Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui Urutan Pemakaian Skincare yang Benar

Biar tidak salah, inilah urutan pemakaian skincare yang tepat, sehingga Anda akan mendapat hasil maksimal.

Ketahui Urutan Pemakaian Skincare yang Benar
(Foto Courtesy of Roman Iegoshyn©123RF.com)

Banyaknya produk perawatan kulit yang harus digunakan, terkadang membuat sebagian orang merasa sedikit bingung, ada pembersih wajah, toner, essence, pelembap, dan masih banyak lagi. Apalagi, satu produk perawatan kulit bisa memiliki beberapa tekstur, ada yang cair, krim, atau gel.

Kalau salah urutan pemakaian skincare, ini akan membuat produk perawatan kulit Anda tidak akan bekerja secara efektif. Lantas, apa yang harus saya gunakan terlebih dahulu? Berikut ini Bazaar akan menjelaskan urutan pemakaian skincare yang benar. Simak ulasannya!

Sebelum mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu tiga langkah mendasar dalam rutinitas perawatan kulit wajah, pertama, mencuci wajah (cleansing). Kedua, menyeimbangkan kulit (toning), dan ketiga, melembapkan kulit (moisturizing).

Perlu diketahui, tujuan dari setiap perawatan kulit tersebut adalah untuk mempertahankan warna kulit dan mengatasi masalah kulit. Selain itu, Anda juga harus memberikan jarak waktu penggunaan antara satu produk perawatan kulit ke produk lainnya agar setiap produk dapat menyerap sempurna ke dalam kulit dan tidak tercampur dengan produk selanjutnya.

Aplikasikan produk perawatan kulit sesuai dengan konsistensinya - dari yang paling light atau cair hingga yang paling thick atau kental. 


Langkah #1 Makeup Remover

Urutan pemakaian skincare yang pertama yaitu membersihkan wajah menggunakan makeup remover. Makeup remover dapat membantu Anda membersihkan makeup, kotoran, debu yang menempel pada kulit wajah secara optimal. Anda dapat menggunakan micellar water, cleansing oil, cleansing balm, atau wipes makeup remover untuk membersihkan wajah. 


Langkah #2 Pembersih wajah

Selanjutnya, bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah (facial wash). Urutan pemakaian skincare ini sering disebut dengan double cleansing, yaitu sebuah cara membersihkan wajah dengan dua tahap. Tahap pertama, yaitu dengan menggunakan makeup remover yang berguna untuk meluruhkan sisa-sisa riasan yang menempel pada wajah. Setelah itu tahap kedua, bersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Bagi Anda pemilik kulit yang kering, sebaiknya pilihlah pembersih wajah yang memiliki kandungan ceramide atau oil, karena dinilai lebih lembut untuk kulit dan mampu memberikan hidrasi. Sementara bagi Anda pemilik kulit berjerawat dan berminyak, pilihlah pembersih wajah yang memiliki kandungan glycolic acid atau salicylic acid. Satu lagi, lakukan eksfoliasi, satu hingga dua kali dalam seminggu, untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. 


Langkah #3 Toner

Setelah wajah sudah benar-benar bersih, lanjutkan dengan mengaplikasikan toner. Sebagaimana diketahui, setelah membersihkan wajah atau eksfoliasi, kulit akan kehilangan kelembapannya, karena minyak alami ikut terbilas saat dibersihkan.

Toner merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga kulit Anda akan lembap kembali. Tidak hanya itu saja, toner berperan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel pada permukaan kulit.

Caranya, Anda dapat menuangkan beberapa tetes toner pada telapak tangan yang sudah dibersihkan sebelumnya atau pada kapas, lalu usapkan pada wajah secara merata. 


Langkah #4 Essence 

Essence merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar siap menerima produk perawatan selanjutnya. Kulit yang telah dipersiapkan dengan baik, mampu menyerap kandungan produk perawatan kulit secara maksimal.

Selain itu, produk ini juga dapat memberi sekaligus menjaga kelembapan kulit sebelum menggunakan serum dan pelembap. Umumnya, essence memiliki tekstur yang lebih cair dan ringan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tuangkan beberapa tetes essence pada telapak tangan, lalu aplikasikan pada wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan hingga meresap. 


Langkah #5 Serum

Pada dasarnya, serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke dalam kulit hingga ke lapisan paling dalam, sehingga zat aktif yang terkandung di dalam serum dapat langsung bekerja mengatasi masalah kulit tertentu. Pada umumnya, serum berbentuk cairan tidak berwarna dengan tekstur yang agak kental. 


Langkah #6 Krim Mata

Area mata cenderung lebih tipis, sehingga perlu perlindungan secara khusus, yaitu dengan memberi lebih banyak kelembapan. Produk ini berfungsi untuk melembapkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata. Selain itu, produk ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di sekitar mata, seperti garis-garis halus, keriput dan lingkaran hitam.

Umumnya, eye cream bertekstur ringan dan cepat menyerap. Oleskan eye cream secukupnya di sekitar mata menggunakan jari manis dan pijat secara lembut. Jari manis memiliki ukuran yang pas untuk area mata, dan tekanannya tergolong ringan.


Langkah #7 Pelembap

Menggunakan moisturizer atau pelembap berfungsi untuk mengunci kelembapan pada kulit. Tak hanya itu saja, menggunakan pelembap secara rutin juga dapat mencegah kondisi kulit ekstrem terjadi pada wajah, seperti kekeringan atau terlalu berminyak. 

Tahukah Anda, semua orang membutuhkan pelembap, termasuk bagi pemilik kulit berminyak. Namun, jangan sembarangan dalam memilih tekstur pelembap, karena Anda harus menyesuaikan dengan jenis kulit. Bagi pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, pilih pelembap berbahan dasar air (water based) dan bertekstur gel, karena lebih cepat menyerap dan ringan. Sementara, bagi Anda yang memiliki kulit kering cenderung sensitif, pilih pelembap bertekstur krim ringan. Karena pelembap jenis ini biasanya mengandung lebih banyak oil, sehingga akan memberi lebih banyak kelembapan pada kulit. 


Langkah #8 Sunscreen

Memakai sunscreen merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Memakai sunscreen secara konsisten dapat melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UV dan polusi yang menjadi penyebab timbulnya garis-garis halus dan kerutan. Oleh karena itu, Anda wajib untuk memasukan sunscreen ke dalam rutinitas perawatan kulit pagi Anda, meskipun cuaca sedang mendung. Oleskan sunscreen minimal SPF 30, setidaknya 30 menit sebelum beraktifitas. Jangan lupa untuk memakai ulang sunscreen setiap dua hingga tiga sekali. 


Langkah #9 Krim Malam

Krim malam adalah produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada malam hari yang bersifat opsional, atau tidak wajah Anda gunakan. Namun, menggunakan krim malam tentu dapat memberikan efek positif bagi kulit wajah. Penggunaan krim malam (night cream) dapat membantu memberi dan menjaga kelembapan pada kulit wajah selama Anda tidur semalaman. Selain melembapkan, krim malam juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan kulit dan dapat berperan melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan pigmentasi. Oleskan night cream pada wajah hingga leher secara merata sembari dipijat perlahan, dengan gerakan ke atas dan memutar ke arah luar.

Perlu diingat, Anda perlu menggunakan produk-produk tersebut dalam jangka waktu minimal enam minggu melalui penggunaan yang konsisten untuk melihat hasilnya pada kulit.




(Foto Courtesy of Roman Iegoshyn©123RF.com)