Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pentingnya Peran "Keberuntungan" Dalam Kehidupan Kita

Kerja keras bukanlah jaminan kesuksesan - ada begitu banyak faktor lain yang memainkan peran.

Pentingnya Peran
Courtesy of BAZAAR UK

Ketika saya berada di salah satu pekerjaan pertama saya, saya merasa sangat kecil hati. Tidak ada yang berjalan sesuai rencana. Saya tidak sesukses yang saya bayangkan pada usia itu. Apakah saya bekerja keras? Tentu, saya sedang bekerja sekeras mungkin di usia dua puluh lima tahun, tetapi bukanlah sensasi yang saya bayangkan di usia pertengahan dua puluhan. Pada waktu istirahat makan siang, saya membeli kartu ulang tahun untuk seorang teman ketika saya melihat salah satu kartu pos berisi kutipan motivasi yang memalukan. Tapi pukulan yang satu ini berbeda. Saya membelinya dan menempelkannya di meja kantor saya. Bunyinya, 'Tanpa keberuntungan, kerja keras tidak lengkap'.

Baca juga: Mengapa Harus Anda Menaruh Batas Umur Sukses Dalam Kehidupan?

Pekan lalu, saran Kim Kardashian untuk wanita dalam bisnis - "Angkat dan kerjakan" - menyebabkan internet terengah-engah, menunjukkan bahwa dia telah melewatkan beberapa faktor yang agak vital dalam kesuksesannya sendiri (meskipun harus dicatat bahwa dia tidak secara langsung mengacu pada kesuksesannya sendiri). Ya, wanita itu memiliki etos kerja yang terkenal patut dicontoh, tetapi dia juga memiliki banyak keberuntungan. Keluarga kaya, mantan suami terkenal, acara televisi. Seandainya dia memulai bisnisnya sendiri dari nol, dia pasti akan bekerja sekeras yang dia lihat sekarang. Tapi apakah dia akan sukses secara fenomenal? Kemungkinan besar tidak.


Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Komentarnya menjadi "panas" setelah seorang Creative Director mode dan influencer, Molly Mae Hague, dan slogan stiker bempernya sukses: "Anda memiliki 24 jam yang sama dengan Beyoncé." Jadi, mulailah krisis online analog, di mana semua orang berteriak ke jurang digital bahwa tidak semua memiliki waktu 24 jam yang sama. Tidak semua orang memiliki banyak pengikut online, acara TV, atau bahkan hanya keberuntungan dari daya tarik komersial.

Keberuntungan adalah hal yang rumit dan dan tricky, namun secara intrinsik terjerat dalam segala hal yang kita lakukan. Ini sering disebut hak istimewa – mereka yang beruntung dilahirkan dalam keluarga kaya, atau bahkan hanya keluarga yang bahagia, stabil, dan suportif. Mereka yang cukup beruntung dilahirkan dengan ketampanan yang memungkinkan mereka pergi jauh, mereka yang terlahir putih, cis dan laki-laki di dunia yang dibangun dalam cetakan itu. Itu bukan untuk mengatakan bahwa siapa pun yang beroperasi dalam parameter ini tidak pantas sukses yang mungkin telah mereka kerjakan dengan sangat keras. Juga bukan untuk mengatakan bahwa orang-orang ini harus merasa bersalah atas keberhasilan mereka. Itu hanya berarti Anda harus mengakui bahwa Anda tidak sampai di sana dengan kerja keras sendirian – Anda memiliki ramuan rahasia di pihak Anda yang tidak dimiliki banyak orang lain: keberuntungan.

Keadaan hidup Anda memainkan peran yang mendominasi dalam kelangsungan hidup dan kesuksesan Anda.


