Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah Daftar Busana Terbaik di Met Gala 2019

Kalimat 'less is more' tidak berlaku di karpet merah perhelatan Met Gala tahun ini.

Inilah Daftar Busana Terbaik di Met Gala 2019

Perhelatan Met Gala yang selalu diadakan di hari Senin pertama di bulan Mei telah tiba. Dengan mengusung tema Camp: Notes on Fashion, Met Gala 2019 menjadikan unsur-unsur teatrikal yang sangat berlebihan sebagai ide utama.

Unsur budaya queer telah melahirkan kata 'camp' yang kemudian dipopulerkan kepada khalayak mainstream oleh fotografer Susan Sontag di sebuah esai berjudul Notes on Camp diartikan para selebriti dengan maksimal. 

Di antara lautan ansambel-ansambel megah nan berlebihan, Bazaar mengumpulkan look terbaik yang berhasil dikenakan oleh para tamu di perhelatan Met Gala tahun ini. Berikut daftarnya:


1. Lady Gaga

Penyanyi sekaligus aktris Lady Gaga tiba di Metropolitan Museum of Art dengan cape dress merah muda rancangan desainer Brandon Maxwell. Ia tampak megah dengan tambahan ekor gaun yang menjuntai hingga sepanjang 25 kaki.

Ia pun kemudian menghadirkan kejutan dengan melakukan transformasi tampilannya dari cape dress menjadi sebuah strapless gown berwarna hitam rancangan Brandon Maxwell.

Tak cukup bertranformasi menggunakan 2 gaun, Lady Gaga terus menghadirkan kejutan dengan muncul mengenakan slip dress berwarna fuchsia. 

Selesai menghadirkan pertunjukan dengan 3 gaun secara bergantian, Lady Gaga pun kemudian melepas slip dress yang dikenakan sebelumnya dan tampil hanya dengan sepasang pakaian dalam.


2. Billy Porter


Aktor Billy Porter yang pernah membintangi serial televisi Pose tiba di karpet merah Met Gala 2019 dengan menyuguhkan aksi spektakuler.

Setelah dirinya masuk dengan cara ditandu oleh 6 pria bergaya ala Mesir, ia pun turun dan menampilkan sebuah ansambel berunsur budaya Timur Tengah rancangan The Blonds dan sepasang ankle boots lansiran Giuseppe Zanotti.


3. Celine Dion

Celine Dion muncul dengan ansambel bodysuit beraksen fringe berwarna metalik rancangan Oscar De La Renta.


4. Janelle Monae

Janelle Monae berhasil mengartikan arti 'camp' dengan ansambel beraliran surealisme yang terinspirasi dari Picasso dan Salvador Dali rancangan Alexandra Mandelkorn.


5. Jared Leto

Jared Leto mengulang kembali momen dari pergelaran Gucci musim gugur 2018 dengan menjinjing miniatur kepalanya sendiri yang ia fungsikan sebagai aksesori.


6. Ezra Miller

Ezra William yang selalu muncul dengan aksi teatrikal di setiap kesempatan, kali ini mengenakan sepasang pinstripe suit rancangan Burberry. Tampilan ilusi optikal juga ia lakukan dengan polesan make up yang menyerupai banyak mata dan aksesori topeng.


7. Cardi B

Penyanyi Cardi B yang menghadiri perhelatan Met Gala untuk kedua kalinya, hadir dengan gaun berwarna merah darah dengan ekor gaun sepanjang 10 kaki yang didesain khusus untuknya rancangan Thom Browne. 


8. Ryan Murphy

Pencipta serial televisi American Horror Story, Ryan Murphy tampil mengenakan ansambel karya desainer Christian Siriano. Ansambel yang terdiri dari coat bertaburkan bebatuan serta cape yang spektakuler ini diperkirakan memakan waktu pembuatan selama 2 bulan lamanya. 


9. Kim Kardashian

Kim Kardashian hadir dengan shirt dress berwarna nude yang menyuguhkan ilusi air yang menetes hasil rancangan Thierry Mugler


10. Aquaria

Pemenang kompetisi Rupaul's Drag Race season 10, Aquaria menghadiri Met Gala 2019 sebagai drag queen pertama yang turut diundang di perhelatan yang sangat eksklusif ini. Aquaria tampak mengenakan sebuah gaun yang dibuat dari jaring yang kemudian dihiasi dengan kumpulan pita-pita berwarna hitam karya John Galliano untuk Maison Margiela. 


11. Lupita Nyong'O

Aktris Lupita Nyong'O tampak mengenakan gaun karya rumah mode Versace. Kali ini, untuk merepresentasikan tema Camp: Notes on Fashion, Lupita mengambil inspirasi dari sosok Marie Antoinette yang terkenal memiliki gaya personal extravagant. 


12. Florence Welsch

Penyanyi Florence Welsch tampak anggun dengan ansambel gaun dengan aksen ukiran di bagian bahu yang terinspirasi dari era medieval rancangan Gucci. 


13. Bella Hadid

Bella Hadid menjadi pusat perhatian dengan gaun bertaburkan perhiasan karya Jeremy Scott untuk label Moschino. Dress dengan potongan cut out, ia padankan dengan sarung tangan yang dihiasi oleh sederet perhiasan gelang bertaburkan berlian dan bebatuan.


14. Lily Collins


Untuk merepresentasikan tema Met Gala tahun ini, Lily Collins memilih mengenakan sebuah gaun putih dengan ruffles dan perhiasan lansiran Cartier untuk mengambil inspirasi dari sosok Priscilla Presley saat menikahi penyanyi legendaris Elvis Presley. 


15. Harry Styles & Alessandro Michele


Harry Styles dan direktur kreatif rumah mode Gucci yakni Alessandro Michele selaku host Met Gala tahun ini mengartikan konsep 'camp' dengan mengenakan busana dengan sisi estetika gender fluid.


(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)