Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Para ahli menjelaskan perawatan terbaik di salon dan di rumah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Courtesy of Bazaar UK

Jika Anda telah mengatasi masalah jerawat dan berhasil, mungkin Anda merasa pertempuran telah dimenangkan. Namun, begitu banyak noda tertinggal menjadi bekas di kulit Anda setelah jerawat mereda. Bekas luka berlubang dan bercak pigmentasi merah dapat bertahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, tetapi ada cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kemulusan kulit menjadi cerah dan rata.
 
BACA JUGA: Panduan dari Pakar untuk Merawat Kulit Setelah Melakukan Injeksi dan Filler

Di sini, kami meminta para ahli untuk mengungkapkan dengan tepat cara menghilangkan bekas jerawat serta pigmentasi dengan cepat dan seaman mungkin.
 

Apa itu bekas jerawat?

Istilah umum, bekas jerawat dapat merujuk pada banyak tanda berbeda yang mungkin ditinggalkan oleh jerawat. "Bekas jerawat datang dalam berbagai bentuk, termasuk bekas luka rolling, boxcar, dan ice-pick," jelas Pamela Marshall, ahli kecantikan dan pendiri butik kecantikan di London, Mortar & Milk.
 
Sementara sebagian besar jenis bekas jerawat dapat diobati melalui berbagai metode, walaupun ada bagian yang memerlukan perawatan spesialis, seperti yang dijelaskan oleh Dija Ayodele, ahli estetika sekaligus pendiri West Room Aesthetics. "Berhati-hatilah dengan bekas jerawat yang menjadi keloid, rentan terhadap kulit yang lebih gelap, Anda disarankan untuk melakukan perawatan berdasarkan trauma ringan pada kulit, seperti pengelupasan kimiawi dan microneedling. Jika Anda memiliki bekas jerawat seperti ini, yang terbaik adalah menemui dokter atau dokter kulit yang dapat memberikan suntikan steroid atau saran untuk menghilangkannya dengan operasi."

Bekas jerawat atau hiperpigmentasi?


Bekas jerawat dan hyperpigmentation (hiperpigmentasi) pasca inflamasi dapat terjadi setelah breakout, tetapi keduanya sebenarnya sangat berbeda, dan oleh karena itu diperlukan pendekatan yang berbeda untuk memudarkannya.
 
"Bekas jerawat terjadi ketika terlalu banyak kolagen terbentuk di tempat tertentu saat luka sedang dalam proses penyembuhan," Jelas Dr. Dennis Gross, seorang dokter kulit. "Bekas luka sering berkembang di dalam lapisan dermis, di tempat peradangan asli yang disebabkan oleh jerawat."
 
“Ketika seseorang memiliki cystic acne, ada kemungkinan besar untuk orang tersebut memiliki bekas luka, rolling atau boxcar, terutama jika diambil sebelum jerawat itu "siap", atau terlalu agresif,” kata Pamela. Pendapat itu juga disetujui oleh Dr. Philippe Hamida-Pisal, seorang praktisi estetika setuju, “Karena menyentuh dan memencet jerawat akan merusak pembuluh darah kecil, kelenjar, dan jaringan di sekitar titik yang kelak akan menimbulkan bekas jerawat," tuturnya.
 
Tidak seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi pasca inflamasi hanyalah bentuk pigmentasi kulit (seperti kerusakan akibat sinar matahari), yang terjadi akibat trauma pada kulit. Karena tidak merusak folikel, itu tidak dianggap sebagai bentuk jaringan kulit yang sebenarnya rusak. 
 
Menurut Dija, jenis dan warna kulit tertentu lebih mungkin mengalami kemerahan pasca jerawat. "Warna kulit yang lebih gelap lebih rentan terhadap hiperpigmentasi karena tingkat melanin yang lebih tinggi di kulit. Ini berarti bahwa setiap kali ada trauma, sel melanin dengan cepat bertindak untuk menghasilkan lebih banyak melanin untuk mempertahankan dan melindungi dari trauma itu," katanya.

Rekomendasi produk yang dapat Anda coba:

Naturium

Niacinamide Cleansing Gelée 3%

Naturium Niacinamide Cleansing Gelee 3%

Courtesy of Bazaar UK

£18.50 (sekitar 301.918 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Dengan campuran niacinamide, pembersih gel berbusa ini disesuaikan dengan tekstur dan pigmentasi yang melekat. Ini adalah langkah pertama yang solid dalam mencapai kecerahan.

