Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Mendapatkan Karakter Diri, Menurut Seorang Penata Gaya Para Selebriti

Penata gaya, Sydney Sweeney, Molly Dickson, memberi kita lima masukan styling yang penting untuk mendapatkan tampilan Anda.

Cara Mendapatkan Karakter Diri, Menurut Seorang Penata Gaya Para Selebriti
Courtesy of Bazaar US

Media sosial saat ini didominasi dengan pembahasan "personal styling". Berkat penggemar gaya Gen Z di TikTok, fokus fashion mulai beralih ke sudut pandang identitas diri. Yaitu jenis keunikan yang berdasarkan dari kepribadian daripada berpegang teguh pada tren dan mode terbaru. Diferensiasi itu penting, dan mereka yang ingin mengekspresikan diri mereka melalui mode, ingin melakukannya dengan cara yang berbeda yang merupakan ciri khas mereka. Mereka tidak ingin terlihat seperti orang lain, dan mereka telah terinspirasi dari banyak orang ketika dalam hal berbelanja untuk diri mereka sendiri.

BACA JUGA: Ini Alasan Kenapa Tas Bally Beckie B-Chain Bisa Melengkapi Gaya Sehari-Hari Anda!

Penata gaya selebriti, Molly Dickson, telah mendandani beberapa selebriti seperti Mindy Kaling dan Scarlett Johansson. Dan memiliki daftar klien muda yang sedang naik daun, seperti Sydney Sweeney, Sadie Sink, Camila Mendes, Kathryn Newton, dan Kelsea Ballerini. Bekerja dengan para talenta yang sedang naik daun, Molly mengetahui satu atau dua hal tentang proses pengembangan personal style dan telah melihat perubahan besar dalam perspektif dari para kliennya. "Saya rasa karena saya dilatih sebagai penata gaya untuk menata gaya dari para desainer besar. Anda berpikir bahwa dengan menempatkan klien Anda pada desainer papan atas Eropa, Anda akan menjadi penata gaya yang sukses," kata Molly kepada BAZAAR. "Namun, saya rasa dengan para gadis yang lebih muda ini, ada pergeseran besar di mana mereka ingin tampil berbeda dan tidak berusaha untuk menyesuaikan diri dengan stereotip dari penampilan cantik."

Cara berpikir dan berpakaian yang baru ini jelas telah mengubah warna mode, berkat generasi baru yang tidak hanya menjadi pengikut. "Saya dulu menata gaya Addison Rae, dan ia adalah gadis pertama yang mengatakan bahwa saya tidak ingin terlihat seperti orang lain," kata Molly. "Ia akan mengirimi saya merek-merek yang ia temukan di Instagram yang belum pernah saya dengar, yang memiliki 2.000 pengikut. Dan saya berpikir bagaimana ia bisa menemukan merek ini? Beberapa di antaranya hanya mahasiswa yang memiliki toko Etsy."

Menemukan suara Anda sendiri di tengah-tengah kekacauan bisa jadi sulit. "Pada akhirnya, Anda ingin meninggalkan rumah dengan sesuatu yang membuat Anda bahagia dan merasa percaya diri," kata Molly. "Saya ingin klien saya pergi ke karpet merah dengan perasaan terbaik. Dan ketika Anda berpakaian di pagi hari, Anda bepergian dengan penuh semangat atas apa yang Anda kenakan." Gaya pribadi dapat menjadi sebuah perjalanan seumur hidup, jadi dari mana Anda memulainya?

Di bawah ini, temukan 5 tips terbaik dari Molly untuk mendapatkan gaya Anda sendiri.

Buatlah sebuah moodboard

"Ketika saya bertemu dengan klien potensial, hal pertama yang saya minta untuk mereka lakukan adalah membuat mood board," jelas Molly. "Saya meminta mereka untuk membuka Pinterest atau Instagram atau melihat majalah dan mengambil gambar apapun yang menurut mereka keren dan kami akan membuat moodboard. Kemudian saya akan menambahkannya, untuk mengelevasi sedikit lagi." Membuat kolase atau mood board bisa menjadi langkah pertama yang sangat membantu dalam proses ini. "Kumpulkan foto-foto inspirasi yang Anda sukai," kata Molly. Dengan mengatur semua ide Anda di satu tempat, dan melihat beberapa hal favorit Anda secara bersamaan, gaya pribadi Anda bisa mulai terwujud.

Lakukan riset

Salah satu bagian terbaik dalam menemukan gaya atau karakter unik Anda adalah elemen penemuan. "Apa yang terkadang saya lakukan adalah ketika saya melihat Instagram dan menemukan seorang gadis dengan pakaian yang sangat keren, itu adalah sebuah tantangan bagi saya untuk mencari tahu dari mana ia mendapatkannya," kata Molly kepada kami. "Entah ia menandainya atau saya mencarinya di Google dan jika Anda menemukan sesuatu yang sangat Anda sukai, lakukan yang terbaik untuk mencari tahu di mana mereka mendapatkannya. Ini adalah permainan yang menyenangkan yang saya dan tim saya mainkan, siapa yang bisa menemukannya lebih dulu." Terkadang riset mungkin akan memakan waktu, namun ini adalah bagian dari proses yang juga sangat menyenangkan.

