Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

UNED_Simak Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Para ahli menjelaskan perawatan terbaik di salon dan di rumah

UNED_Simak Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
COURTESY OF BAZAAR UK

Jika Anda telah berhasil mengatasi masalah jerawat, mungkin Anda merasa telah menang. Namun, begitu banyak bekas yang tertinggal dalam jangka yang cukup lama setelah jerawat mereda. Bekas luka dan bercak-bercak pigmentasi merah dapat bertahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tetapi ada beberapa taktik yang dapat Anda terapkan untuk memuluskan kembali ke kulit yang cerah dan merata.

Di sini, kami meminta para ahli untuk mengungkapkan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dan pigmentasi secepat dan seaman mungkin.

BACA JUGA: Tak Selalu Sama, Kenali 5 Jenis Bekas Jerawat Dan Cara Mengatasinya!

Apa yang dimaksud dengan bekas jerawat?

Pada umumnya, bekas jerawat merupakan berbagai macam tanda yang ditinggalkan oleh jerawat. "Bekas jerawat datang dalam berbagai bentuk, termasuk yang menggulung, kotak, dan tusuk es," jelas Pamela Marshall, ahli kecantikan klinis dan pendiri Mortar & Milk. 

Meskipun sebagian besar bekas luka dapat diobati dengan berbagai metode, ada satu bagian yang membutuhkan perawatan spesialis. Seperti yang dijelaskan oleh ahli estetika dan pendiri West Room Aesthetics, Dija Ayodele. "Berhati-hatilah karena jaringan parut keloid, yang rentan terjadi pada kulit yang lebih gelap, dapat menjadi kontraindikasi untuk melakukan perawatan. Yang bekerja berdasarkan trauma ringan pada kulit, seperti chemical peeling dan microneedling. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, yang terbaik adalah menemui dokter kulit yang dapat memberikan suntikan steroid atau menyarankan untuk menghilangkannya dengan pembedahan."

Bekas jerawat atau hiperpigmentasi?

Bekas jerawat dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi dapat terjadi setelah berjerawat. Tetapi keduanya sebenarnya sangat berbeda. Dan dengan demikian diperlukan pendekatan yang berbeda untuk memudarkannya.

"Bekas jerawat terjadi ketika terlalu banyak kolagen yang terbentuk di tempat di mana luka sedang dalam proses penyembuhan," jelas dokter kulit Dr Dennis Gross. "Bekas luka sering kali berkembang di dalam dermis, peradangan yang disebabkan oleh jerawat terbentuk."

"Ketika seseorang memiliki jerawat kistik, ada kemungkinan lebih tinggi untuk memiliki bekas luka bergulung atau kotak. Terutama jika mereka dipencet sebelum siap, atau terlalu agresif," kata Pamela. Praktisi estetika Dr Philippe Hamida-Pisal setuju. "Jaringan parut jerawat disebabkan oleh sentuhan dan pemencetan. Hal ini merusak pembuluh darah kecil, kelenjar dan jaringan di sekitar bintik-bintik yang menciptakan bekas," katanya. 

Tidak seperti jaringan parut jerawat, hiperpigmentasi pasca-inflamasi hanyalah bentuk pigmentasi kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari. Yang terjadi akibat trauma pada kulit. Karena tidak merusak folikel, maka hal ini tidak dianggap sebagai bentuk jaringan parut.

Menurut Dija, jenis dan warna kulit tertentu lebih mungkin mengalami kemerahan pasca-jerawat ini. "Warna kulit yang lebih gelap lebih rentan terhadap hiperpigmentasi karena tingkat melanin yang lebih tinggi pada kulit. Ini berarti bahwa setiap kali ada trauma, sel-sel melanin dengan cepat beraksi untuk berproduksi lebih banyak sehingga mempertahankan dan melindungi kulit dari trauma tersebut," katanya.

Niacinamide
COURTESY OF BAZAAR UK

Niacinamide Cleansing Gelee 3%
Naturium
£18.50 (sekitar 301.918 rupiah)
Belanja Disini

Dengan kandungan niacinamide, pembersih gel berbusa ini memiliki tekstur yang lembut dan pigmentasi yang tahan lama. Ini adalah langkah pertama yang solid dalam rezim pencerahan apa pun.

SkinCeuticals
COURTESY OF BAZAAR UK

Blemish and Age Defense Corrective Gel
SkinCeutical
£50.00 (sekitar 815.995 rupiah)
Belanja Disini

Pembersih gel yang telah disetujui oleh para ahli ini menggunakan asam glikolat dan asam salisilat, sehingga dapat berfungsi sebagai pembersih dan perawatan eksfoliasi sekaligus.

Medik8
COURTESY OF BAZAAR UK

Surface Radiance Cleanse™
Medik8
£22.00 (sekitar 359.038 rupiah)
Belanja Disini

Medik8 adalah merek yang bagus untuk kulit yang cenderung memberontak. Pembersih gel ini mengandung kombinasi asam untuk memberikan pengelupasan kulit yang lembut setiap hari.

Cerave
COURTESY OF BAZAAR UK

SA Smoothing Cleanser
Cerave
boots.com
£12.00 (sekitar 195.838)
Belanja Disini

Pembersih yang disetujui oleh dokter kulit ini menyeimbangkan asam salisilat yang mengklarifikasi dengan ceramide penghalang.

Kabar baiknya adalah bahwa untuk menghilangkan bekas jerawat dan pigmentasi, ada beberapa pilihan yang menjanjikan. Mulai dari perawatan profesional hingga berbagai cara yang dapat dilakukan di rumah.

Jika Anda ingin mengurangi bekas luka bergulir, kotak, atau bekas luka tusuk es, solusinya kemungkinan besar ada di salon. Hiperpigmentasi pasca-inflamasi akan memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tetapi ada beberapa pilihan, baik di salon maupun di rumah, yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat prosesnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat

MICRONEEDLING

Ada banyak perawatan di luar sana untuk membantu memudarkan berbagai bentuk bekas luka jerawat. Termasuk laser dan mikrodermabrasi, tetapi perawatan yang lebih direkomendasikan Pamela adalah microneedling. "Dilakukan oleh seorang profesional, microneedling mungkin adalah yang terbaik untuk menghilangkan bekas luka, dan juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan," jelasnya. Proses ini melibatkan penggunaan jarum kecil untuk membuat tusukan mikro pada kulit, yang memulai pembaruan sel, menghasilkan produksi kolagen dan elastin yang lebih besar.

Dija setuju, menambahkan bahwa "semakin dini hal ini dilakukan, semakin baik, karena jauh lebih menantang untuk mengobati bekas luka lama."

PENGELUPASAN

Jika bekas luka Anda tidak terlalu parah, chemical peeling bisa menjadi pilihan yang bijak. "Untuk bekas luka yang tidak terlalu terlihat, perawatan klinis dengan asam pH rendah akan membuat perbedaan besar," kata Pamela.

Terlebih lagi, peeling di rumah telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dan sekarang ada banyak pilihan yang sangat baik untuk memperbarui permukaan kulit, mengurangi kedalaman dan intensitas bekas luka jerawat. "Untuk merawat bekas jerawat di rumah, gunakan produk yang menawarkan pengelupasan kulit dengan bahan kimia yang lembut," saran Dr Dennis. Pilihlah bantalan yang telah direndam sebelumnya untuk kemudahan penggunaan, atau cobalah dengan cairan pelapisan ulang toner-style.

Dr Dennis Gross

COURTESY OF BAZAAR UK

Alpha Beta Universal Daily Peel
Dr Dennis Gross
£19.00 (sekitar 310.078 rupiah)
Belanja Disini

Bantalan pengelupasan kulit yang ikonis ini membuat para ahli kecantikan terpesona. Sekarang, ada juga versi untuk seluruh tubuh.

Dr Dennis Gross
COURTESY OF BAZAAR UK

Professional Grade Resurfacing Liquid Peel
Dr Dennis Gross
£102.00 (sekitar 1.664.631 rupiah)
Belanja Disini

Setelah Anda mencoba (dan menyukai) peel pad legendaris Dr. Gross, lanjutkan dengan peel yang kuat di dalam klinik ini. Produk ini sangat kuat, jadi jangan gunakan pada kulit yang belum pernah terkena asam.

