Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

18 Rekomendasi Tempat Menarik di Seoul Bagi Turis Pemula

Pertama kali mengunjungi kota utama Negeri Gingseng? Simak referensi Bazaar berikut.

18 Rekomendasi Tempat Menarik di Seoul Bagi Turis Pemula
Baru saja menggelar fashion week, berbagai unggahan foto kota Seoul tengah marak muncul di Instagram. Para pengguna sosial media dari kalangan pecinta fashion seolah berlomba mengunggah tampilan modis mereka di ibukota Korea Selatan ini.

Seoul memang dikenal sebagai salah satu kota tujuan terfavorit di Asia. Banyak alasan di baliknya. Bukan hanya karena kemunculannya di sejumlah drama Korea ternama.

Kota asal para bintang hallyu ini juga merupakan pusatnya untuk industri fashion, kecantikan hingga kuliner. Tengah merencanakan perjalanan liburan pertama Anda di Seoul?

Maka simak rekomendasi Bazaar untuk 12 tempat yang dapat Anda kunjungi untuk momen liburan tidak terlupakan di kota Seoul.


1. Myeongdong


Sepanjang kawasan jalan Myeongdong di Seoul, Anda tidak hanya akan menemukan deretan kuliner autentik khas Korea. Area ini juga tenar sebagai salah satu pusat untuk berbelanja koleksi fashion terkini sampai deretan kosmetik khas Korea yang sangat menggoda!




2. Gyeongbokgung Palace



Terletak di sebelah utara kota Seoul, para pecinta budaya dan sejarah wajib mengunjungi Istana Gyeongbokgung. Peninggalan sejarah dari masa dinasti Joseun ini merupakan istana terbesar yang ada di Korea. Tempat ini akan mengingatkan kita kepada salah satu adegan di drama seri kolosal Korea.


3. Gwanghwamun Square



Tepat di luar dari Istana Gyeongbokgung, Anda akan melihat dua patung besar yang di area bernama Gwanghwamun Square. Dua patung itu terdiri dari Panglima Lee Sun Shin dan Raja Sejong, salah satu Raja Korea yang paling dicintai rakyatnya. Sebab raja tersebut yang menemukan tulisan Korea atau hangul. Di bawah area patung itu ada museum yang dapat Anda kunjungi.


4. Cheonggyecheon Stream



Masih area tak jauh dari Gwanghwamun Square, Anda dapat melihat-lihat Cheonggyecheon Stream, sebuah aliran air dangkal sepanjang 10 km. Tempat itu merupakan lokasi untuk rekreasi atau beristirahat, saat musim tidak dingin Anda dapat mencelupkan kaki sambil menikmati keindahan taman di sekitarnya.



Beberapa serial drama Korea juga kerap mengambil gambar di area tersebut.


5. Namsan Tower



Sudah jauh-jauh berpelesir ke Seoul, jangan lupa kunjungi ikon dari kota maju ini. Apalagi selain Namsan Tower. Petang hingga malam hari menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi menara ini. Anda pun dapat menikmati pemandangan lampu kota Seoul dari ketinggian. Atau sekadar membawa gembok untuk mengunci 'cinta' Anda di area locks of love. Romantis! 

Sedangkan bagi Anda pencinta boneka beruang, di area Namsan Tower juga ada Teddy Bear Museum yang sangat menggemaskan.

 

6. Taman Yeouido



Tidak kalah romantis. Mari mengunjungi ndahnya sungai Han di Seoul yang biasa hanya disaksikan di serial drama komedi romantis Korea. Skenario pemandangan deretan gedung pencakar langit kota Seoul yang terletak berdampingan dengan tenangnya arus sungai menjadi daya tarik utama Yeouido di Seoul.

Kalau beruntung, Anda bisa saja bertemu dengan idola Korea yang sedang melakukan syuting karena lokasinya cukup berdekatan dengan stasiun TV KBS. Belum lagi, bisa saja idola-idola Korea itu secara kasual sedang berolahraga di malam hari. Siapa tahu...


7. Bongeunsa Temple


Kaya akan peninggalan sejarah. Kuil Bongeunsa juga menjadi salah satu destinasi favorit para turis. Salah satu kuil Buddha tertua di Korea Selatan ini dibangun pada tahun 794 silam oleh seorang biksu. Atmosfer khusyuk di tengah teduhnya kaki gunung kawasan Samseung-dong akan menyapa Anda di tempat bersejarah ini.  