"Selanjutnya, mulailah mencari pasar. Kunjungi berbagai situs web untuk menemukan karya serupa yang ada di mood board," kata Molly. "Sydney Sweeney dan saya saling berkirim pesan atau mengirim foto setiap hari yang menurut kami keren," kata Molly, "dan tugas saya adalah melacaknya. Banyak dari referensinya adalah karya-karya vintage." Situs-situs vintage dan barang bekas seperti The Real Real, Depop dan Etsy, serta ruang ritel Instagram, merupakan tempat yang tepat untuk menemukan barang-barang unik yang tidak dimiliki orang lain dan merupakan alternatif untuk berbelanja fast fashion atau metode ritel tradisional.

Kualitas di atas kuantitas

"Di usia 20-an, saya adalah gadis yang terbiasa membeli barang-barang yang lebih murah dan trendi," ujar Molly. "Seiring bertambahnya usia dan semakin lama saya bekerja di dunia fashion, saya menyadari bahwa ini semua tentang kualitas daripada kuantitas. Saya lebih suka menabung dan membeli sweter kasmir yang lebih bagus daripada pergi ke tempat fast fashion dan membeli pakaian murah yang mungkin hanya akan bertahan selama satu musim." 

Ada kepraktisan yang datang seiring dengan bertambahnya usia. "Saya rasa ketika Anda berusia akhir belasan dan awal 20-an, Anda mencoba mengikuti semua tren. Namun semakin tua, Anda menyadari bahwa tren tersebut tidak cocok untuk Anda," jelas Molly. "Mungkin Anda berpikir 'Saya tidak akan membeli sepatu dengan platform yang sangat tinggi karena saya tahu saya tidak akan bisa berjalan'. Anda menjadi lebih praktis dengan pakaian Anda."

Trial and Error

"Saya selalu berpikir bahwa setiap klien saya harus memiliki gaya yang berbeda," jelas Molly. "Saya ingat saya pernah melakukan fitting dengan Sydney Sweeney. Kami melakukan fitting untuk tur pers dan kami membutuhkan beberapa penampilan. Ia mengenakan gaun yang satu ini dengan sangat feminin dan cantik. Kemudian ia mengenakan penampilan yang lain dan itu sangat edgy," lanjutnya. "Saya berkata, 'Syd, kamu harus memilih salah satu. Ini adalah penampilan yang sangat berbeda,' tapi ia menjawab, 'Inilah mengapa saya seorang aktris. Saya bisa memainkan karakter yang berbeda dan saya bisa mengenakan gaya pakaian yang berbeda. Saya bisa menjadi orang yang berbeda. Dan kemudian saya tersadar bahwa Anda tidak perlu memiliki satu gaya tertentu."

Bermain dengan ide gaya yang berbeda, apakah itu feminin, rapi, sporty atau sesuatu yang edgy, dapat menjadi perpaduan yang sempurna, hanya Anda yang dapat menemukannya. Jangan takut untuk berpikir di luar batas-batas pribadi Anda, daripada "tetap berada di satu gaya."

Penjahit dan pakaian dalam yang bagus

"Penjahit adalah hal yang paling penting," kata Molly. "Saya tidak pernah fitting tanpa penjahit." Meskipun penjahitan dapat menambah satu langkah ekstra dan biaya tambahan, hal ini tentu saja sepadan dengan waktu dan usaha yang dikeluarkan. "Menjahit satu inci pada ujung gaun dapat mengubah gaun tersebut sepenuhnya. Penjahit dapat mengubah sesuatu yang murah dan tidak pas menjadi terlihat jauh lebih mahal jika pas di tubuh Anda," kata Molly.

"Penjahit dan pakaian dalam seperti Spanx," tambah Molly. "Tidak ada yang membicarakan betapa pentingnya pakaian dalam, seperti thong yang tepat, Spanx yang tepat, bra yang tepat, semua itu penting." Ketika berbicara tentang pakaian dalam, masalahnya ada pada detailnya. "Ini semua tentang trial and error," kata Molly. "Saya akan merekomendasikan mulai dari Spanx, Commando atau Skims. Karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda tentang fit pakaian dalam, tapi itu adalah tiga merek teratas yang saya rekomendasikan."

BACA JUGA:
15 Gaya Rambut dari Tahun 1970-an Paling Ikonis yang Bahkan Masih Tren Hingga Sekarang
Contek Manikur Bernuansa Floral Milik Jennifer Lopez untuk Menyempurnakan Gaya di Musim Ini

(Penulis: Kristina Rutkowski; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR US)