Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seruan Mendesak Dari UNDP dan Samsung Agar Bertindak Lebih Baik Dalam Membangun Dunia

UNDP dan Samsung berusaha untuk lebih mendukung kaum muda dengan cara berkolaborasi dengan kelompok pemimpin generasi muda dengan tujuan global sebagai panduan mereka.

Seruan Mendesak Dari UNDP dan Samsung Agar Bertindak Lebih Baik Dalam Membangun Dunia

Seperti yang Anda ketahui, manusia mengandalkan sumber daya alam untuk bisnis, aktivitas, serta kelangsungan hidup. Mengabaikan sustainability atau keberlanjutan dapat menyebabkan musnahnya sumber daya alam. Keberlanjutan memusatkan tujuannya untuk melindungi lingkungan alam setiap manusia, kesehatan, dan ekologi, sembari mendorong inovasi dan namun tetap tidak mengorbankan cara hidup Anda.

Miliaran generasi muda di dunia ingin dan perlu memiliki suara di masa sekarang sekaligus masa depan mereka. Bahkan banyak yang sudah bergerak untuk menuntut perubahan yang berani, melindungi masa depan kolektif mereka, dan terlibat dalam penyusunan agenda pembangunan global dan pembuatan kebijakan. Setiap hari, kaum muda menunjukkan bahwa mereka membawa sejumlah ide, solusi, dan inisiatif untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan teknologi guna terhubung satu sama lain, dengan dunia, dan memobilisasi untuk kebajikan sosial. 

Generation17
Generation17

Tantangan besar juga membutuhkan tindakan gagah untuk mengatasinya, dan di situlah 17 Sustainable Development Goals atau Global Goals memiliki peran mulia. Global Goals merupakan sebuah rencana yang disepakati oleh semua pemimpin di muka bumi untuk membangun dunia yang lebih hijau, lebih adil, dan lebih baik untuk tahun 2030, dan Anda semua berperan dalam proses pencapaiannya. Ini menjadi seruan mendesak untuk bertindak di seluruh dunia agar melindungi populasi yang rentan, serta keberlangsungan planet ini di tahun 2030. Upaya ini membutuhkan tekad dan visi dari para generasi penerus, dan dibutuhkan semangat inovasi beserta kemampuan mereka untuk mendobrak hambatan juga stigma.

Di sisi lain, memiliki tujuan untuk mengangkat suara para pemimpin muda yang mengubah dunia dan berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Global Goals, Samsung dan United Nations Development Programme (UNDP) telah bermitra dan melakukan gerakan inisiatif yang dinamakan Generation17.

Dengan inisiatif ini, Samsung dan UNDP memberikan kesempatan bimbingan, teknologi, dan jaringan bagi para pemimpin muda untuk membantu memajukan tingkat kerja mereka. Selain itu, Generation17 juga diselaraskan dengan strategi United Nations Youth2030 yang lebih luas, mengakui agensi kaum muda, ketahanan, dan kontribusi positif mereka sebagai agen perubahan.

Tamara Dewi Gondo Soerijo
Tamara Dewi Gondo Soerijo

Generation17 telah mengumpulkan para visioner, advokat, dan wirausahawan yang sedang berupaya membangun masa depan yang lebih baik sebagai representatif dari beberapa negara, dari Amerika Serikat hingga Zimbabwe.

Mewakili negara Indonesia, Tamara Dewi Gondo Soerijo merupakan CEO dari Liberty Society, sebuah perusahaan sosial yang menjual merchandise B2B ramah lingkungan untuk mendanai peningkatan keterampilan perempuan terpinggirkan di Indonesia. Di Liberty Society, Tamara bertujuan untuk memberdayakan para perempuan pengungsi dengan mengajarkan keterampilan dan pendidikan fashion melalui program pelatihan House by Liberty.

Upayanya bermula dari hasratnya untuk mencari keadilan untuk semua orang, tanpa memandang ras, latar belakang, jenis kelamin, atau agama. Di tahun 2021, Liberty Society menerima Penghargaan Prinsip Pemberdayaan Perempuan dari PBB Wanita Indonesia. Selain menjadi mentor dan konsultan aktif untuk berbagai organisasi non-pemerintah di Indonesia yang bekerja di bidang penanggulangan bencana dan pengembangan masyarakat pedesaan, Tamara juga menjabat sebagai Kepala Akuisisi untuk aplikasi online styling berjudul Yuna & Co.

Kaum muda adalah kekuatan yang sangat diperlukan namun kurang dimanfaatkan dalam mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan global. Energi, semangat, dan keberanian mereka untuk menantang status quo diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah global yang kompleks, dan wawasan mereka layak menjadi pusat perhatian dan investasi yang pasti membuahkan hasil. Oleh karena itu, terbentuklah inisiatif UNDP dan Samsung yang dapat membantu mengolah potensi para generasi muda ini, menjadi salah satu solusi untuk masalah global yang sedang dihadapi semua orang. 

Created by Harper's Bazaar Indonesia for Samsung

Penulis: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of Samsung & UNDP, The Global Goals, [email protected]