8. Seoul Art Space Mullae




Budaya, sejarah, dan seni. Ibarat paket lengkap. Tanpa kehadiran salah satunya, tentu momen perjalanan akan terasa kurang berkesan. Untuk itu, kunjungi pusat seni Seoul Art Space Mullae. Sejumalah karya seni konvensional hingga modern eklektik lengkap tersaji.


9. Hanok Cultural Village



Mengeksplorasi Hanok Cultural Village sembari mengenakan hanbok dapat menjadi ide konten Instagram terbaru Anda. Di sepanjang jalanan kawasan ini, Anda dapat sembari memelajari arsitektur rumah tinggal tradisional para penduduk Korea.


10. Deuksogung Stone Walk



Lagi-lagi mengingatkan akan salah satu adegan di drama seri komedi romantis ala Korea. Dimana sang wanita meniup kedua tangannya karena kedinginan menunggu pasangannya yang belum kunjung datang. Sepanjang jalanan Deuksogung akan memancing ingatan akan adegan klise yang membuat tersenyum sipu sendiri tersebut.


11. Arcnbook



Surga bagi para pecinta literatur. Di Arcnbook, Seoul, Anda dapat menemukan koleki buku menarik dari berbagai kategori. Arcnbook juga menyediakan kafe dengan ragam menu hidangan hingga kopi berkualitas. Anda dapat menyimak bacaan baru sembari menyesap perlahan kopi racikan tim barista kota Seoul.


12. Pureun Park



Habiskan sore Anda dengan berjalan santai di taman Pureun. Nikmati segarnya udara kota di area taman dengan lebih dari dua ribu jenis spesies tanaman. Menyusuri hijaunya taman Pureun, Anda juga akan dibuat takjub dengan tema desain lansekap yang ada di taman ini. Mulai dari yang berkonsep labirin hingga bebatuan unik.


13. Gwangjang Market



Bertransisi nama dari Dongdaemun ke Gwangjang, pasar lokal yang terletak di kawasan Jongno-gu, ini selalu dipenuhi ribuan pengunjung setiap harinya. Mulai dari kuliner, fashion, hingga souvenir khas Negeri Gingseng dapat ditemukan di pasar rakyat ini.


14. Line Friends Store & Cafe



Menggemaskan! Di Line Friends Store & Cafe, Anda dapat berfoto dengan boneka karakter Line berukuran raksasa. Selain menjajakan berbagai cinderamata berwujud para tokoh dari Line, foto berbagai menu hidangan dengan tampilan yang tidak kalah menggemaskan juga wajib diunggah di sosial media.


15. COEX Mall


Bermain di Mall? Kenapa tidal. Mal yang terletak di daerah Gangnam ini memang sangat luas dan menawarkan butik-butik brand ternama, termasuk lokal seperti A-land. Namun di dalam mall ini juga terdapat COEX Aquarium yang berisikan atraksi hewan-hewan laut seperti Sea World.



Satu lagi, bagi penggemar boyband atau girlband asuhan SM Entertainment, Anda wajib ke sini karena ada SMTown COEX Artium yang menampilkan seluruh grup di bawah perusahaan tersebut, termasuk SUM Market. Buat penggemar Korea pasti tahu tentang SUM Market!

16. Garosugil



Area perbelanjaan serta hangout bagi para fashionista Seoul yang terletak di kawasan Gangnam. Sepanjang blok Garosugil terdapat banyak kafe, butik label fashion, serta brand kosmetik yang bisa dibilang tidak mainstream.

17. Dongdaemun 


Satu lagi area perbelanjaan yang buka hingga larut malam. Buat penggemar shopping wajib datang ke area dongdaemun, favorit Bazaar adalah Doota Mall area lantai 1 yang menghadirkan beberapa koleksi desaner lokal Korea.

Masih di daerah Dongdaemun, Anda juga wajib ke Dongdaemun Design Plaza (DDP), sebuah gedung dengan arsitektur apik yang biasa dibuat untuk perhelatan ekshibisi, fashion show, forum hingga konferensi. 


18. Hongdae


Terakhir, Anda juga perlu datang ke Hongdae pada akhir pekan untuk melihat muda-mudi yang sedang berkumpul. Areanya yang memang dekat universitas, membuat area tersebut penuh dengan anak muda dan tempat perbelanjaan yang tidak begitu mahal. Di beberapa titik sering ada performance show kecil dari anak muda setempat seperti musik live, hingga tari-tarian.



Gwiyobta!


(Foto: Courtesy of Instagram)