Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Aktivitas Ngabuburit yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Puasa

Karena “time flies when you are having fun!”

8 Aktivitas Ngabuburit yang Bisa Anda Lakukan di Bulan Puasa
Courtesy of Instagram @rohprojects

Menjelang bulan Ramadan, pasti banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan bahkan saat Anda sedang berpuasa. Pasti Anda bertanya: “Apa saja kegiatannya ya?”. Well, Bazaar Indonesia akan bantu jawab!

BACA LAGI: Pameran “Chiharu Shiota: The Soul Trembles” di Museum MACAN untuk Destinasi Akhir Pekan Anda

Inilah delapan aktivitas yang dapat dilakukan dan diikuti di bulan puasa kali ini.  

1. Mengikuti Workshop di Atsiri Sarinah

Atsiri Sarinah
courtesy of instagram @atsirisarinah

Atsiri Sarinah berada di dalam gedung pusat perbelanjaan di mal Sarinah Thamrin sehingga lokasinya strategis dan dapat diakses dengan mudah melalui kendaraan umum ataupun pribadi. Jika Anda mencari kegiatan yang menarik dan juga menambah pengalaman belajar yang menyenangkan, mengikuti workshop di Atsiri Sarinah adalah aktivitas yang sempurna! Khusus di bulan Ramadan ini, ada serangkaian workshop seperti cara membuat Eid Solid Perfume, flower arrangement, dan natural body mist. Workshop ini dibuka untuk umum, tetapi jangan lupa untuk reservasi terdahulu karena slots-nya pun terbatas. 

2. Berkunjung ke Museum MACAN

Museum Macan
courtesy of instagram @museummacan

Siapa yang tidak familiar dengan Museum MACAN? Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara ini merupakan salah satu museum yang pasti ada di wishlist banyak orang, terutama di kalangan muda. Ini tentu karena pameran yang diadakan di sini selalu menarik. Saat ini, sedang ada pameran ‘Chiharu Shiota: The Soul Trembles’ yang akan hadir hingga 30 April 2023. Karena lokasinya yang berada di Jakarta Barat, bersinggah ke Museum MACAN akan menjadi aktivitas ngabuburit yang pas sembari menunggu momen buka puasa bersama teman ataupun keluarga tercinta. 

3. Mengulik Pembuatan Pottery bersama Tanakita Ceramics

Tanakita Ceramics
courtesy of instagram @tanakitaceramics

Uji jiwa kreativitas dan kesabaran Anda dengan kegiatan yang satu ini. Membuat pottery terlihat mudah dan satisfying bagi banyak orang. Walaupun begitu, aktivitas ini merupakan salah satu kegiatan yang menantang, lho! Butuh waktu dan keahlian untuk dapat menguasai pembuatan pottery. Tetapi, bersama Tanakita Ceramics, Anda dapat mengulik cara membuatnya dan pasti akan diajarkan step by step. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, segera daftar!

4. Mencoba Keseruan Tufting dengan Life Is Tuft

Life Is Tuft
courtesy of instagram @lifeistuft.jkt

Apakah Anda bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja? Jika Anda mengangguk-angguk, maka kegiatan tufting patut dicoba! Di Life Is Tuft, ada workshop rug tufting di mana Anda bisa mencoba cara membuatnya dalam level beginner tentunya. Jangan takut untuk bereksplorasi di sini dengan warna dan desain karena tersedia 40 warna benang yang bisa digunakan. Untuk edisi Ramadan, terdapat dua sesi, sehingga cocok untuk dimasukkin ke daftar kegiatan ngabuburit Anda. 

5. Menjelajahi Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki
Courtesy of instagram @Tim.cikini

Nikmati waktu senggang dengan menjelajahi perpustakaan Taman Ismail Marzuki. Berada di lantai 3 sampai 6 di Gedung Panjang Teritori Taman Ismail Marzuki, perpustakaan yang Instagrammable ini dapat menjadi salah satu opsi kegiatan akhir pekan Anda. Ditambah lagi, Anda dapat menambah wawasan dan menyegarkan pikiran dengan membaca buku-buku yang ada. Di gedung ini, terdapat pula ruang baca terbuka, ruang privacy, ruang podcast, ruang multimedia, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan Anda. Menjadi salah satu perpustakaan besar yang ada di Jakarta dan sudah direvitalisasi sejak 2019, tempat ini akan mejadi layaknya sebuah "heaven" bagi para book lovers.

6. Olahraga Santai di Gelora Bung Karno (GBK)

Gelora Bung Karno
courtesy of instagram @love_gbk

Menjalani puasa tidak berarti Anda tidak dapat melakukan olahraga. Badan Anda tetap harus gerak agar tetap sehat dan fit, apalagi asupan makanan sehari-hari berkurang, sehingga olahraga pun sangat penting. Di area Gelora Bung Karno, Anda dapat jalan atau bahkan lari santai di pagi dan sore hari. Lokasinya pun strategis karena dekat dengan daerah perkantoran, mal, dan kendaraan umum. Selain itu, tersedia juga lapangan bola, tenis, badminton, squash, dan masih banyak lagi yang dapat disewa jika berkenan. 

7. Menikmati Seni di Roh Projects

roh projects
courtesy of instagram @rohprojects

Roh Projects merupakan sebuah galeri yang didirikan di tahun 2014 dan bertujuan untuk berkontribusi lebih dalam membantu para seniman lokal asal Indonesia. Saat ini, pameran yang sedang diadakan di sini berjudul 'New Obsolescence: Adityavovali', oleh seniman Aditya Novali. Ini merupakan pameran solo pertamanya di Roh Projects semenjak mereka pindah ke lokasi baru di Jalan Surabaya 66, Jakarta. Pameran ini akan ada sampai 7 May 2023, sehingga Anda dapat menikmati seni di sini menjelang bulan Ramadan. 

8. Bersinggah ke Mote Mote Casa Pop-up

mote mote
courtesy of instagram @mote__mote

Mote Mote merupakan sebuah brand lokal asal Indonesia yang fokus kepada craftsmanship dalam manik-manik yang didesain secara kreatif dan homemade, dan diaplikasikan dalam baju dan juga aksesoris. Brand ini pertama kali beroperasi secara online, tetapi telah membuktikan kesuksesannya dengan beberapa kali mengikuti bazar. Koleksi mereka pun terus dinantikan oleh banyak orang, terutama para fashion enthusiasts. Ditambah lagi, mereka telah mengadakan konsep “Casa” pop-up store yang berada di Row 9 Jakarta di lantai 3. Lokasinya strategis dan ada banyak makanan juga di dalamnya. Berkunjunglah ke sini di sore hari agar dapat langsung berbuka puasa setelah berbelanja. 

Jadi, kegiatan mana yang akan Anda coba?

BACA LAGI:

4 Aktivitas Seni hingga Wellness untuk Mengisi Hari-hari Anda di Jakarta

5 Rekomendasi Aktivitas Menarik di Jakarta dan Sekitarnya Pekan Ini!

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Atsiri Sarinah, Museum Macan, Tanakita Ceramics, Life Is Tuft, Taman Ismail Marzuki, Gelora Bung Karno, Roh Projects, Mote Mote)