REN
COURTESY OF BAZAAR UK

Glycol Lactic Radiance Renewal Mask
REN
£36.00 (sekitar 587.516 rupiah)
Belanja Disini

Siapa pun yang lebih memilih masker daripada perawatan tanpa bilas harus mencoba formula kultus ini. Digunakan sekali seminggu, gel citrussy secara bertahap mencerahkan warna kulit dan menghaluskan tekstur.

Dermalogica
COURTESY OF BAZAAR UK

Breakout Clearing Liquid Peel
Dermalogica
£23.00 (sekitar 375.358 rupiah)
Belanja Disini

Perpaduan yang tepat antara asam laktat, salisilat, mandelic, dan azelaic membuat peel baru ini menjadi pilihan yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Biarkan selama lima menit sebagai permulaan, lanjutkan hingga batas waktu 7-10 menit yang direkomendasikan oleh merek jika Anda merasa kulit Anda membutuhkannya.

Cara menghilangkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi

VITAMIN C

Untuk mencerahkan hiperpigmentasi gelap, vitamin C harus menjadi senjata utama dalam perawatan kulit Anda. "Saya sangat menyukainya karena berbagai alasan. Manfaatnya banyak, termasuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit sambil merangsang produksi kolagen alami dari tubuh Anda," kata Dr Dennis. "Tidak hanya membantu mencerahkan dan memecah pigmentasi yang mungkin sudah Anda miliki, tetapi juga mencegah pembentukan bintik-bintik hitam di masa depan."

Sunday Riley
COURTESY OF BAZAAR UK

C.E.O 15% Vitamin C Brightening Serum
Sunday Riley
£70.00 (sekitar 1.142.394 rupiah)
Belanja Disini

Mengandung 15% asam askorbat, perawatan malam ini akan memudarkan bintik-bintik hitam dan bekas luka dalam hitungan minggu.

Tula
COURTESY OF BAZAAR UK

Brightening Treatment Drops Triple Vitamin C Serum
Tula
£44.00 (sekitar 718.076 rupiah)
Belanja Disini

Dengan vitamin C dan probiotik, ini adalah serum pencerah yang bagus untuk kulit yang sensitif atau mudah bereaksi.

Murad
COURTESY OF BAZAAR UK

Vita-C Glycolic Brightening Serum
Murad
£73.90 (sekitar 1.206.041)
Belanja Disini

Menggabungkan asam glikolat dengan vitamin C, ini adalah serum yang memberikan hasil maksimal bagi mereka yang ingin mengatasi tekstur dan warna kulit. Gunakan di seluruh tubuh, atau untuk mengatasi bercak-bercak bekas jerawat.

La Roche-Posay
COURTESY OF BAZAAR UK

Pure Vitamin C10 Serum
La Roche-Posay
£40.00 (sekitar 652.796 rupiah)
Belanja Disini

Ini adalah serum vitamin C pemula yang brilian, yang bekerja secara bertahap untuk mencerahkan dan melindungi namun tetap cukup lembut untuk kulit sensitif.

ASAM ALFA-HIDROKSI

Menurut Dija, chemical peeling juga merupakan cara yang bagus untuk memudarkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Karena "ini akan membantu kulit terkelupas dengan cepat dan memudarkan perubahan warna." Asam alfa-hidroksi seperti asam glikolat, laktat, dan mandelat bekerja dengan melarutkan 'lem' yang menyatukan sel-sel kulit mati, sehingga kulit di bawahnya tampak lebih cerah dan segar.

