Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Intip Bagaimana Cara Membuat Keuangan Anda Menjadi Lebih Baik

Makala Green dan Abigail Foster berbagi saran ahli tentang penghematan dan penganggaran.

Intip Bagaimana Cara Membuat Keuangan Anda Menjadi Lebih Baik
Courtesy of BAZAAR UK

Perencanaan keuangan bisa menjadi hal yang menakutkan – memahami jargon itu sendiri merupakan tantangan tersendiri – tetapi mengendalikan tabungan dan investasi Anda dapat menjadi proses yang memberdayakan. Jadi, Bazaar meminta dua ahli keuangan untuk membantu kami mengungkap cara mengelola uang.

Baca juga: 3 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Membuat Keuangan Lebih Stabil di Segala Kondisi

Makala Green, perencana keuangan carteran perempuan kulit hitam pertama di Inggris dan penulis The Money Edit, bekerja untuk membuat bahasa uang lebih mudah untuk ditafsirkan, yang pada gilirannya memungkinkan perempuan untuk membuat keputusan pengeluaran dan investasi yang lebih cerdas; sementara Abigail Foster telah mendirikan platform pendidikan keuangan Elent, yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan keuangan-ketidaksetaraan dengan menawarkan pelatihan satu-satu untuk klien wanita, dan menyelenggarakan lokakarya di sekolah dan pengaturan perusahaan. Kedua wanita itu melihat pensiun, slip gaji, nilai kredit, dan anggaran bukan sebagai kosakata yang harus ditakuti, melainkan alat untuk mencapai kendali keuangan.

Di sini, mereka memberikan saran tentang bagaimana mengembangkan 'pola pikir uang' dan menemukan kebebasan finansial.


1. Merasa nyaman dengan penganggaran

Makala Green
Makala Green

Makala Green (MG): “Jika Anda kesulitan menangani keuangan Anda, penganggaran harus menjadi teman terbaik Anda – ini adalah alat paling efektif untuk mengubah masa depan keuangan Anda. Mulailah dengan mencatat pendapatan Anda dan semua pengeluaran Anda, lalu kurangi pengeluaran dari pendapatan untuk menentukan pengeluaran Anda yang dapat dibelanjakan. Jika Anda memiliki sesuatu yang tersisa, bertujuan untuk mengalokasikan proporsi untuk tabungan. Anda dapat menggunakan aturan sederhana 50-20-30: 50 persen kebutuhan pokok, 20 persen penghematan, 30 persen menyenangkan. Aplikasi seperti Moneyhub, Emma, ​​dan Plum juga dapat membantu penganggaran.”

2. Buka rekening yang tepat

Abigail Foster
Abigail Foster

Abigail Foster (AG): “Kebanyakan orang membuka rekening giro pada usia 11 tahun, lalu tidak pernah mengubahnya. Segala sesuatu yang lain dalam hidup Anda akan berkembang – pilihan dalam mode, makanan, pasangan – jadi mengapa, ketika menyangkut sesuatu yang mendasar seperti perbankan, apakah kita tetap pada pilihan yang kita buat sebagai anak-anak? Sekarang ada begitu banyak pilihan perbankan untuk dipilih, dan banyak dari mereka memiliki afiliasi dengan tujuan yang kita semua pedulikan, seperti proyek kesetaraan perempuan. Selain itu, ledakan perbankan online dan berbasis aplikasi berarti melacak dengan tepat bagaimana Anda membelanjakan tidak pernah semudah ini. Bentuk kebiasaan baru dan temukan akun giro yang cocok untuk Anda. ”

3. Perkaya informasi seputar keuangan dari para ahli

MG: “Jika Anda ingin mengendalikan uang Anda tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, carilah hikmah dari buku-buku yang ditulis oleh para ahli keuangan tentang berbagai topik mulai dari cara keluar dari utang atau membeli properti hingga seni membangun investasi portofolio. Cobalah The Intelligent Investor karya Benjamin Graham atau The Psychology of Money karya Morgan Housel.”

4. Periksa slip gaji Anda

AF: “Selama sesi pelatihan keuangan saya, satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada klien saya adalah seberapa sering mereka meninjau slip gaji mereka. Jawabannya biasanya tidak pernah – tetapi memecah slip gaji bisa menjadi wawasan dan pemberdayaan. Selain angka upah utama, ini berisi perincian penting seperti kontribusi pajak Anda atau pembayaran pinjaman siswa. Jika Anda tidak pernah meluangkan waktu untuk meninjau milik Anda, bagaimana cara mengetahui apakah itu benar?

“Ini juga dapat membantu ketika memikirkan kenaikan gaji itu. Terkadang, kenaikan gaji sebenarnya dapat menyebabkan lebih sedikit uang di rekening bank Anda. Mengetahui nilai Anda di pasar adalah satu hal, tetapi tahukah Anda apa yang dilakukan kenaikan gaji tahunan untuk saldo bank Anda? Slip gaji Anda menyimpan jawabannya.”

5. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

MG: “Cara paling sederhana untuk mengendalikan keuangan Anda adalah dengan mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Beberapa, seperti sewa atau biaya yang terkait dengan mobil Anda, sulit diubah tanpa mengubah gaya hidup Anda secara drastis, tetapi yang lain, seperti jumlah yang Anda keluarkan untuk bersosialisasi, pakaian atau hiburan, lebih dapat dicapai.

“Meninjau tagihan rumah tangga Anda adalah cara hebat lainnya untuk menjaga pengeluaran berkelanjutan serendah mungkin: pertimbangkan untuk berbelanja, membeli dalam jumlah besar, menggunakan diskon dan poin loyalitas, atau memperbaiki tarif energi bulanan Anda. Harga energi telah meningkat secara substansial, tetapi Anda dapat menurunkan biaya konsumsi utilitas dengan mematikan lampu saat tidak digunakan, menghindari penggunaan air berlebih, dan menggunakan peralatan secara efisien, seperti hanya menjalankan beban penuh di mesin cuci Anda.”

6. Pelajari di mana saja letak uang pensiun Anda

AF: “Tahukah Anda bahwa Anda harus menyumbang pembayaran Asuransi Nasional setidaknya selama 10 tahun agar memenuhi syarat untuk pensiun negara minimum? Dan untuk total pensiun negara (£ 179 seminggu), itu adalah 35 tahun. Awasi kontribusi Anda untuk menghindari kejutan yang tidak menyenangkan!

“Juga, sebagai generasi penggerak dan pelopor, banyak dari kita akan memiliki berbagai pensiun dari semua tempat berbeda tempat kita bekerja. Pastikan Anda tahu di mana semua pensiun Anda disimpan dan berapa banyak yang ada di setiap pot. ”

7. Kurangi dan hindari hutang

MG: “Salah satu pengeluaran terbesar yang bisa Anda tanggung adalah utang, terutama pada kartu kredit berbunga tinggi. Saya akan merekomendasikan membuat daftar semua hutang Anda saat ini, baik pada kartu kredit, pinjaman pelajar atau pinjaman mobil, dan menghitung jumlah total hutang Anda, ditambah bunga yang berlaku dalam setiap kasus. Evaluasi mana yang memiliki minat tertinggi dan bertujuan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu; sebagai alternatif, cobalah melunasi beberapa hutang kecil untuk memberi Anda momentum yang Anda butuhkan untuk mengatasi hutang yang lebih besar. Lihatlah pengeluaran Anda dengan hati-hati dan tentukan berapa banyak pengeluaran menyenangkan Anda yang dapat Anda kurangi untuk dialokasikan ke pembayaran utang. Anda juga memiliki opsi untuk mengkonsolidasikan utang ke kartu kredit dengan suku bunga nol persen untuk mengurangi bunganya.”

8. Ketahui skor kredit Anda

AF: “Skor kredit Anda dapat memiliki pengaruh besar pada hidup Anda: skor yang lebih rendah dapat membuat peminjaman uang lebih mahal atau bahkan menghalangi Anda sepenuhnya dari pembiayaan mobil atau mendapatkan hipotek. Untuk tetap menjadi yang teratas, unduh salah satu aplikasi skor kredit, seperti ClearScore atau Experian, untuk melacak skor Anda secara gratis. Sering kali ada langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki keadaan jika Anda berada di sisi bawah, tetapi langkah pertama adalah mengetahui apa itu di tempat pertama.

9. Buat rencana keuangan masa depan

MG: “Rencana keuangan pada dasarnya adalah garis waktu untuk tonggak uang besar di depan. Itu harus mencakup tujuan jangka panjang Anda, dengan cakrawala waktu lima, 10 atau 20 tahun, dan harus mencakup acara-acara seperti membeli rumah, membangun dana darurat, menabung untuk pensiun dan berinvestasi untuk masa depan.

10. Mulai dana untuk keadaan darurat

AF: “Jika beberapa tahun terakhir telah mengajari kita sesuatu, hidup kita dapat berubah dalam sekejap. Memiliki dana darurat berarti Anda dapat siap untuk apa pun yang dunia berikan kepada Anda selanjutnya. Ini bukan hanya tentang mempersiapkan yang terburuk, meskipun – Anda dapat memanfaatkannya untuk memperkaya hidup Anda jika Anda memutuskan untuk mengubah segalanya dan memulai bisnis, mengikuti hasrat, atau bepergian ke luar negeri. Pilihan ada padamu!"

Baca juga:
Bagaimana Cara Mengontrol Keuangan Anda Secara Mandiri?

Jangan Jadi Sandwich Generation, Ini 6 Langkah Cepat untuk Kelola Keuangan Sehat Demi Gapai Kebebasan Finansial

Penulis: Tiger-Lily Beck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK