Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Meraih Rambut Berkilau Seperti Kaca

Cobalah saran profesional ini untuk mendapatkan kilau layaknya perawatan di salon dalam hunian Anda.

Cara Meraih Rambut Berkilau Seperti Kaca
Courtesy of Bazaar UK

Selama beberapa waktu, rambut yang sangat mengkilap dan berkilau telah mendominasi catwalk dan media sosial kita. Dari versi mewah Chanel dari tren pelurusan rambut tahun '90-an, hingga obsesi TikTok dengan 'liquid hair' dan 'glass hair', Bazaar secara kolektif mengadopsi aspirasi rambut sehat pasca pandemi.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Model Rambut untuk Wanita Tomboy

Namun, tanpa penata rambut pribadi, atau tanpa ring light dan filter virtual, dalam kehidupan sehari-hari, banyak dari kita yang berjuang untuk mencapai tingkat kilau yang menyerupai pada hampir 287.000 unggahan #glossyhair di Instagram.

Menurut sebuah penelitian Dove, 58 persen dari kita terus berusaha untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Air sadah, polusi, dan penataan rambut dengan panas dapat merusak tekstur rambut kita, dan kemampuannya untuk memantulkan cahaya. Sementara pewarnaan rambut dapat memberikan kilau sementara, sering kali dengan proses kimiawi, porositas rambut meningkat, dan merampas vitalitasnya.

Namun, ada cara mudah untuk mendapatkan rambut yang lebih berkilau yang membantu meningkatkan kesehatannya dalam prosesnya. Di sini para ahli membantu menjelaskan caranya.

Courtesy of Bazaar UK

Di Salon

Cara yang terjamin untuk mendapatkan rambut yang lebih berkilau adalah dengan toner profesional, seperti yang dijelaskan oleh teknisi warna ahli Zoe Adams.

"Toner tidak hanya menambah warna pada rambut. Toner berbasis asam dapat menambah kilau pada rambut alami dan tidak akan mempengaruhi warna. Dengan memantulkan cahaya, hal ini memberikan efek seperti pernis super mengkilap pada rambut yang kami sebut 'glossing'."

Tanyakan di salon untuk mendapatkan Redken Shades EQ hair gloss. Setelah konsultasi awal, penata rambut Anda akan membuatkan kilap khusus untuk Anda yang dapat dikerjakan dalam waktu 15 menit. Anggap saja ini seperti lip gloss untuk rambut (bening atau tidak): ini meningkatkan kondisi rambut sekaligus menambahkan kilau.

Menurut pengalaman kami, produk ini membuat perbedaan yang sangat nyata pada kilau dan kelembutan rambut Anda hingga satu bulan.

Jika rambut kusut dan kusut atau mengembang adalah masalah Anda, cobalah perawatan smoothing berbasis keratin. Sering disebut 'Brazilian blow-dry', menggunakan formula kimia yang, ketika diaktifkan dengan panas bereaksi dengan asam amino dalam rambut Anda, ikatan baru terbentuk untuk menjaga gaya Anda tetap ramping hingga tiga bulan.

Kami merekomendasikan Permanent Blow Dry dari jaringan salon independen di London, Hershesons, versi lembut dari perawatan ini yang tidak akan menyebabkan kerusakan seperti yang Anda alami dengan perawatan tradisional.

Cocok untuk jenis rambut halus dan tebal, membuat teksturnya jauh lebih halus, sehingga lebih mudah memantulkan cahaya.

Courtesy of Bazaar UK

Di Rumah

Lupakan sejenak produk penata rambut: kilau rambut dimulai saat mandi.

Untuk membantu mengimbangi polusi dan penumpukan produk penataan rambut, gunakan sampo clarifying seminggu sekali. Sampo Larry King Hair Care City Life dengan lembut menghilangkan klorin, mineral air sadah, dan residu penataan rambut. Karena diformulasikan untuk rambut yang diwarnai, sampo ini akan membantu mencegah perubahan atau pemudaran warna.

Dengan sampo dan kondisioner apa saja, membilas rambut secara menyeluruh akan membantu tidak hanya menjaga kulit kepala Anda tetap sehat tetapi juga memaksimalkan kilaunya. Penata rambut Adam Reed memberi tahu kami, "ketika Anda merasa telah membilas rambut dengan cukup baik, bilaslah selama satu menit lagi".

Courtesy of Bazaar UK

Untuk lebih mengilap, penambahan gloss di rumah dapat menjadi game changer. Cobalah Josh Wood Gloss, yang Anda aplikasikan seperti perawatan deep conditioning, biarkan selama 20 menit sebelum dicuci.

Josh menjelaskan: "Saya merancang perawatan semi permanen ini untuk mengkondisikan rambut saat diwarnai, untuk membuat rambut berkilau, sehat dan mengembang." Kami dapat memastikan bahwa ini berhasil.

Sepuluh jenis ini tidak akan benar-benar mewarnai rambut Anda, tetapi memaksimalkan waktu di antara waktu pewarnaan dan mendinginkan atau menghangatkan warna rambut Anda secara halus, baik yang diwarnai dengan bahan kimia atau tidak.

Untuk perawatan mengkilap yang jelas di rumah, kami juga merekomendasikan Ouai Hair Gloss, Glaze Sheer Glow Transparent Clear Conditioning Super Gloss, dan Glaze GlaziPlex Super Bond Repair Treatment.

Josh Wood Colour. Gloss (Various Colours)

Courtesy of Bazaar UK

Ouai Hair Gloss

Courtesy of Bazaar UK

Glaze Clear Conditioning Gloss

Courtesy of Bazaar UK

Larry King City Life Shampoo Bottle

Courtesy of Bazaar UK

Ghd Bodyguard Heat Protect Spray

Courtesy of Bazaar UK

Schwarzkopf Professional OSiS+ Sparkler Shine Spray

Courtesy of Bazaar UK

Ketika berbicara tentang penataan rambut dengan panas, ingatlah untuk tidak mengorbankan kesehatan jangka panjang rambut Anda demi keuntungan jangka pendek. Lengkapi diri Anda dengan perlindungan panas premium dan alat berteknologi tinggi, seperti yang disarankan oleh penata rambut Michelle Thompson: "Saya selalu memilih semprotan pelindung panas GHD Bodyguard, yang membuat rambut terasa halus seperti sutra tanpa residu lengket." Ia melanjutkan dengan penata rambut GHD Platinum+, menjelaskan "alat catoknya meluruskan dan menghaluskan rambut tanpa mengorbankan kesehatan dan kondisinya".

Terakhir, untuk peningkatan instan dan untuk benar-benar memperkuat hasil dari perawatan kilau, gunakan semprotan kilau terbaru. Schwarzkopf Professional Osis+ Sparkler Shine Spray, yang sering digunakan di belakang panggung London Fashion Week, memberikan kilau layaknya filter yang tidak akan membebani rambut.

BACA JUGA:
Semua Tren Rambut 2024 yang Diprediksi Bazaar
Seperti Apa Model Rambut Butterfly Cut?

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)