"Pada kulit hitam, yang terbaik adalah melakukan serangkaian pengelupasan superfisial selama beberapa bulan dibandingkan dengan melakukan pengelupasan sekali dengan intensitas yang dalam. Yang dapat menyebabkan pigmentasi lebih lanjut setelah peradangan," kata Dija. Pertimbangkan produk dengan dosis rendah di rumah yang dirancang untuk kulit sensitif, seperti Alpha Beta Universal Daily Peel dari Dr. Dennis Gross (yang tidak perlu digunakan setiap hari), atau Active Exfoliant 7% Sensitive dari QMS Medicosmetics. Asam poli-hidroksi juga merupakan alternatif yang baik dan lembut untuk asam glikolat yang sering digunakan, karena ukuran molekulnya yang lebih besar berarti penetrasi ke dalam kulit berkurang. Anda dapat menemukan dosis sempurna dari asam polihidroksi dalam toner Press & Glow dari Medik8 yang brilian, yang dirancang untuk menghidrasi sekaligus mengelupas kulit.

Skin + Me
COURTESY OF BAZAAR UK

Personalised Daily Treatment
Skin + Me
£24.00 (sekitar 390.632 rupiah)
Belanja Disini

Layanan dokter kulit digital, Skin + Me, akan mengirimkan krim perawatan yang diracik khusus melalui kotak surat Anda. Setiap bulannya dengan harga £24,99 tanpa biaya konsultasi. Dari retinoid dengan kekuatan resep hingga asam azelaic, selalu ada sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan kulit setiap orang.

PSA
COURTESY OF BAZAAR UK

Follow The Light Radiance Peel
PSA
£43.00 (sekitar 699.882 rupiah)
Belanja Disini

Menggabungkan AHA dengan vitamin C, masker pelapis mingguan ini akan memperbaiki tekstur dan warna kulit. Biarkan selama lima menit saja (jangan dua puluh menit seperti yang disarankan) untuk memulainya.

Medik8
COURTESY OF BAZAAR UK

Press & Glow™
Medik8
£28.00 (sekitar 455.737 rupiah)
Belanja Disini

Tonik malam ini sangat ideal untuk mengelupas kulit yang berjerawat. Untuk jerawat yang aktif, ada Press & Clear yang berbahan dasar asam salisilat.

The Inkey List
COURTESY OF BAZAAR UK

Tranexamic Acid Serum
The INKEY List
£83.00(sekitar 1.350.936 rupiah)
Belanja Disini

Asam traneksamat adalah kata kunci terbaru dalam industri ini, yang terkenal karena kekuatannya dalam memudarkan pigmentasi. Ini adalah pilihan terbaik dan terjangkau.

RETINOL

"Retinol (atau vitamin A) berguna untuk jerawat karena dapat memudarkan hiperpigmentasi dengan meningkatkan intensitas pergantian sel," jelas Dr Hamida-Pisal.

Sebuah retinol dengan  resep memerlukan perjalanan ke dokter kulit atau dokter kulit digital yang lebih terjangkau. Tetapi sekarang ada beberapa merek yang dijual bebas yang sangat baik dengan turunan vitamin A yang efektif, seperti Sunday Riley dan La Roche-Posay. Seperti biasa, dalam hal perawatan kulit, ikuti petunjuknya dengan seksama, konsultasikan dengan dokter jika Anda ragu, dan kenakan SPF dengan faktor tinggi setiap hari.

Medik8
COURTESY OF BAZAAR UK

Crystal Retinal™
Medik8
£45.00 (sekitar 732.435 rupiah)
Belanja Disini

Medik8 membuat retinol menjadi mudah: cukup gunakan satu tube Crystal Retinal 1, lalu lanjutkan ke Crystal Retinal 3, 6, dan 9 yang lebih kuat.

Sunday Riley
COURTESY OF BAZAAR UK

A+ High-Dose Retinoid Serum
Sunday Riley
£70.00 (sekitar 1.139.343)
Belanja Disini

Berkekuatan tinggi dan bekerja cepat, serum retinol ini hanya perlu digunakan beberapa kali dalam seminggu.

La Roche Posay
COURTESY OF BAZAAR UK

Redermic Retinol Night Moisturiser
La Roche-Posay
£32.00 (sekitar 520.842)
Belanja Disini

Pelembap malam yang sederhana ini mengandung retinol dalam jumlah yang tepat untuk mengembalikan warna kulit tanpa menyebabkan kemerahan.

