Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Butuh Inspirasi Ucapan untuk Hari Kartini? Gunakan Quotes tentang Sosok Wanita dari 10 Figur Publik Indonesia Ini

Ucapan sederhana Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang yang melihatnya.

Butuh Inspirasi Ucapan untuk Hari Kartini? Gunakan Quotes tentang Sosok Wanita dari 10 Figur Publik Indonesia Ini
Foto: Courtesy of Instagram @pevpearce @lunamaya @claurakiehl

Hari Kartini telah tiba. Hari bersejarah itu tak hentinya memberikan dampak dan perubahan berarti bagi Indonesia, khususnya para wanita-wanita kuat di luar sana. Perayaan akan hari tersebut dihadirkan agar kita, baik wanita maupun pria, tak melupakan perjuangan Kartini perihal emansipasi wanita. Momen berharga ini tak berarti haya mengingat perjuangan Kartini, tetapi juga para pahlawan wanita maupun ragam sosok di luar sama yang terus berusaha membuat dunia yang lebih baik bagi wanita. 
 
Walau terkesan sepele, meningkatkan awareness untuk Hari Kartini melalui pemberian ucapan terkaitnya sangatlah bernilai. Karena, nyatanya, hal sekecil apapun yang Anda lakukan dapat bermakna bagi orang lain. Siapa tahu, ucapan-ucapan sederhana tersebut dapat menjadi inspirasi bagi orang yang melihatnya dan membangkitkan semangat para wanita yang sedang mengalami kesulitan.
 
Oleh karena itu, dalam rangka menyemarakkan Hari Kartini ini, Bazaar ingin mengajak Anda untuk menyebarkan ucapan-ucapan yang melambangkan tujuan diciptakannya peringatan tahunan ini, yaitu untuk emansipasi wanita dan memperjuangkan kesetaraan dalam segala bidang. Tak perlu khawatir, karena Bazaar telah merangkum ragam kutipan bermakna dari para selebriti Indonesia yang mewakilkan semangat dari Hari Kartini. Berikut adalah 10 di antaranya. 
 

Menjadi independen itu bukan sesuatu hal yang salah. Laki-laki saja bisa merdeka, mengapa perempuan enggak? – Luna Maya

Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya

Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya

Bagi aktris yang satu ini, menjadi perempuan independen bukanlah sebuah hal yang buruk untuk dilakukan. Walaupun tiap perempuan dapat ‘kuat’ dengan caranya masing-masing, menurutnya, perempuan yang kuat adalah mereka yang mempunyai karakter dan prinsip terhadap apa yang bisa membuat mereka bahagia. Oleh karena itu, perjuangkanlah apa yang ingin Anda capai, tanpa perlu memusingkan pandangan orang lain terhadapnya. 
 
 

Being independent, being strong, and being able to be happy alone is important – Teungku Nadira Adnan

Foto: Courtesy of Instagram @teungkunadiraadn

Foto: Courtesy of Instagram @teungkunadiraadn

 
Bukan berarti kita tidak perlu orang lain, tetapi, yang dimaksud oleh penyanyi yang satu ini adalah kita harus tahu cara membahagiakan diri sendiri. Dengan mengetahuinya, kita dapat memahami kekuatan diri sendiri dan tidak mudah bergantung pada orang lain. Selain itu, dengan independen dan kuat, kita mampu menunjukkan dunia kehebatan yang kita miliki sebagai wanita.
 
Kita sebagai perempuan bukan ornamental, bukan aksesori, bukan penari latar. Kita punya peranan yang sama seperti saudara kita yang laki-laki – Dian Sastrowardoyo

Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

 
Menurut Dian Sastro, perempuan memiliki peranan yang sama seperti laki-laki, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Kita pun bisa sekuat mereka, setangguh mereka, dan seberguna mereka. Oleh karena itu, tunjukkan kepada dunia bahwa perempuan pun bisa setara dengan laki-laki dan bekerja sama dalam menciptakan dunia yang lebih baik. 
 
Sebagai perempuan, jangan takut untuk menjadi pemimpin dan sosok yang kuat serta berani – Cinta Laura

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

Foto: Courtesy of Instagram @claurakiehl

 
“Jangan galak-galak atau terlalu dominan, nanti enggak ada laki-laki yang suka.” Tampaknya ungkapan seperti itu sudah tak asing lagi untuk didengar. Namun, tentu bahwa itu tidaklah benar. Sebagai wanita, jangan takut untuk menjadi sosok pemimpin atau memiliki sifat yang kuat. Tak perlu peduli apa kata lingkungan sekitar karena yang penting adalah diri dan hidup Anda sendiri. Tampaknya, makna itulah yang ingin Cinta Laura sampaikan.
 