SkinCeuticals

Blemish and Age Defense Corrective Gel

SkinCeuticals Blemish and Age Defense Corrective Gel
Courtesy of Bazaar UK

£50.00 (sekitar 815.995 Rupiah)
Terdapat di Look Fantastic

Pembersih gel yang direkomendasikan para ahli ini menggunakan asam glikolat dan salisilat, jadi bertindak sebagai pembersih dan perawatan pengelupasan dalam satu produk.


Medik8

Surface Radiance Cleanse™

Medik8 Surface Radiance Cleanse™
Courtesy of Bazaar UK

£22.00 (sekitar 359.038 Rupiah)
Terdapat di Medik8

Medik8 adalah produk terpercaya untuk kulit dengan kecenderungan "memberontak". Pembersih gel ini mengandung kombinasi asam untuk menawarkan pengelupasan harian yang lembut.


Cerave

SA Smoothing Cleanser

Cerave SA Smoothing Cleanser
Courtesy of Bazaar UK

£12.00 (sekitar 195.838 Rupiah)
Terdapat di Boots

Pembersih yang disetujui dokter kulit ini menyeimbangkan asam salisilat yang mengklarifikasi dengan ceramide peningkat barrier kulit.

Kabar baiknya adalah guna menghilangkan bekas jerawat dan pigmentasi, ada beberapa pilihan yang menjanjikan, mulai dari perawatan profesional hingga peretasan di rumah.

Jika Anda ingin mengurangi bekas luka rolling, boxcar, atau ice-pick, solusinya mungkin ada di salon. Hiperpigmentasi pasca inflamasi akan memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, tetapi ada beberapa pilihan, baik di salon maupun di rumah yang dapat Anda manfaatkan untuk mempercepat prosesnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat:

Microneedling

Ada banyak perawatan di luar sana untuk membantu memudarkan berbagai bentuk bekas jerawat, termasuk laser dan mikrodermabrasi, tetapi perawatan yang disukai Pamela adalah microneedling. “Dapat dilakukan oleh seorang profesional, microneedling mungkin adalah pilihan terbaik untuk bekas jerawat, dan juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan,” jelasnya.

Prosesnya melibatkan penggunaan jarum kecil untuk membuat tusukan mikro di kulit, yang memulai pembaharuan sel, menghasilkan dalam produksi kolagen dan elastin yang lebih besar. Dija setuju, menambahkan bahwa, "Semakin dini dilakukan semakin baik, karena jauh lebih menantang untuk merawat bekas luka lama."


Peeling

Jika bekas luka Anda tidak parah, chemical peel bisa menjadi pilihan bijak. "Untuk bekas luka yang kurang jelas, perawatan klinis dengan asam pH rendah akan membuat perbedaan besar," kata Pamela.

Terlebih lagi, pengelupasan yang dilakukan di rumah telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang ada banyak pilihan bagus yang bekerja untuk memperbaharui permukaan kulit, mengurangi kedalaman luka, dan intensitas jaringan bekas jerawat. "Untuk mengobati bekas jerawat di rumah, gunakan produk yang menawarkan pengelupasan kimiawi yang lembut," saran Dr. Dennis. Pilih bantalan pembersih (peel pads) yang sudah direndam sebelumnya untuk kemudahan penggunaan, atau coba cairan pelapis ulang gaya toner.

Rekomendasi produk yang dapat Anda coba:

Dr Dennis Gross

Alpha Beta Universal Daily Peel

Dr Dennis Gross Alpha Beta Universal Daily Peel
Courtesy of Bazaar UK

£19.00 (sekitar 310.078 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Bantalan kulit swipe-and-go yang ikonis ini membuat banyak ahli kecantikan terpikat. Sekarang, ada versi untuk seluruh tubuh juga.


Dr Dennis Gross Professional Grade

Resurfacing Liquid Peel

Dr Dennis Gross Professional Grade Resurfacing Liquid Peel
Courtesy of Bazaar UK


£102.00 (sekitar 1.664.631 Rupiah)
Terdapat di Sephora

Setelah Anda mencoba (dan menyukai) peel pads kulit legendaris Dr. Dennis, lanjutkan ke pengelupasan di klinik ini. Ini sangat ampuh, jadi jangan dioleskan pada kulit yang belum pernah terkena asam sebelumnya.


