Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Ideal Menemukan Serta Menata Setelan Oversized

Panduan lengkap untuk mengikuti tren mode ini!

Tips Ideal Menemukan Serta Menata Setelan Oversized
Courtesy of BAZAAR UK

Setelan oversized telah menjadi favorit bagi orang dalam mode – dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Saat ditata dengan benar, dua potong yang sengaja dibuat tidak pas dan disesuaikan dapat membuat Anda terlihat santai, kompak, dan anggun. Namun, dalam hal mengenakan dan menata setelan jas oversized, ada celah tipis antara terlihat elegan dan terlihat seperti Anda tenggelam dalam bahan yang terlalu banyak.

Baca juga: Blake Lively Tampil dalam Setelan Rok Bernuansa Monokrom untuk Menunjukkan Loyalitasnya kepada Michael Kors di NYFW

Jika Anda tergoda untuk mencoba gaya ini, tetapi khawatir lekukan Anda akan hilang dalam ansambel, Bazaar sarankan untuk memeriksa beberapa inspirasi para selebriti A-list terlebih dahulu.

Frankie Shop
Frankie Shop

Frankie Shop
Frankie Shop

Acne Studios
Acne Studios

Acne Studios
Acne Studios

Bottega Veneta
Bottega Veneta

Bottega Veneta
Bottega Veneta

Christopher John Rogers
Christopher John Rogers

Christopher John Rogers
Christopher John Rogers

Untungnya, ada banyak perempuan bergaya yang melakukannya dengan benar berulang. Sebut saja Hailey Bieber, Rosie Huntington-Whiteley, Tracee Ellis Ross, Ashley Graham, dan Emily Ratajkowski, dan semuanya memiliki cara mereka sendiri untuk melakukan tren tailoring, dan merupakan titik referensi yang bagus untuk mencari tahu jenis pakaian oversized yang ingin Anda coba.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Hal utama yang perlu diingat ketika ingin memaku tampilan "kebesaran" ini, tanpa terlihat terlalu kotak, adalah proporsi. Penata gaya selebriti Maeve Reilly, yang mendandani orang-orang seperti Megan Fox, Ciara dan sebelumnya Hailey Bieber, menyarankan untuk tetap memakai item lain agar ada definisi dalam pakaian Anda.

The Frankie Shop
The Frankie Shop

The Frankie Shop
The Frankie Shop

JacquemusRaey

Raey
Raey

Jacquemus
Jacquemus

Jacquemus
Jacquemus

"Jaga agar kemeja tetap ketat atau sesuatu yang lain memeluk badan Anda di dalam jas, sehingga dapat melihat tubuh Anda dengan cara tertentu," katanya kepada Bazaar. "Secara pribadi, saya suka melakukannya dengan celana baggy, crop top, dan kemudian blazer longgar. Ini semua tentang berpakaian untuk tipe tubuh Anda, jadi pikirkan hal atau fitur apa yang paling Anda sukai dan tunjukkan itu."

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Tidak hanya kunci penataan saat membuat setelan jas oversized terlihat chic, tetapi juga penting untuk memilih bahan berkualitas tinggi yang cocok dengan bingkai Anda.

Kita semua tahu bahwa dalam hal berbelanja, adalah cerdas untuk menginvestasikan uang Anda pada barang-barang yang dapat Anda pakai dari tahun ke tahun. Kami menyarankan untuk memilih lini yang menjauhi tren dan menggunakan kain berkualitas tinggi, sehingga dijamin tahan uji waktu. Cari brand seperti Christopher John Rogers untuk sesuatu yang cerah dan berani, The Frankie Shop untuk estetika cool girl dan Acne Studios untuk kebutuhan lemari pakaian.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Untuk tips lebih lanjut tentang menguasai tren rumit ini, kami berbicara dengan Gaelle Drevet, desainer di The Frankie Shop, label yang terkenal dengan potongan yang kebesaran, memberikan wawasannya tentang cara menemukan, menata, dan mengubah setelan jas oversized Anda yang sempurna.

Bagaimana Anda menemukan setelan oversized yang sempurna?

“Yah, itu harus terlihat terlalu kotak, karena itulah yang akan membuat Anda terlihat effortless namun sleek – berpikir canggih tetapi santai. Ini benar-benar semua tentang proporsi, bahan dan konstruksi blazer di sekitar bahu juga memiliki banyak hubungannya dengan apakah pakaian itu tergantung atau jatuh di tubuh; jika itu besar, tetapi bahannya tepat, itu mengalir di sekitar Anda dengan cara yang sangat menyanjung."

Apa yang Anda suka gaya dengan setelan oversized?

"Apa pun, asalkan tidak mengganggu kenyamanan siluet. Yang saya suka dari tampilan ini adalah kenyataan bahwa Anda terlihat menyatu tanpa berusaha terlalu keras. Menambahkan sesuatu yang cinched atau pas cenderung terlihat terlalu dibuat-buat. Kami punya menginternalisasi begitu banyak aturan tak tertulis yang memberi tahu wanita (dan pria dalam hal ini) bagaimana tampil diinginkan dan kuat, tetapi saya berpendapat bahwa tampilan oversized cukup kuat untuk mata seperti itu. Ini menjelma jenis rayuan yang berbeda berdasarkan kepribadian dan itu beradaptasi dengan baik untuk setiap bentuk tubuh."

Bagaimana Anda memadukannya untuk gaya kasual dan untuk acara yang lebih formal?

"Bagi saya, ini tentang mengubah apa yang ada di bawah pinggang. Jika saya ingin berdandan, saya akan memasangkan blazer atau jaket oversized dengan celana yang serasi atau celana jeans. Untuk sentuhan yang lebih bergaya, saya akan memakai blazer yang sama dengan legging atau gaun."

Apakah Anda memiliki saran yang bagus untuk diberitahu kepada penjahit Anda?

“Nah, kelebihan setelan oversized adalah bisa menyesuaikan dengan perubahan bentuk dan ukuran tubuh Anda. Jahitan bahu biasanya akan jatuh jauh melewati ujung bahu, jadi Anda punya sedikit ruang 'goyangan' konstruksi bahan berkualitas bisa sangat rumit, jadi membuat perubahan bisa jadi sulit. Pastikan Anda memiliki penjahit yang baik."


Baca juga:
Kylie Jenner Tampil dengan Setelan Blazer, Celana Tipis, dan Tanpa Baju Dalaman

Oscar Isaac Tampil Mengenakan Setelan Rok Karya Thom Browne di Karpet Merah London

Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK, Instagram @thefrankieshop & @rosiehw