Habis gelap, terbitlah terang – R.A. Kartini

Foto: Courtesy of Goodreads

Foto: Courtesy of Goodreads

 
Tampaknya tak afdal jika merayakan Hari Kartini tanpa ungkapan ternama dari sang tokoh. DIjadikan sebagai judul buku yang berisi kumpulan suratnya, ungkapan tersebut menyiratkan kita untuk tidak lelah berjuang. Karena, walaupun mengalami masa-masa kelam atau sulit, kita pasti dapat melewatinya dan merasakan kebahagiaan yang menghangatkan. Oleh karena itu, kita, sebagai wanita, jangan pernah lelah untuk berusaha, walaupun ragam rintangan telah menanti di depan mata. 
 
I truly believe that every woman has their own strength and circumstances, and yes, we should embrace it all! – Pevita Pearce

Foto: Courtesy of Instagram @pevpearce

Foto: Courtesy of Instagram @pevpearce

 
Melalui quote yang satu ini, Pevita Pearce ingin mengajak Anda untuk tunjukkan diri Anda yang sebenernya, baik kekuatan maupun keadaan lain yang menyertai. Dengan melakukannya, kita dapat menjadi lebih kuat karena mampu menerima diri apa adanya dan memanfaatkan segala hal yang kita miliki serta menjadikannya kekuatan tersendiri bagi kita. 
 
You are royal, you are resilient, you are powerful, you are badass! – Hannah Al Rashid

Foto: Courtesy of Instagram @hannahalrashid

Foto: Courtesy of Instagram @hannahalrashid

 
Terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki, tiap diri kita pasti memiliki kekuatan dan keunggulan yang dapat ditonjolkan. Hannah Al Rashid mengajak kita untuk menunjukkan ragam kelebihan yang kita miliki dan menjadi pribadi yang bangga terhadapnya. Ia yakin bahwa masing-masing dari kita telah terlahir sebagai wanita yang tangguh dan kuat. Jangan biarkan lingkungan sekitar membuat ‘mutiara’ tersebut tidak terlihat dan memudar.
 
Dalam membangun Indonesia, kita butuh perempuan-perempuan tangguh. Ada yang langsung terjun ke lapangan, ada pula yang menjaga tatanan keluarga – Presiden Joko Widodo

Foto: Courtesy of Instagram @jokowi

Foto: Courtesy of Instagram @jokowi

 
Ungkapan Joko Widodo tersebut membuktikan bahwa Hari Kartini tidak hanya perlu dirayakan oleh wanita, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia, termasuk kaum pria. Jokowi memperuntukkan ungkapan tersebut bagi seluruh wanita Indonesia, bagi yang aktif bekerja maupun berada di rumah sebagai ibu rumah tangga. Karena, keduanya sama-sama bermanfaat dan bermakna, memiliki peran yang sama-sama penting dan sulit. 
 
Sebagai perempuan Indonesia, aku percaya bahwa aku memiliki kesempatan untuk meraih mimpi setinggi mungkin terlepas apa kata mereka tentang perempuan. I am a woman and I am proud! – Chelsea Islan

Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

 
Chelsea Islan dengan berani telah mengaku bangga terlahir sebagai seorang perempuan. Sudahkah Anda? Penting untuk bangga terhadap diri kita yang merupakan bagian dari komunitas perempuan. Dengan berbekal kebanggaan dan keyakinan akan diri sendiri, keberhasilan akan menunggu di depan mata. Gunakan segala kesempatan yang dimiliki untuk membuktikan kehebatan diri kita sebagai seorang perempuan dan buktikan bahwa pandangan negatif terkaitnya tidaklah benar. 
 
Make yourself a priority and let yourself handle the rest – Andien Aisyah

Foto: Courtesy of Instagram @andienaisyah

Foto: Courtesy of Instagram @andienaisyah

 
Bagi Andien, menjadikan diri sebagai prioritas adalah hal yang penting, khususnya bagi para wanita. Terlepas dari banyaknya tugas dan tanggung jawab yang dipikul, cobalah utamakan diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan dan mengurus hal-hal lain yang perlu dituntaskan. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram dan Goodreads)