Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Dukungan Meghan Markle dan Pangeran Harry Terhadap Jurnalis Ukraina Melalui Donasi

Bantuan tersebut datang setelah berbagai jurnalis lokal dan asing tewas oleh serangan Rusia saat bertugas di Ukraina.

Dukungan Meghan Markle dan Pangeran Harry Terhadap Jurnalis Ukraina Melalui Donasi
Courtesy of BAZAAR US

Pangeran Harry dan Duchess Meghan terus mendukung Ukraina di tengah invasi Rusia.

Baca juga: Kate Middleton Menunjukkan Dukungannya untuk Ukraina Selama Kunjungan ke Pusat Budaya

Duke dan Duchess of Sussex hari ini mengumumkan melalui organisasi nirlaba mereka, Archewell, bahwa mereka memberikan sumbangan untuk membantu "koalisi media Ukraina seperti The Kyiv Independent, didukung melalui organisasi Are We Europe."

Bantuan itu datang ketika jurnalis lokal dan asing terus terluka dan terbunuh oleh serangan Rusia saat bertugas di Ukraina. Kameramen Fox News, Pierre Zakrzewski, 55, dan jurnalis Ukraina Oleksandra Kuvshinova, 24, yang juga bekerja untuk Fox, tewas di luar Kyiv ketika kendaraan mereka dilalap api. Jurnalis Benjamin Hall juga terluka dalam serangan itu, Fox mengonfirmasi.

"Yang benar adalah targetnya. Pasukan Rusia menembaki kru kamera Fox News di dekat Kyiv," tulis Pertahanan Ukraina di Twitter.

Juru kamera Ukraina, Yevhenii Sakun, meninggal pada 1 Maret setelah tentara Vladimir Putin membom sebuah menara transmisi televisi di Kyiv, menurut New York Magazine. Dan pada 13 Maret, pembuat film dokumenter Amerika, Brent Renaud, tewas setelah kendaraannya ditembaki. Serangan itu juga membuat jurnalis foto Amerika Juan Arredondo terluka.

Jumlah wartawan lokal yang tewas dalam perang masih belum jelas.

Selain memberikan bantuan untuk media Ukraina, Meghan dan Harry telah memberikan sumbangan ke berbagai organisasi yang bekerja di negara itu, termasuk HIAS dan The HALO Trust. Dan mereka melanjutkan pekerjaan mereka dengan World Central Kitchen dan The World Health Organization "untuk membantu respon kemanusiaan global dan lokal terhadap krisis," kata sebuah pernyataan di situs web mereka.

"Akhirnya, hati kami berat karena kami mengakui hilangnya anggota komunitas veteran kami di Ukraina baru-baru ini, yang membela negaranya dari serangan," kata pasangan Sussex tersebut. "Kami juga memberikan penghormatan kepada pria dan wanita pemberani dari komunitas veteran global kami, dulu dan sekarang, yang telah lama melindungi negara dan keluarga mereka dengan kekuatan dan tekad yang tak tertandingi. Kami terus bekerja dan berbicara dengan Invictus Games Foundation setiap hari untuk membantu bagaimana pun kita bisa."

Orang tua dari dua bios bersama untuk setiap organisasi dan meminta orang-orang untuk menyumbang untuk tujuan mereka.

Meghan dan Harry pertama kali menyuarakan dukungan mereka untuk Ukraina pada Februari, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Duke dan Duchess of Sussex dan kita semua di Archewell berdiri bersama rakyat Ukraina melawan pelanggaran hukum internasional dan kemanusiaan ini dan mendorong komunitas global dan pemimpinnya untuk melakukan hal yang sama."

Bangsawan lain juga telah menunjukkan dukungan mereka untuk negara. Ratu Elizabeth memberikan sumbangan kepada Komite Darurat Bencana badan amal Inggris, sebuah organisasi yang membantu para pengungsi Ukraina. Dia juga mengenakan warna Ukraina dan mengeluarkan bunga biru dan kuning selama pertemuan dengan perdana menteri Kanada, Justin Trudeau, awal bulan ini. Selanjutnya, dia mencabut izinnya untuk pameran Museum Kremlin di Moskow untuk menampilkan tiga pedang dari koleksi seninya.

Pekan lalu, Pangeran William dan Duchess Kate mengunjungi Klub Sosial Ukraina di Holland Park, London, untuk membantu mengemas sumbangan bagi warga Ukraina yang membutuhkan. Dan Pangeran Charles, yang menyebut serangan Rusia di Ukraina "brutal," memberikan sumbangan ke DEC Ukraina Kemanusiaan Banding, bersama dengan William dan ratu, sumber kerajaan mengatakan kepada BAZAAR.

Baca juga:
Meghan Markle Kembali Lanjutkan Produksi Seri Podcast-nya bersama Spotify
Reaksi Industri Fashion Terhadap Krisis di Ukraina

Penulis: Rosa Sanchez; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman menyadur dari BAZAAR US