Ren

Glycol Lactic Radiance Renewal Mask

REN Glycol Lactic Radiance Renewal Mask
Courtesy of Bazaar UK

£36.00 (sekitar 587.516 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Siapa pun yang lebih memilih masker daripada perawatan tanpa bilas harus mencoba formula ini. Digunakan seminggu sekali, gel jeruk secara bertahap mencerahkan nada dan menghaluskan tekstur.


Dermalogica

Breakout Clearing Liquid Peel

Dermalogica Breakout Clearing Liquid Peel
Courtesy of Bazaar UK


£23.00 (sekitar 375.358 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Perpaduan yang tepat antara asam laktat, salisilat, mandelik, dan azelaat menjadikan pengelupasan kulit baru ini pilihan ampuh untuk mengatasi jerawat. Biarkan selama lima menit sebagai permulaan, kerjakan selama 7-10 menit, atau selama yang direkomendasikan per label.

Bagaimana menyingkirkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi

Vitamin C

Dalam hal mencerahkan hiperpigmentasi gelap, vitamin C harus menjadi senjata utama dalam gudang perawatan kulit Anda. "Saya sangat menyukainya karena berbagai alasan. Manfaatnya tidak terbatas, termasuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit sambil merangsang produksi kolagen alami tubuh Anda," kata Dr Dennis. "Tidak hanya membantu mencerahkan dan memecah pigmentasi yang mungkin sudah Anda miliki, tetapi juga mencegah terbentuknya bintik hitam di masa mendatang."

Rekomendasi produk yang dapat Anda coba:

Sunday Riley

C.E.O 15% Vitamin C Brightening Serum

Sunday Riley C.E.O 15% Vitamin C Brightening Serum
Courtesy of Bazaar UK


£70.00 (sekitar 1.142.394 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Mengandung asam askorbat 15%, perawatan malam ini akan memudarkan flek hitam dan bekas luka dalam hitungan minggu.

Tula Skincare

Brightening Treatment Drops Triple Vitamin C Serum

Tula Brightening Treatment Drops Triple Vitamin C Serum
Courtesy of Bazaar UK

£44.00 (sekitar 718.076 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Dengan vitamin C dan probiotik, ini adalah serum pencerah yang bagus untuk kulit sensitif atau rawan reaksi.

Murad

Vita-C Glycolic Brightening Serum

Murad Vita-C Glycolic Brightening Serum
Courtesy of Bazaar UK

£73.90 (sekitar 1.206.041 Rupiah)
Terdapat di Look Fantastic

Menggabungkan asam glikolat dengan vitamin C, ini adalah serum yang digerakkan oleh hasil bagi mereka yang ingin mengatasi tekstur dan nada. Gunakan semuanya, atau untuk merawat tambalan pasca jerawat.

La Roche-Posay

Pure Vitamin C10 Serum

La Roche-Posay Pure Vitamin C10 Serum
Courtesy of Bazaar UK

£40.00 (sekitar 652.796 Rupiah)
Terdapat di Look Fantastic

Ini adalah serum vitamin C pemula yang brilian, bekerja untuk mencerahkan dan melindungi secara bertahap sambil tetap cukup lembut untuk kulit sensitif.

Alpha-Hydroxy-Acids

Menurut Dija, pengelupasan kimia juga merupakan cara yang bagus untuk memudarkan hiperpigmentasi pasca inflamasi, karena "Ini akan membantu kulit terkelupas dengan cepat dan memudarkan perubahan warna." Asam alfa-hidroksi seperti asam glikolat, laktat, dan mandelat bekerja dengan melarutkan 'lem' yang menyatukan sel-sel kulit mati, memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan segar di bawahnya.

"Pada kulit hitam, yang terbaik adalah melakukan serangkaian pengelupasan superfisial selama beberapa bulan daripada melakukan satu pengelupasan dalam, yang dapat menyebabkan pigmentasi pasca inflamasi lebih lanjut," kata Dija.