Dr. Sam's
COURTESY OF BAZAAR UK

Flawless Nightly Serum
Dr. Sam's
£44.00 (sekitar 716.158 rupiah)
Belanja Disini

Dari sang dermatologis Dr. Sam Bunting, serum pintar ini memadukan retinol dengan asam azelaic yang dapat meredakan peradangan. Produk ini wajib dicoba oleh siapa pun yang memiliki jerawat, rosacea, atau keduanya.

TERAPI CAHAYA LED

Terapi cahaya LED telah terbukti dapat mengatasi begitu banyak masalah kulit, mulai dari hilangnya kolagen hingga jerawat aktif. Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa LED merah khususnya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat perbaikan sel, sehingga membantu kulit pulih dari jerawat dengan lebih efektif.

Jika terapi semacam itu dulunya terbatas pada empat dinding klinik facialist. Beberapa merek kini telah memanfaatkan masker canggih untuk digunakan di rumah. Carilah yang memiliki pengaturan lampu merah (sebagian besar memiliki ini), dan gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Solawave
COURTESY OF BAZAAR UK

Advanced Skincare Wand
Solawave
£135.00 (sekitar 2.197.305 rupiah)
Belanja Disini

Bagi mereka yang menginginkan perawatan kulit maksimal dengan mudah, tongkat ajaib yang kecil namun kuat ini memadukan LED merah yang kuat, dengan arus mikro dan panas yang menenangkan, untuk mengencangkan dan mencerahkan saat Anda duduk di sofa.

MZ Skin
COURTESY OF BAZAAR UK

Light-Therapy Golden Facial Treatment Device
MZ SKIN
£385.00 (sekitar 6.266.390 rupiah)
Belanja Disini

Masker LED dari Dr. Maryam Zamani akan meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan bintik-bintik hitam yang membandel.

Angela Caglia
COURTESY OF BAZAAR UK

Cellreturn Premium LED Mask
Angela Caglia
£1,495.00 (sekitar 24.333.125 rupiah)
Belanja Disini

Pilihan yang benar-benar canggih, masker wireless Angela Caglia mengandung lebih dari 700 lampu LED untuk menyatukan warna, membersihkan noda, dan meningkatkan kolagen.

Déesse Pro
COURTESY OF BAZAAR UK

LED Mask Next Generation
Déesse Pro
£1,440.00 (sekitar 23.437.926 rupiah)
Belanja Disini

Dengan lebih dari tiga kali lipat jumlah rata-rata dioda LED, perangkat ini dianggap oleh banyak orang sebagai hal paling efisien dalam perawatan di rumah.

RESEP DARI PRODUK

Ketika berhadapan dengan masalah yang kompleks seperti jaringan parut jerawat, pergi ke dokter kulit selalu menjadi ide yang bagus. Tetapi memang benar bahwa konsultasi ini bisa mahal dan merepotkan.

Lockdown yang disebabkan oleh pandemi telah merevolusi industri estetika dan membuka jalan bagi sejumlah layanan online bagi para ahli. Anda sekarang dapat membuat janji temu dengan salah satu ahli terkemuka di London melalui Get Harley. Sebuah platform digital yang hanya mengenakan biaya £40 (sekitar 652.796 rupiah) untuk janji temu dengan ahli kecantikan, atau £150 (sekitar 2.447.987 rupiah) untuk konsultan dokter kulit. Mereka akan menawarkan saran dan analisis secara one-to-one, serta resep dan produk yang diperlukan.

Demikian pula, platform seperti Skin + Me menawarkan serum dengan resep yang diracik khusus untuk mengatasi masalah kulit yang lebih parah. Mulai dari pigmentasi dan bekas jerawat hingga rosacea dan melasma. Dengan harga hanya £24,99 (sekitar 407.834 rupiah) per bulan, ini adalah pilihan yang sangat bagus untuk siapa saja yang ingin mencoba perawatan yang lebih aktif.

BACA JUGA:
Tak Hanya untuk Mengatasi Jerawat, Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Salicylic Acid
15 Serum Wajah yang Ampuh untuk Membantu Menghilangkan Bekas Jewarat

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)