Hal yang sama berlaku untuk apa yang kita lihat dalam skala mengerikan saat ini di dunia. Ini adalah ungkapan yang sering diulang bahwa satu-satunya perbedaan antara Anda dan seorang imigran adalah keberuntungan, dan tidak ada yang lebih benar. Teror perang adalah hak lahir yang tidak adil dari mereka yang kurang beruntung dilahirkan di zona perang; mereka adalah bukti dari kenyataan mengerikan yang menimpa mereka yang terjebak dalam baku tembak pergolakan politik. Tidak ada yang memiliki monopoli dalam hal ini. Salah satu dari kita bisa menjadi pengungsi kapan saja. Ini hanya masalah keberuntungan. Ini adalah pengingat yang mengerikan bahwa keadaan hidup Anda memainkan peran yang mendominasi dalam kelangsungan hidup dan kesuksesan Anda.


Keberuntungan, tentu saja, bisa lebih dari sekadar keadaan kelahiran Anda. Itu bisa berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, berinvestasi di perusahaan yang tepat pada saat yang tepat, mengambil risiko dan memiliki keberuntungan di pihak Anda. Inilah bagaimana keberuntungan berperan dalam semua kehidupan kita – mulai dari pekerjaan hingga hubungan. Semua yang kita lakukan adalah tindakan penyeimbang antara kerja keras, waktu, keberuntungan. Mereka yang menatap angkatan laut dan bertanya-tanya mengapa mereka masih lajang (atau memiliki kerabat yang menjengkelkan yang terus-menerus menanyakan pertanyaan konyol ini) seharusnya tidak bertanya-tanya mengapa mereka belum bertemu orang yang tepat, tetapi mengapa mereka yang memilikinya. Jawabannya? Keberuntungan. Saya bertemu dengan pasangan saya di sebuah klub. Yang lain menemukan aplikasi mereka, di pesta, keduanya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat – baik secara emosional maupun fisik. Tidak ada yang melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain, tidak ada yang lebih berharga untuk cinta atau kesuksesan daripada orang lain. Keberuntungan adalah segalanya.

Semua yang kami lakukan merupakan tindakan penyeimbang antara kerja keras, waktu, dan keberuntungan.


Bagian dari ini, tentu saja, adalah pola pikir. Mereka yang lahir dalam keadaan yang beruntung dengan mudah mewarisi pandangan orang yang beruntung – menganut gagasan bahwa pintu terbuka karena selalu ada, atau bahwa segala sesuatunya mungkin karena sumber daya selalu tersedia. Mereka yang berada dalam situasi yang berlawanan mungkin cenderung berpikir secara berbeda, bahwa pintu tidak akan pernah terbuka, bahwa segala sesuatunya tidak akan pernah bisa berubah. Tapi ini bukan untuk mengatakan bahwa pola pikir 'beruntung' adalah milik orang kaya dan terkenal. Ada kekuatan untuk mempercayai diri sendiri lebih dari awal Anda dalam hidup – tentu saja ada. Memiliki pola pikir yang menerima batasan yang ditempatkan pada Anda, secara tidak adil, oleh masyarakat atau keadaan, dapat menahan Anda hampir sebanyak batasan yang sebenarnya akan terjadi.

Karena, tentu saja, sifat menggelegar dari komentar Kim Kardashian kepada wanita dalam bisnis – betapapun artinya – adalah bahwa mereka datang dengan lauk kesalahan yang buruk. "Sepertinya tidak ada yang mau bekerja akhir-akhir ini" adalah komentar yang menggigit dan dinilai buruk, menyiratkan bahwa siapapun tanpa keberhasilan yang mengejutkan dari keturunan Kardashian sama sekali tidak bekerja cukup keras, tidak berusaha cukup keras. Ini tidak bisa jauh dari kebenaran. Saya telah bekerja keras sepanjang hidup saya dan kesuksesan tidak merata, lambat dan sering kali sebagian besar merupakan hasil dari waktu yang tepat dan keberuntungan. Karena kenyataan hidup yang menyedihkan adalah bahwa kesuksesan bukanlah hasil sampingan otomatis dari kerja keras. Konteks adalah kunci. Keberuntungan adalah segalanya. Tanpa keberuntungan, kerja keras tidak lengkap.


Baca juga:

Sejumlah Hidangan Khas Imlek Pembawa Keberuntungan!

Ketahui Warna Keberuntungan Anda Berdasarkan Zodiak

Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK