Fashion hingga Kuliner, Ini Rahasia Ivan Gunawan Sukses Mengelola Berbagai Macam Usaha yang Ia Miliki
(Foto: Courtesy of Instagram @ivan_gunawan)

Masih dalam episode Brunch with Dave Hendrik yang disiarkan tadi siang langsung dari Tugu Kunstkring Paleis, pewara Dave mengundang salah satu sahabatnya, seorang desainer ternama Tanah Air, Ivan Gunawan yang juga sekarang ini dikenal berkat kesuksesannya menggeluti berbagai bidang profesi mulai dari dunia fashion hingga kuliner. Berbincang dengan tema seputar cerita di balik gelar multi profesi yang dipegangnya, Igun juga tak lupa membagikan tips untuk dapat sukses menjalani berbagai macam bisnis dan cara memanfaatkan penghasilan yang didapat agar dapat semakin berbuah. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak perbincangan keduanya di bawah ini:

 “Van, Van, kita tuh janjian di Brunch with Dave ingin membahas tentang kan kamu sekarang sepertinya multi profesi sekali ya. Ivan yang pertama kali aku kenal kan berawal dari seorang desainer lalu komedian, presenter, lalu kemudian main film, itu masa dekat gue sampai di situ saja. Kalau sekarang kamu tuh kan sudah jadi entrepreneur, kamu pegang license pageant, yang aku ingin tahu, yang bisa menjadi inspirasi penontonnya Bazaar, sebetulnya apa sih yang elo cari Van?” tanya Dave membuka perbincangan.

“Oke, yang jelas gue tidak bisa menaruh semua kehidupan gue di dunia entertainment, karena gue merasa di dunia entertainment itu ada masanya, selalu tumbuh lagi orang yang baru dan orang yang baru, dan gue juga tidak mungkin bisa hidup gue dapat pundi-pundi dari entertainment aja, yang kita tahu kan pendapatan di entertainment tergantung programnya, tergantung yang lain, jadi gue harus muterin lagi tuh pendapatan yang gue dapat dari entertainment gue lariin ke bisnis gitu walaupun butik tidak terganggu gugat ya.

Tapi maksudnya gue lagi mencoba apalagi lagi covid gini, justru butik aku menurun drastis sampai 80 persen, butik utama ya  tapi kalau Mandjha Hijab justru naik 80 persen. Jadi produk-produk online aku naik 80 persen, justru yang klien yang datang, made to other, couture, turun. Jadi makanya aku berpikir bagaimana supaya pegawai-pegawai aku survive. Jadi ya aku bikin Kedjora Coffee, ambil Yayasan Dunia Mega Bintang karena supaya kesibukannya biar jadi lebih ada Dave kalau misalnya tidak ada kesibukan dan hanya mengandalkan syuting saja sepertinya tidak bisa dan gue merasa gue tuh orangnya suka makan dan gue bisa merasakan mana makanan yang enak dan mana makanan yang tidak.

Jadi good aja karena gue punya feeling di makanan kan, seperti misalnya hari ini gue mau launching kerja sama dengan Le Burger yang enak sekali dan kebetulan di Bogor gue punya Mandjha Hijab Butik di bawahnya jadi di atasnya ada kosong jadi gue sekarang bikin burger. Sekarang gue punya restoran baru yaitu Luberger,” bagi Igun.


Mendengar penjelasan sahabatnya ini, Dave pun kembali bertanya mengenai bidang usaha apa yang paling menantang bagi seorang Ivan Gunawan, “Jadi dari sekian banyak peran kamu, sebagai seorang businessman, Rupa-Rupa Kuliner, fashion, mana yang menurut kamu paling menantang?” tanya Dave.

“Kalau yang paling menantang sih kuliner ya karena berhadapan dengan orang banyak, berhadapan dengan customer. Makanan yang kita jual harus benar-benar kita jaga. Jadi gue keliling tiap minggu misalnya di Kedjora Coffee mesti cek bahan bakunya apa semua expired atau tidak, lalu rasanya seperti apa, berubah atau tidak. Jadi memang harus extra taking care, jadi kalau gue makan di restoran sekarang tidak mau terlalu bawel nih karena gue takut orang makan tempat gue orang itu akan bawel sama gue. Terus gue kan juga buka salon juga di Bintaro. Jadi gitu sih Dave, gue tidak menutup peluang usaha-usaha yang baru karena mungkin ini tips juga untuk yang nonton itu, terkadang kalau kita hanya spending beli barang branded yang katanya bisa untuk investasi, terkadang juga susah kan untuk dijual lagi.  Jadi mendingan kita berusaha pakai modal yang tidak terlalu banyak, yang tidak menghabiskan harta kalian tetapi opportunities untuk kembali cepat itu juga gampang,” ungkap Igun.

Nantikan video perbincangan lengkap Dave Hendrik dengan Ivan Gunawan dalam episode Brunch with Dave Hendrik yang akan tayang segera di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia segera.

Baca juga:

Ini Perubahan yang Terjadi pada Ivan Gunawan ketika Memasuki Usia 40 Tahun  

Ivan Gunawan Mengutarakan dengan Jujur Apa Arti Body Positivity bagi Dirinya

(Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia, @ivan_gunawan)