Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lakukan 7 Rutinitas Paling Sehat di Pagi Hari Ini Akan Membuat Hari Anda Lebih Baik!

Lakukan beberapa rutinitas pagi hari ini untuk membantu Anda merasa lebih fokus, berenergi, dan siap menghadapi hari Anda. 

Lakukan 7 Rutinitas Paling Sehat di Pagi Hari Ini Akan Membuat Hari Anda Lebih Baik!

Memang tampak sepele, tetapi rutinitas pagi dapat berpengaruh terhadap suasana hati Anda sepanjang hari. Misalnya saja, jika Anda memulai hari dengan tergesa-gesa dan teburu-buru, ini mungkin akan membuat Anda melupakan sesuatu yang penting dan bisa membuat hari Anda dipenuhi kecemasan. 

Nah, inilah saatnya untuk mengubah rutinitas pagi hari Anda. Mulailah dengan melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan santai, berolahraga, dan sarapan sehat. Melakukan kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Anda merasa lebih fokus, berenergi, dan siap menghadapi hari Anda. 


1. Makan sarapan sehat

Makan sarapan yang sehat adalah bagian penting dari rutinitas pagi. Menurut Valencia Porter, MD, MPH, direktur kesehatan wanita di Chopra Center for Wellbeing, di California, ketika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan secara otomatis menghemat energi. Inilah yang membuat Anda merasa lemas dan tidak bersemangat sepanjang hari. Beraktivitas dengan perut kosong juga bisa membuat Anda mudah merasa stres. 

Contoh sarapan sehat yang bisa Anda coba adalah oatmeal dan yogurt yang ditaburi kayu manis dan kacang almond, serta secangkir teh hangat. Ini akan memberikan Anda energi untuk menjalani hari, dan bisa meningkatkan fokus serta suasana hati Anda.


2. Rapikan tempat tidur Anda

Ya, secara teknis merapikan tempat tidur adalah sebuah tugas sederhana yang harus Anda kerjakan setiap bangun tidur. Dikutip dari salah satu laman beauty and lifetsyle, merapikan tempat tidur setiap pagi sama saja dengan menyelesaikan tugas pertama pada hari itu. Ini akan memberi Anda sedikit rasa bangga, dan akan mendorong Anda untuk melakukan tugas yang lain dan yang lain dan yang lainnya. Dan pada akhirnya, dari hanya satu tugas yang diselesaikan menjadi banyak tugas yang diselesaikan.


3. Minum air putih

Selama tidur, tubuh akan kehilangan air melalui napas dan keringat, inilah yang membuat Anda merasa sangat haus sangat bangun tidur. 

Mengingat bahwa sekitar 60% dari tubuh Anda terdiri dari air, menjaga tubuh tetap hidrasi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Minum air putih di pagi hari tidak hanya akan membantu mengembalikan hidrasi, tetapi juga dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 30%, menurut penelitian tahun 2003 dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. 


4. Lakukan peregangan dan olahraga

Melakukan peregangan di pagi hari dapat membantu meredakan ketegangan pada otot dan membuat Anda merasa lebih rileks dan lebih siap menjalani hari. Kemudian, lanjutkan dengan olahraga pagi yang sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda, ini termasuk meningkatkan aliran darah ke seluruh otak dan tubuh, memberi energi, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan dapat meningkatkan fungsi otak seperti fokus dan konsentrasi.

Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di pagi hari, seperti berjalan-jalan santai atau jogging, yoga, atau pergi ke gym. 


5. Tulis jurnal di pagi hari

Anda mungkin mengabaikan rutinitas menulis jurnal di pagi hari, tetapi kenyataannya ini dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk lebih terhubung dengan diri sendiri, sebagai refleksi diri. Berdasarkan gagasan dari Julia Cameron, penulis, memulai hari dengan menulis jurnal akan meningkatkan kehidupan Anda secara menyeluruh, termasuk dengan membuat Anda lebih berhubungan dengan emosi Anda sendiri. 

Lebih lanjut, menurut Matt Mombourquette, personal trainer dan pelatih fitness, menulis jurnal adalah cara yang bagus untuk meletakkan pikiran Anda, mengidentifikasi pikiran apa yang harus Anda fokuskan dan pikiran apa yang bisa Anda lepaskan, sehingga itu mengurangi kekacauan pikiran dan stres. 


6. Buat daftar tugas

Anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan setiap hari, dan entah bagaimana, beberapa di antaranya mungkin luput dari pikiran Anda. 

Mencatat tugas-tugas penting di pagi hari dapat membantu Anda mengingat semua yang perlu Anda lakukan pada hari itu. Ini juga dapat membantu Anda memprioritaskan tugas Anda, sehingga lebih mudah dikelola dan mengurangi perasaan kewalahan. 


7. Lakukan sesuatu yang menyenangkan atau kreatif

Setelah melakukan rutinitas pagi di atas, dan masih ada sedikit waktu sebelum berangkat ke kantor/ beraktivitas lainnya, menyisihkan waktu untuk hal-hal yang benar-benar Anda nikmati dapat membantu membuat pagi hari Anda terasa lebih menyenangkan. 

Beberapa ide kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di pagi hari, antara lain: bermain video game, menonton episode drama atau serial TV favorit Anda, membaca buku, mendengarkan musik, mengerjakan proyek kerajinan tangan atau seni, bermain dengan hewan peliharaan Anda, atau kegiatan apa pun yang menyenangkan atau kreatif bagi Anda. 

(Teaser: Photo by Cottonbro from Pexels)