Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Lengkap Penobatan Raja Charles III

Upacara besar kurang dari sebulan lagi.

Panduan Lengkap Penobatan Raja Charles III
Courtesy of Bazaar US

Kerajaan Inggris akan segera memiliki penobatan pertamanya dalam 70 tahun.

Raja Charles III dan Ratu Camilla, akan dimahkotai dalam upacara sederhana pada bulan Mei. Acara yang telah direncanakan dengan nama sandi Operasi Golden Orb, "Akan mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan, sambil berakar pada tradisi dan arak-arakan yang sudah berlangsung lama," kata juru bicara Istana Buckingham sebelumnya kepada Bazaar.

BACA JUGA: Istana Buckingham Merilis Potret Baru Raja Charles dan Ratu Camilla MenjelangPenobatan

Selain upacara yang sebenarnya, mereka yang berada di Britania Raya dapat mengharapkan dua hari tambahan untuk perayaan penobatan. Simak artikel ini untuk mengetahui detail tentang upacara yang akan datang. 


Apa itu sebuah penobatan?

Penobatan Inggris adalah upacara simbolis formal yang mengakui kenaikan raja ke takhta, di mana raja akan dimahkotai dan disajikan dengan berbagai benda upacara dan keagamaan. Itu juga menandai peran raja sebagai kepala Gereja Inggris.

Namun, seseorang tidak perlu dibuatkan prosesi penobatan untuk menjadi Raja Inggris. Charles langsung menjadi Raja begitu ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal pada September 2022.


Kapan penobatannya?

Penobatan Raja Charles akan berlangsung pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, pukul 11 ​​pagi waktu London. Juga akan ada dua hari lagi perayaan penobatan yaitu makan siang besar penobatan dan konser penobatan pada hari Minggu 7 Mei dan acara sukarela nasional yang disebut The Big Help Out pada Senin 8 Mei.


Di mana penobatan akan diadakan?

Upacara akan berlangsung di Westminster Abbey, tempat penobatan Inggris sejak 1066. Gereja telah menyelenggarakan 38 layanan penobatan sejauh ini, termasuk Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

Courtesy of Bazaar US

Penobatan Ratu Elizabeth II di tahun 1953

Courtesy of Bazaar US

Penggambaran penobatan Ratu Victoria tahun 1838.


Apa yang akan terjadi selama penobatan?

Upacara tersebut diperkirakan akan mempertahankan unsur-unsur agama inti yang sama dengan penobatan lainnya, tetapi aspek lain dari penobatan tersebut kemungkinan akan kurang megah dan boros dari pendahulunya, terutama mengingat krisis biaya hidup Inggris saat ini dan resesi yang membayangi.

Raja Charles dan Ratu Camilla akan tiba di Westminster Abbey dalam prosesi dari Istana Buckingham yang dikenal sebagai The King's Procession. Keduanya akan melakukan perjalanan melalui Diamond Jubilee State Coach, yang dibuat untuk Ratu Elizabeth untuk memperingati 60 tahun pemerintahannya.

Courtesy of Bazaar US

Yang Mulia Justin Welby dan Uskup Agung Canterbury akan memimpin kebaktian.

Penobatan secara tradisional beroperasi dalam struktur berikut:

Pengakuan: Uskup Agung Canterbury akan menghadirkan Raja kepada jemaat di Westminster Abbey, yang akan berteriak sebagai balasan, "Tuhan selamatkan Raja!"

Sumpah: Raja akan bersumpah untuk memerintah secara sah dan menegakkan Gereja Inggris.

Perminyakan/Pengurapan: Uskup Agung Canterbury akan mengurapi raja dengan minyak suci. Raja kemudian akan melepas jubah seremonialnya dan duduk di Kursi Penobatan berusia 700 tahun (juga dikenal sebagai Kursi Raja Edward) di bawah kanopi yang dipegang oleh empat Knights of the Garter. Batu Takdir, artefak yang disita dari Skotlandia oleh Raja Edward I yang akan diletakkan di bawah kursi.

Penobatan: Pada titik ini, Raja akan diberikan beberapa barang yang mewakili kekuatan mereka sebagai penguasa, termasuk Bola Penguasa dan Tongkat Penguasa. Kemudian, raja akan dimahkotai dengan Mahkota St. Edward.

Penobatan: Raja akan berpindah dari Kursi Penobatan ke takhta.

Penghormatan: Uskup Agung Canterbury, pangeran kerajaan, dan rekan senior lainnya akan berlutut di hadapan raja dan bersumpah setia.

Setelah penghormatan, permaisuri akan diurapi dalam upacara serupa, namun lebih sederhana.

Setelah itu, Raja dan permaisuri akan kembali ke Istana Buckingham dalam prosesi yang lebih besar yang disebut Prosesi Penobatan, di mana mereka akan bergabung dengan anggota keluarga kerajaan lainnya. Charles dan Camilla akan menaiki Gold State Coach, pelatih abad ke-18 yang telah digunakan dalam setiap upacara penobatan sejak William IV pada tahun 1831. Para bangsawan akan didampingi oleh angkatan bersenjata dari seluruh Persemakmuran dan Wilayah Seberang Laut Inggris.