Pertimbangkan produk rumahan dengan dosis rendah yang dirancang untuk kulit sensitif, seperti Alpha Beta Universal Daily Peel dari Dr. Dennis Gross atau QMS Exfoliant Aktif Medikosmetik 7% Sensitif. Poli-hidroksi-asam juga merupakan alternatif yang baik dan lembut untuk asam glikolat yang sering digunakan, karena ukuran molekulnya yang lebih besar berarti penetrasi ke dalam kulit akan berkurang. Anda dapat menemukan dosis alpha-hydroxy-acids yang sempurna dalam Press & Glow toner milik Medik8, yang dirancang untuk menghidrasi saat terkelupas.

Rekomendasi produk yang dapat Anda coba:

Skin + Me

Personalised Daily Treatment

Skin + Me Personalised Daily Treatment
Courtesy of Bazaar UK

£24.00 (sekitar 390.632 Rupiah)
Terdapat di Skinandme

Layanan dokter kulit digital Skin + Me akan mengeluarkan krim perawatan campuran khusus tanpa biaya konsultasi. Dari retinoid berkekuatan resep hingga asam azelaic, ada sesuatu yang akan mencapai tujuan kulit setiap orang.

Psa

Follow The Light Radiance Peel

PSA Follow The Light Radiance Peel
Courtesy of Bazaar UK

£43.00 (sekitar 699.882 Rupiah)
Terdapat di Allie.shop

Menggabungkan AHA dengan vitamin C, masker pelapis ulang mingguan ini akan bekerja pada tekstur dan nada. Biarkan selama lima menit bukan dua puluh seperti yang disarankan, sebagai permulaan.


Medik8

Press & Glow™

Medik8 Press & Glow™
Courtesy of Bazaar UK

£28.00 (sekitar 455.737 Rupiah)
Terdapat di Medik8

Tonik malam hari ini sangat ideal untuk pengelupasan kulit setelah berjerawat. Untuk jerawat aktif, ada Press & Clear berbasis asam salisilat.


The Inkey List

Tranexamic Acid Serum

The INKEY List Tranexamic Acid Serum
Courtesy of Bazaar UK

£83.00(sekitar 1.350.936 Rupiah)
Terdapat di Sephora

Asam traneksamat adalah kata kunci terbaru di industri ini, terkenal karena kekuatan memudarkan pigmentasinya. Ini adalah opsi anggaran terbaik.

Retinoid

"Retinol (atau vitamin A) berguna untuk jerawat karena memudarkan hiperpigmentasi dengan meningkatkan tingkat pergantian sel," jelas Dr Philippe.

Untuk beberapa retinol yang menggunakan resep, harus melakukan pertemuan dengan dokter kulit atau janji dokter kulit digital yang lebih terjangkau, tetapi saat ini ada beberapa merek yang sangat baik, bekerja dengan turunan vitamin A yang efektif, seperti Sunday Riley dan La Roche- Posai. Seperti biasa dalam hal perawatan kulit aktif, ikuti petunjuknya dengan ketat, konsultasikan dengan dokter jika ragu, dan kenakan SPF setiap hari.

Rekomendasi produk yang dapat Anda coba: 

Medik8

Crystal Retinal™

Medik8 Crystal Retinal™
Courtesy of Bazaar UK

£45.00 (sekitar 732.435 Rupiah)
Terdapat di Medik8

Medik8 membuat retinol cukup mudah bekerja melalui tabung Crystal Retinal 1, lalu lanjutkan ke 3, 6, dan 9 yang lebih kuat.

Sunday Riley

A+ High-Dose Retinoid Serum

Sunday Riley A+ High-Dose Retinoid Serum
Courtesy of Bazaar UK

£70.00 (sekitar 1.139.343 Rupiah)
Terdapat di Space NK

Berkekuatan tinggi dan bekerja cepat, serum retinol ini hanya perlu digunakan beberapa malam dalam seminggu.


La Roche-Posay

Redermic Retinol Night Moisturiser

La Roche-Posay Redermic Retinol Night Moisturiser
Courtesy of Bazaar UK 

£32.00 (sekitar 520.842 Rupiah)
Terdapat di Boots

Pelembap malam sederhana ini mengandung jumlah retinol yang tepat untuk muncul kembali tanpa menyebabkan kemerahan.


Dr. Sam's Flawless Nightly Serum

Dr. Sam's Flawless Nightly Serum
Courtesy of Bazaar UK

£44.00 (sekitar 716.158 Rupiah)
Terdapat di Drsambunting

Dari garis dokter kulit Dr. Sam Bunting sendiri, serum pintar ini memadukan retinol dengan asam azelaic yang meredakan peradangan. Ini harus dicoba untuk siapa saja yang berjerawat, rosacea, atau keduanya.

Terapi Lampu LED

Terapi cahaya telah terbukti bekerja pada begitu banyak masalah kulit, mulai dari  kolagen hingga menghilangkan jerawat aktif, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa LED merah khususnya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat perbaikan sel, membantu kulit pulih dari jerawat secara lebih efektif. 

Di mana terapi semacam itu dulunya terbatas pada empat dinding klinik facialist, beberapa merek kini telah memanfaatkan masker dan gadget berteknologi canggih ini untuk digunakan di rumah. Carilah yang memiliki pengaturan lampu merah, mayoritas memiliki ini, dan gunakan secara teratur untuk hasil yang kumulatif.

Rekomendasi produk untuk Anda:

Solawave

Advanced Skincare Wand

Solawave Advanced Skincare Wand
Courtesy of Bazaar UK

£135.00 (sekitar 2.197.305 Rupiah)
Terdapat di Beauty Bay

Bagi mereka yang menginginkan keajaiban perawatan kulit maksimal dengan sedikit usaha, tongkat sihir kecil namun perkasa ini menggabungkan LED merah yang kuat dengan arus mikro dan panas yang menenangkan untuk mengencangkan, mengencangkan, dan mencerahkan saat Anda duduk di sofa.


Mz Skin

Light-Therapy Golden Facial Treatment Device

MZ SKIN Light-Therapy Golden Facial Treatment Device
Courtesy of Bazaar UK

£385.00 (sekitar 6.266.390 Rupiah)
Terdapat di Net-A-Reporter

Dicintai oleh A-list, masker LED Dr. Maryam Zamani akan meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan bintik hitam yang masih ada.


Angela Caglia

Cellreturn Premium LED Mask

Angela Caglia Cellreturn Premium LED Mask
Courtesy of Bazaar UK

£1,495.00 (sekitar 24.333.125 Rupiah)
Terdapat di Net-A-Reporter

Pilihan yang benar-benar canggih, topeng nirkabel Angela Caglia berisi lebih dari 700 lampu LED untuk menyatukan nada, menghilangkan noda, dan meningkatkan kolagen.


Déesse Pro

LED Mask Next Generation

Déesse Pro LED Mask Next Generation
Courtesy of Bazaar UK

£1,440.00 (sekitar 23.437.926 Rupiah)
Terdapat di CultBeauty

Dengan lebih dari tiga kali jumlah rata-rata dioda LED, perangkat ini dianggap oleh banyak orang sebagai kata terakhir dalam perawatan di rumah.

Perscription Products
 
Ketika berhadapan dengan masalah kompleks seperti jaringan bekas jerawat, menemui dokter kulit selalu merupakan ide yang bagus, tetapi memang benar bahwa konsultasi ini bisa mahal dan tidak nyaman.

Lockdown yang disebabkan pandemi merevolusi industri estetika dan membuka jalan bagi sejumlah layanan online ahli. Anda sekarang dapat memesan untuk melihat salah satu otoritas terkemuka London melalui Get Harley, platform digital dengan biaya hanya 40 Poundsterling untuk buat janji dengan ahli kecantikan, atau 150 Poundsterling untuk konsultan dokter kulit. Mereka akan menawarkan saran dan analisis satu per satu, serta resep, dan produk apa pun yang diperlukan.

Demikian pula, platform seperti Skin + Me menawarkan serum kekuatan resep yang dicampur khusus untuk mengatasi masalah kulit yang lebih lanjut, mulai dari pigmentasi dan bekas jerawat hingga rosacea dan melasma. Dengan biaya hanya 24,99 Poundsterling (sekitar 407.834 Rupiah) per bulan, ini merupakan opsi bernilai cemerlang bagi siapa pun yang ingin mencoba perawatan yang lebih aktif.

BACA JUGA:
Saat yang Tepat Untuk Menambahkan Retinol Dalam Rangkaian Perawatan Wajah Anda 
25 Rekomendasi Desain Kuku Minimalis

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)