Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Raisa Rilis Album Baru Bertajuk It's Personal (The Album) dan Single Cinta Sederhana

“Aku sekarang sudah mulai merasa secure di kehidupan pribadi maupun di mata publik, jadinya aku bisa menceritakan semuanya," Ungkap Raisa Andriana.

Raisa Rilis Album Baru Bertajuk It's Personal (The Album) dan Single Cinta Sederhana

Pada bulan Maret ini, Raisa kembali melahirkan masterpiece lewat sebuah album bertajuk It's Personal (The Album) lewat label musik independen Juni Records. Layaknya judul yang diusung, album ini mengisahkan perjalanan hidupnya dengan intim secara mendalam yang terus berevolusi. Ia pun mengemukakan perihal albumnya secara apa adanya, "Aku merasa mulai merasa secure di kehidupan pribadi maupun di publik, sehingga aku dapat menceritakan semuanya," ungkapnya. Ia lalu menambahkan "Ada banyak perasaan dan pengalaman baru yang muncul sebagai inspirasi pembuatan lagu di album ini." 

Hubungannya dengan sang Putri, Zalina Raine Wyllie, pemahamannya akan cinta yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup, menjadi pokok perasaan yang membangkitkan keseluruhan pembuatan album teranyarnya. Upayanya sekaligus menggambarkan semangatnya dalam bermusik yang tak terkalahkan oleh keadaan seperti pandemi. Di album ini, Raisa melibatkan timnya dan S/EEK, sebuah grup produser Indonesia lalu bersama-sama bekerja keras seperti yang diungkapkan CEO Juni Records, Adryanto Pratono, "Kami turut mengajak kerja sama produser yang berdomisili di luar Amerika. Ada produser di Los Angeles dan Texas, ada pula Jukjae dari Seoul, Korea. Sehingga album ini memakan waktu kurang lebih dua tahun pengerjaan akibat adanya pandemi."

Di dalam album ini, Raisa menghadirkan sebuah lagu bertajuk Cinta Sederhana yang kemudian menjadi single terbarunya yang dirilis di bulan yang sama. Lagu Cinta Sederhana berada di track ke-6 album It's Personal (The Album). Single ini memiliki filosofi yang mana hubungan percintaan yang humble justru dilakukan dengan cara yang konsisten tanpa mengada-ngada atau berbunga-bunga. Melainkan cinta yang mengalir melibatkan hal-hal kecil yang ingin didengar, dipercaya, dan dijaga dalam bentuk sederhana dan tidak dalam bentuk besar.

Proses pembuatan single ini masih melibatkan grup produser Indonesia S/EEK diiringi orkestra dan ditulis oleh Raisa, Marco Steffiano, Adrian Rahmat Purwanto, dan Jessi Mates. Adryanto Pratono, CEO JUNI Records, mengungkapkan, “Kali ini Raisa bekerjasama dengan Aldi Nada Permana sebagai produser. Nama baru dalam list produser yang pernah bekerjasama dengan Raisa. Uniknya malah bikin lagu ini terdengar sangat Raisa, mengingatkan kita semua ke era Kali Kedua. Lagu balad yang menjadi kekuatannya Raisa."

Ia pun turut merilis sebuah video musik untuk single Cinta Sederhana yang disutradarai oleh Aji Yudistira yang pernah menggarap klip Tentang Cinta, Mine, dan Kutukan (Cinta Pertama) dengan konsep folk yang dreamy dan melibatkan alam. Video ini dapat disaksikan melalui kanal YouTube Raisa6690.

Sementara itu, Raisa sendiri turut merilis Box Set album It's Personal yang berkolaborasi dengan aplikasi streaming musik, Resso dan diproduksi secara terbatas dengan isi ragam merchandise dari mulai CD, kaset, buku lirik, kaus, dan free premium access selama tiga bulan dari Resso dan dihargai sebesar Rp525.000 untuk paket CD atau kaset, serta Rp600.000 untuk paket komplit CD dan kaset. Box set It's Personal dapat dibeli di Juni Goods melalui e-commerce Tokopedia & Shopee.

Anda sudah dapat mendengarkan album It's Personal (The Album) secara full dan single Cinta Sederhana sekarang melalui layanan digital streaming seperti Apple Music, Deezer, JOOX, Langitmusik, Resso, Spotify, Tiktok, YouTube Music, dan lainnya.

(Courtesy of Juni Records)