Courtesy of Bazaar US

Begitu sampai di istana, Raja Charles dan Ratu Camilla, serta anggota keluarga kerajaan lainnya akan muncul di balkon.

Courtesy of Bazaar US

Kursi penobatan atau diketahui sebagai kursi Raja Edward. 

Bagaimana saya bisa menonton penobatan?

Jutaan orang di seluruh dunia diperkirakan akan menyaksikan upacara tersebut, sehingga berbagai outlet berita akan menyiarkan langsung penobatan tersebut. Periksa kembali halaman Bazaar mendekati hari penobatan untuk detail lebih lanjut. 


Mahkota apa yang akan dikenakan oleh Raja Charles dan Ratu Camilla?

Raja akan mengenakan St. Edward's Crown, mahkota abad ke-17 yang terbuat dari bingkai emas padat dengan batu rubi, batu kecubung, safir, garnet, topas, dan turmalin, serta menampilkan empat cross-pattée, empat fleurs-de-lis, dan dua lengkungan. Ini juga termasuk topi beludru dengan pita cerpelai.

Ia diharapkan untuk memakai Mahkota Negara Kekaisaran yang juga mencakup topi beludru dan pita cerpelai, ditambah 2.868 berlian di tunggangan perak, 17 safir, 11 zamrud, dan 269 mutiara. Topi baja tersebut menonjolkan berlian Cullinan II yang juga dikenal sebagai Bintang Kedua Afrika, memicu kontroversi atas peran keluarga kerajaan dalam menjarah tanah yang dijajah.

Menanggapi kontroversi itu, topi penobatan Ratu Camilla, Queen Mary's Crown, dilaporkan akan menyetel ulang berlian Kohinoor yang kontroversial dengan berlian Cullinan III, IV, dan V. Batu-batu itu berasal dari koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II, tetapi sejarawan mengkritik pertukaran tersebut, mencatat bahwa berlian Cullinan ditambang dari Afrika Selatan dan oleh karena itu masih merupakan peninggalan imperialisme Inggris.

Courtesy of Bazaar US

Mahkota St. Edward. 


Akankah Pangeran Harry dan Duchess Meghan hadir?

Bazaar mengonfirmasi pada bulan Maret bahwa Duke dan Duchess of Sussex baru-baru ini menerima korespondensi email dari Istana Buckingham mengenai penobatan, tetapi masih belum pasti apakah pasangan tersebut akan hadir.

"Keputusan segera apakah Duke dan Duchess akan hadir tidak akan kami ungkapkan secepatnya," kata seorang juru bicara kepada Bazaar pada saat itu.


Siapa lagi yang akan pergi ke penobatan?

Anggota keluarga kerajaan lainnya termasuk Pangeran William dan Putri Kate akan menghadiri upacara tersebut. Anak tertua William dan Kate dan calon pewaris takhta, Pangeran George, akan berperan sebagai pemberi kehormatan seremonial pada raja selama upacara. Putri Charlotte kemungkinan juga akan menghadiri upacara tersebut, meskipun tidak pasti apakah Pangeran Louis akan hadir. Meski begitu, ketiga anak Wales itu akan bergabung dalam prosesi kerajaan ke Istana Buckingham.

Courtesy of Bazaar US

Selain itu, tokoh pemerintah dari Inggris dan belahan dunia lainnya akan hadir, seperti perdana menteri Inggris, perwakilan dari Gedung Parlemen, dan bangsawan non-Inggris lainnya.

Gedung Putih baru-baru ini mengumumkan bahwa Ibu Negara Jill Biden akan menghadiri upacara tersebut atas nama presiden.


Seperti apa undangan penobatan?

Seniman, Andrew Jamieson, merancang undangan penobatan resmi, yang ia lukis dengan cat air dan gouache. Ilustrasi tersebut meliputi lambang penobatan dan motif Manusia Hijau, sosok kuno dari cerita rakyat Inggris, simbol musim semi dan kelahiran kembali yang dimahkotai dengan daun oak, ivy, dan hawthorn, serta bunga lambang Inggris Raya. Ilustrasi bunga berwarna-warni muncul dalam pengelompokan tiga, menandakan Charles menjadi raja ketiga dari namanya. Di dalam bunga ada singa, unicorn, dan babi hutan, ditarik dari lambang Raja Charles dan Ratu Camilla.

Desainnya dilaporkan dicetak pada kartu daur ulang dengan detail foil emas.

Courtesy of Bazaar US


Berapa biaya penobatan dan siapa yang membayarnya?


Pemerintah Inggris membayar untuk penobatan.

Ditetapkan di tengah krisis biaya hidup yang meningkat dan resesi yang akan datang, Bazaar memahami bahwa penobatan akan kurang megah, dan mungkin lebih murah, daripada upacara sebelumnya. Sebagai perbandingan, penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953 menelan biaya publik Inggris 1,57 juta poundsterling atau 1,74 juta dollar pada saat itu dan hari ini setara dengan sekitar 50 juta dollar.


BACA JUGA: 

Pangeran William dan Kate Middleton "Sangat Bersemangat" Tentang Peran Pangeran George di Acara Penobatan Raja Nanti 

Kumpulan Foto Terbaik Keluarga Kerajaan Inggris saat Perayaan Paskah 2023 

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar US)