Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Manfaat Membaca Buku Self-Improvement

Ingin mengembangkan diri sendiri? Mulai membaca baca buku bertema self-improvement, dan perhatikan hasilnya.

5 Manfaat Membaca Buku Self-Improvement
Courtesy of www.bookdepository.com

Apakah Anda sedang berupaya untuk menjadi diri yang lebih baik dan berkembang? Buku self-improvement cocok untuk Anda!

BACA LAGI: 5 Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku

Membaca buku merupakan salah satu hobi yang bermanfaat dalam hidup. Ya, karena Anda dapat memperoleh banyak sekali pengetahuan dan pelajaran mengenai hal-hal tertentu, sesuai dengan yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah buku self-improvement. Genre buku ini bertujuan untuk membuat diri Anda berkembang dan dapat mencakup segala aspek kehidupan, seperti percintaan, pertemanan, pekerjaan dan lain-lain. 

Berikut 5 manfaat membaca buku self-improvement, beserta rekomendasinya. 

1. Meningkatkan wawasan dan pandangan Anda terhadap dunia

Apakah Anda pernah mendengar bahwa buku adalah windows of the world? Artinya, buku mencerminkan observasi penulis dan wawasannya mengenai dunia, yang kemudian ia sebarkan melalui karyanya. Dengan begitu, membaca tentunya menambah wawasan dan pandangan Anda terhadap dunia. 

Buku self-improvement, yang dapat membahas segala hal mengenai kehidupan, dapat memperdalam wawasan para pembaca sehingga dapat mengubah cara Anda memandang dunia secara keseluruhan, perlahan tapi pasti.

2. Memahami diri sendiri lebih baik

Membaca buku self-improvement dapat membantu mengenali diri Anda sendiri lebih dari sebelumnya. Ini karena ada beberapa poin di buku tersebut yang relatable sehingga Anda pun belajar mengenai diri sendiri sambil membaca.

Jika sebelumnya hanya fokus dengan keterbatasan yang dimiliki, membaca genre buku ini dapat membuat Anda paham bahwa semua orang mempunyai keterbatasan masing-masing dan selalu ada peluang untuk berkembang menjadi versi Anda yang lebih baik. 

3. Menenangkan hati dan pikiran

Merasakan cemas dan tidak dapat mengendalikan emosi merupakan hal yang wajar yang pastinya dirasakan semua orang. Akan tetapi, mungkin Anda merasa sendiri jika sedang berada di situasi yang tidak dapat dikendali. Buku self-improvement hadir untuk membantu menenangkan hati. Pikiran Anda akan terisi oleh kalimat-kalimat yang membuat hati rileks dan emosi lebih terkendali, sehingga emosi pun dapat redam dan hati Anda menjadi tenang.

Ini karena genre buku tersebut bertujuan untuk mengubah pribadi sang pembaca menjadi lebih positif dan semangat. Dalam beberapa situasi, buku ini pun dapat menjadi sebuah “teman” bagi mereka yang merasa sendiri dan kesepian karena tidak ada yang mengerti perasaan mereka kecuali buku tersebut. 

4. Membantu pertumbuhan diri

Pernahkah Anda ingin meningkatkan kualitas diri, tetapi tidak tahu bagaimana? Jika iya, membaca buku self-improvement dapat menjadi langkah pertama. Salah satu manfaat membaca sendiri adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Ini karena para pembaca dapat mengadopsi sikap ingin tahu, sama halnya seperti membaca buku self-improvement.

Belajar membaca buku yang menginspirasi setiap hari dapat membantu pertumbuhan diri Anda, sesuai dengan genre buku tersebut. Ini karena Anda dapat mengetahui diri sendiri lebih, semua kekurangan yang dimiliki, dan juga kelebihannya. Dengan mengetahui kekurangan yang ada, lahirlah sebuah potensi untuk berupaya memperbaikinya dan mengoptimalkan potensi terbesar diri Anda. 

5. Menghargai dan mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri, atau self-love, adalah cara menghargai dan menerima diri dengan baik. Tapi, banyak sekali yang tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Satu hal mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku self-improvement, yang bertema self-love. Karena ini mencakup aspek penting kesehatan mental, membaca buku-buku tersebut dapat membantu Anda untuk menerima diri sendiri, dengan segala kelemahan maupun kelebihan yang ada. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa butuh usaha yang besar untuk dapat mencintai diri sendiri. Namun, ini sebuah hal penting yang wajib dilakukan agar kehidupan Anda pun lebih tenang dan damai. 

Berikut 10 buku self-improvement rekomendasi Bazaar. 

1. Good Vibes, Good Life - Vex King

Buku ini menginspirasi para pembaca ke arah yang lebih baik, dimana terdapat banyak tips dan trik mengenai cara-cara agar hidup Anda lebih bahagia. Di buku ini, sang penulis fokus menjawab pertanyaan: “Bagaimana kita dapat mengubah energi negatif menjadi energi positif?”. 

