Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ramadan Telah Usai, Yuk, Lakukan Detoks untuk Kembalikan Performa Tubuh Setelah Lebaran

Perayaan telah usai, ini saatnya untuk mengembalikan stamina dan tubuh ke titik prima.

Ramadan Telah Usai, Yuk, Lakukan Detoks untuk Kembalikan Performa Tubuh Setelah Lebaran
(Saeffie Adjie Badas for Harper's Bazaar Indonesia)

Idulfitri telah usia, momen bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat sambil menyantap hidangan khas lebaran pun juga telah berakhir, namun setelah kebahagiaan dirasakan, apakah Anda seperti kebanyakan orang lainnya merasakan malapetaka timbangan berat badan naik setelah lebaran? 

Baca juga: 6 Cara Ampuh Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Lebaran

Adalah hal yang wajar setelah berpesta merayakan ramadan, berat badan dan tubuh akan naik dan terasa lebih berat, untuk itu penting agar dapat mengembalikan kondisi tubuh ke semula yang sehat dan prima. Namun ini memang terasa lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan bukan?

Untuk itu di bawah ini Bazaar bagikan tips detoks yang dapat diaplikasikan untuk mengembalikan performa tubuh ke semula:

1. Tinggalkan makanan berminyak, berlemak, dan gula

Sudah bukan rahasia lagi bila asupan gula dan makanan yang mengandung kolesterol dikonsumsi selama masa lebaran. Untuk itu setelah perayaan dengan keluarga dan kerabat berakhir, Anda perlu fokus menukar makanan-makanan manis, berlemak, dan gorengan dengan mengonsumsi buah, sayuran segar, dan bukan makanan yang telah diolah.

2. Minum air putih yang cukup

Walaupun mengonsumsi segala macam hidangan berlemak, minyak, serta manis selama masa perayaan lebaran, jangan lupakan asupan air dalam tubuh untuk membuang racun yaitu segala makanan tak sehat yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu penting minum air sepanjang hari dan pastikan Anda telah mengonsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, minum air yang cukup tidak hanya membuat Anda tidak merasa haus, tetapi juga membantu pencernaan!

3. Minum teh hijau

Selain air putih yang harus selalu ada dalam jangkauan Anda selama masa detoks sehabis lebaran, menyesap teh hijau juga dapat menjadi alternatif lain untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan sisa-sisa makanan tak sehat yang tidak diinginkan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau secara berkala, ini dapat mempercepat metabolisme dan menghambat penyerapan lemak dengan membantu regulasi glukosa. Rekomendasi Bazaar, konsumsi dua hingga empat cangkir teh hijau setiap hari untuk mencapai hasil yang maksimal. 

4. Coba metode diet rendah karbohidrat

Sementara bulan ramadan mengharuskan Anda untuk mengikuti diet tinggi karbohidrat untuk mempertahankan tingkat energi di siang hari selama berpuasa, maka setelah masa Idulfitri selesai, Anda sangat dianjurkan untuk mengurangi karbohidrat karena karbohidrat ekstra yang disimpan dalam tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan. Untuk itu penting hanya mengonsumsi kalori sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh, dan membakar kelebihannya adalah kunci penurunan berat badan.

5. Rutin berolahraga

Ini mungkin hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi tetap aktif dengan mengatur rutinitas olahraga teratur dapat menghadirkan keajaiban bagi kesehatan dan suasana hati Anda secara keseluruhan. Olahraga teratur dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyakit seperti diabetes dan kondisi jantung kronis. 

6. Tidur yang cukup

Setelah bersenang-senang selama masa perayaan, tubuh Anda juga perlu diisi ulang, dan tidur merupakan satu-satunya kegiatan yang dapat mengembalikan kekuatan Anda. Dengan tidur, tubuh Anda mendetoksifikasi dirinya sendiri dan membuang racun yang mungkin telah Anda kumpulkan selama masa perayaan yang panjang dan melelahkan. Pastikan setelah masa lebaran untuk tidur lebih awal sehingga durasi tidur yang Anda dapatkan setiap malam lebih banyak dan tentunya berkualitas. Saran Bazaar, tidur setidaknya 9 jam setiap malam untuk tetap merasa dan terlihat benar-benar segar keesokan harinya.

Portofolio ini:
Fotografer: Saeffie Adjie Badas
Fashion Editor: Michael Pondaag
Model: Yuke (JIM)
Hair & makeup: Oscar Daniel
Asisten stylist: Aleyda Hakim
Retoucher: Raghamanyu Herlambang
Wardrobe: Bin House, Lanivatti
Keseluruhan aksesori: milik stylist
Lokasi: The Dharmawangsa Hotel