Good Vibes, Good Life oleh Vex King

Courtesy of www.bookdepository.com

2. The Psychology of Money - Morgan Housel

Jika Anda ingin belajar mengenai aspek finansial, buku ini sangat pas! Terdapat 19 cerita pendek mengenai cara aneh orang-orang berpikir tentang uang dan kenapa mempertahankan kekayaan itu lebih sulit dibanding mendapatkannya. Selain itu, beberapa sudut pandang mengenai perilaku manusia terhadap uang pun dibahas. 

The Psychology of Money - Morgan Housel

Courtesy of www.bookdepository.com

3. Atomic Habits - James Clear

Kebiasaan kecil dapat menjadi hal yang mendatangkan pengaruh besar pada kehidupan. Inilah yang disebut dengan “atomic habits”. Dalam buku ini, terdapat tips dan trik yang bisa diikuti. Ada juga kisah-kisah inspiratif dari para CEO terkemuka, atlet peraih medali emas Olimpiade, dan ilmuwan. 

Atomic Habits - James Clear
Courtesy of www.bookdepository.com

4. Outliers: The Story of Success - Malcolm Gladwell

Buku ini merupakan salah satu buku self-improvement terbaik dan paling diminati. Ini karena poin sang penulis sangat jelas disampaikan. Dengan penyajian perspektif yang berbeda, karya Malcolm Gladwell ini dapat menginspirasi Anda untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan diri.

Outliers - Malcolm Gladwell
Courtesy of www.bookdepository.com

5. The Attention Revolution : Unlocking the Power of the Focused Mind - B. Alan Wallace

Karya B. Alan Wallace ini berisi panduan metode 10 langkah menjalani meditasi Shamatha. Sang penulis memulai dengan sebuah masalah umum, yaitu kesulitan manusia untuk fokus. Kemudian, ia pun menjelaskan bahwa meditasi dapat mendalami kapasitas manusia untuk lebih fokus. Di buku ini, Anda akan eksplor lebih luas mengenai meditasi dan cara melakukannya. 

The Attention Revolution - B. Alan Wallace
Courtesy of www.bookdepository.com

6. Conversations on Love - Natasha Lunn

Jika Anda sedang ingin mendalami makna cinta dengan sudut pandang yang lebih luas, buku ini memberi referensi menarik karena memuat berbagai aspek menarik soal cinta. Uniknya juga, penulis Natasha Lunn tidak hanya membahas mengenai cinta dalam segi romansa. Namun, juga menyelami cinta dalam pertemanan, cinta dalam kehilangan, dan masih banyak lagi. 

Conversations on Love - Natasha Lunn
Courtesy of www.bookdepository.com

7. The Power of Habit - Charles Duhigg

Membahas mengenai kebiasaan, penulis Charles Duhigg membahas mengenai seberapa pentingnya kebiasaan tersebut, bahkan kebiasaan kecil pun. Ini karena hal tersebut dalam berpengaruh terhadap perkembangan diri Anda. Buku ini sangat cocok bagi Anda yang ingin atau sedang memulai proses perkembangan diri. 

The Power of Habit - Charles Duhigg

Courtesy of www.bookdepository.com

8. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Apakah Anda sedang merasakan stres dan tertekan? Atau mungkin kehilangan makna hidup? Jika iya, buku ini dapat menenangkan kecemasan hati Anda. Dalam karyanya yang ini, penulis Haemin Sumin mengajari pentingnya beristirahat sejenak, serta manfaatnya. 

The Things You See Only When You Slow Down - Haemin Sunim
Courtesy of www.bookdepository.com

9. Man's Search for Meaning - Victor E. Frankl

Kesulitan untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup atau kehilangan makna hidup merupakan hal yang wajar, yang pastinya pernah menjadi sebuah fase setiap orang. Disebut sebagai salah satu buku terbaik sepanjang zaman, buku ini dapat membantu Anda untuk menggali kembali semangat hidup. 

Man's Search for Meaning - Victor E. Frankl
Courtesy of www.bookdepository.com

10. Daring Greatly - Brené Brown

Buku ini membahas mengenai vulnerability, atau kerentanan, seorang individu dan mengajari bahwa hal itu normal. Dalam karyanya, Brené Brown membahas mengenai kenapa kita harus mengambil sebuah kesempatan dalam hidup dan berusaha untuk keluar dari zona nyaman, walaupun hal itu menakutkan. 

Daring Greatly - Brené Brown
Courtesy of www.bookdepository.com

Jadi, mau mulai dari buku yang mana?

BACA LAGI:

Buku Fiksi yang Wajib Masuk dalam Daftar Baca Tahun 2023

20 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Anda Baca di Pantai

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of www.bookdepository.com)